Malaikat (Pengertian, Nama-Nama, Jumlah, Tugas, Sifat)

Pengertian Malaikat Allah Swt.

Menurut bahas, kata malaikat merupakan kata jamak yang berasal dari Arab yaitu malak yang berarti kekuatan, yang berasal dari kata mashdar al alukah yang berarti risalah atau misi. Malaikat adalah makhluk Allah Swt. yang gaib atau tidak bisa dilihat oleh mata manusia, karena alam manusia dan alam malaikat berbeda. Malaikat tidak berjenis kelamin, tidak makan, tidak tidur, dan tidak mempunyai hawa nafsu. Karena tidak dikaruniai hawa nafsu, maka malaikat senantiasa patuh dan taat kepada Allah Swt. sehingga mereka tidak pernah membangkang. Adapun beriman kepada malaikat berarti memercayai dan menyakini sepenuh hati bahwa malaikat benar-benar ada serta diciptakan Allah Swt. senantiasa melaksanakan perintah-Nya.

Baca: Contoh Perilaku Beriman kepada Malaikat

Tugas Malaikat Allah Swt.

Berikut beberapa nama malaikat yang wajib kita ketahui nama-namanya dan tugas-tugasnya menurut Al-Qur'an.
  1. Malaikat Jibril, bertugas menyampaikan wahyu dari Allah Swt. kepada para Nabi dan Rasul. (Malaikat Jibril juga memiliki nama lain Ruhulkudus dan Ruhulamin).
  2. Malaikat Mikail, tugasnya menurunkan hujan, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, membagi rezeki atau karunia atas seizin Allah Swt., dan lain sebagainya.
  3. Malaikat Israfil, tugasnya meniup sangkakala (trompet) di hari kiamat dan hari kebangkitan setelah kematian.
  4. Malaikat Izrail (malaikat maut), tugasnya mencabut nyawa manusia dan makhluk hidup lainnya.
  5. Malaikat Rakib dan Atid, bertugas mencatat amal perbuatan manusia di dunia. Malaikat Rakib mencatat amal kebaikan manusia, sedangkan Malaikat Atid mencatat amal keburukannya.
  6. Malaikat Munkar dan Nakir, keduanya bertugas memberi pertanyaan kepada manusia yang telah mati dalam alam kubur (barzakh) tentang siapa Tuhannya, apa agamanya, siapa nabinya, dan siapa imannya (pedoman Alquran dan sunah nabi). Bagi orang Islam yang di dunianya taat dan patuh terhadap ajaran Islam, maka ia akan menjawab pertanyaan kubur dari malaikat dengan jawaban yang tepat dan tetap.
  7. Malaikat Malik, bertugas menjaga neraka dan memimpin malaikat penyiksa penghuni neraka. Dalam surah Al-Muddassir dijelaskan bahwa mereka jumahnya sembilan belas malaikat, untuk menyiksa orang yang kafir.
  8. Malaikat Ridwan, mendapatkan tugas menjaga surga dan memimpin para malaikat pelayan surga yang penuh damai, ketentraman, dan kenikatan.

Sifat-sifat Malaikat Allah Swt.

Malaikat merupakan makhluk Allah Swt, yang diciptakan dari cahaya dan merupakan makhluk gaib (tidak dapat dilihat dengan mata). Malaikat juga merupakan makhluk Allah Swt. yang dimuliakan, karena mereka selalu taat dan tidak pernah menentang perintah Allah Swt. sedikit pun. Walaupun tidak dapat dilihat dengan mata, kita sebagai orang mukmin wajib memercayai dengan mengetahui sifat-sifat malaikat tersebut. Adapun sifat-sifat malaikat adalah sebagai berikut.
  • Tidak laki-laki dan tidak perempuan (tidak berjenis kelamin)
  • Selalu taat kepada Allah Swt. dan tidak pernah durhaka kepada-Nya.
  • Tidak makan, tidak minum, tidak tidur, dan tidak mempunyai nafsu.
  • Dapat menjelma bentuk sesuai kehendak Alah swt.
  • Tidak berayah dan tidak beribu.
  • Selalu bertasbih dan beribadah.
  • Tidak pernah berbohong.
  • Selalu terjaga dari berbuat salah.
  • Merasa bahagia dan mendoakan orang yang memperoleh lailatulkadar.
  • Selalu memintakan ampun terhadap orang yang beriman.

Begitulah sedikit penjelasan mengenai pengertian malaikat, tugas nama dan sifat-sifatnya, demikian artikel mengenai materi agama islam yang dapat saya bagikan dan terima kasih.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Malaikat (Pengertian, Nama-Nama, Jumlah, Tugas, Sifat)"

Post a Comment