Pancasila dan Lambangnya Beserta Makna Pancasila

Pancasila dan Lambangnya Beserta Makna Pancasila

Sebagai rakyat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan dasar negara Pancasila? Pancasila merupakan ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila ini terdiri dari lima sila yang berisi prinsip-prinsip hidup atas asas.

Pancasila ini selain memiliki asas-asas di dalamnya juga terdapat lambang-lambang di dalam setiap silanya. Meskipun Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang seyogyanya harus dipahami oleh rakyat Indonesia. Namun masih ada saja yang belum mengerti makna Pancasila dan lambangnya.

Nah untuk membantu Anda memahami makna dari Pancasila beserta lambangnya, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai Pancasila dan lambangnya. Semoga dengan memahami makna Pancasila secara baik, bisa menjadi manusia yang lebih berbudi luhur sesuai dengan asas-asas yang terdapat di dalam Pancasila. Penasaran? Simak ulasan lengkap berikut ini!

Teks Pancasila
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Teks Pancasila di atas merupakan bunyi dari sila-sila yang terdapat di dalam Pancasila. Sila-sila tersebut dimulai dari sila satu yang berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa dan diakhiri sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila-sila tersebut menjadi landasan suci bangsa Indonesia sebagai pedoman hidupnya.

Lambang Pancasila dan Maknanya

Untuk bisa mengetahui Pancasila dan Lambangnya, Anda bisa menemukannya dalam lambang negara Indonesia yaitu burung garuda. Di dada burung garuda terdapat sebuah perisai yang memiliki makna sebagai pertahanan diri bangsa Indonesia.


Di dalam perisai ini terdapat beberapa gambar yang berlogokan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas. Setiap logo tersebut melambangkan sila-sila dalam Pancasila dan juga tersimpan sebuah makna di dalamnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini!

1. Sila Kesatu
Pada Pancasila dan lambangnya, sila ke satu dilambangkan dengan gambar bintang yang terang dengan latar belakang warna hitam. Simbol ini melambangkan sebagai cahaya rohani bagi seluruh umat manusia yang dipancarkan oleh Tuhan Semesta Alam.

Hal ini tentunya sesuai dengan bunyi sila kesatu,yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa". Warna hitam yang menjadi latar dari satu bintang yang terang tersebut merupakan gambaran dari alam dunia. Dimana atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang menjadikan sumber segala hal yang ada di dunia.

Di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alenia ke-4, lambang sila kesatu berbentuk bintang ini juga diartikan sebagai suatu cahaya yang menerangi dasar negara yang lima,sifat negara yang lima dan tujuan negara yang lima.

2. Sila Kedua
Sila kedua memiliki bunyi "kemanusiaan yang adil dan beradab". Sila kedua ini memiliki simbol berupa mata rantai emas yang berbentuk lingkaran dan persegi yang saling berkaitan.

Mata rantai yang dengan bentuk persegi atau segi empat merupakan lambang dari laki-laki, sementara untuk mata rantai dengan bentuk bulat memiliki makna perempuan. Dimana kedua mata rantai tersebut baik persegi maupun bulat saling berkaitan yang memiliki makna sebagai keterkaitan hubungan manusia satu sama lain yang saling membutuhkan.

Tidak ada yang lebih penting antara laki-laki maupun perempuan. Keduanya saling membutuhkan dan harus bersatu padu untuk bisa menjadi kuat ibarat rantai tersebut.

Dengan kata lain, dalam Pancasila dan lambangnya diartikan sebagai hubungan antar individu di masyarakat yang dilakukan secara adil dan beradab, sehingga secara keseluruhan menghasilkan sebuah hubungan yang lebih kuat dan saling menguatkan.

3. Sila ketiga
Pada sila ketiga ini dilambangkan dengan simbol pohon beringin yang memiliki sulur dan akar. Sila ketiga yang memiliki bunyi "Persatuan Indonesia" ini dilambangkan dengan pohon beringin sebagai salah satu pohon yang aman untuk berteduh.

Lambang pohon beringin ini merupakan gambaran bagi Indonesia bahwasanya Indonesia merupakan sebuah tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh rakyat Indonesia sekalipun rakyat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama.

Sulur dan akar pada pohon beringin tersebut melambangkan keberagaman suku yang ada di Indonesia. meskipun berbagai suku, ras, agama akan dinaungi oleh satu tempat yang disebut dengan Indonesia.

4. Sila Keempat
Sila keempat memiliki bunyi "kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan" yang dilambangkan dengan gambar kepala banteng. Banteng merupakan salah satu jenis hewan yang suka berkelompok atau bersosial dengan baik, sehingga dengan kelompok yang baik mampu memperkuat kelompoknya tersebut.

Nah begitu juga dengan rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia merupakan mahluk sosial yang senang bermusyawarah dan berkumpul untuk bermufakat dalam mengambil sebuah keputusan.

5. Sila Kelima
Sila kelima dalam Pancasila yang berbunyi "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia" lambangnya dilambangkan dengan gambar padi dan kapas dengan latar berwarna putih. Padi dan kapas ini melambangkan kebutuhan utama masyarakat di Indonesia tanpa melihat status sosial maupun kedudukan. 

Padi melambangkan makanan pokok sementara kapas adalah simbol sandang atau pakaian. Hal ini melambangkan persamaan sosial tanpa ada perbedaan dan kesenjangan sosial antara satu dengan lain.

Nah itulah penjelasan lengkap tentang Pancasila dan lambangnya. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda dalam memahami makna Pancasila secara jelas. Sehingga bisa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Read More
7 Contoh Cerita Pendek Tentang Persahabatan Terbaik

7 Contoh Cerita Pendek Tentang Persahabatan Terbaik

Cerpen Tentang Persahabatan - Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang cukup banyak ditemui dibuku-buku terutama dalam buku pelajaran bahasa Indonesia. Meskipun demikian, namun kebanyakan orang atau siswa masih bingung dalam mendefinisikan apa itu cerpen. Sering kali, jika orang atau siswa diberi pertanyaan apa itu Cerpen? pasti sebagai besar akan menjawab cerita pendek.

Memang cerpen adalah kependekan dari cerita pendek. Lalu apa itu cerpen sebenarnya? Definisi cerpen yang terdapat dalam beberapa buku dapat dimaknai sebagai sebuah karya prosa fiksi yang dapat selesai dibaca sekali duduk dan ceritanya dapat membangkitkan efek atau perasaan tertentu dalam diri pembacanya.

Pengertian cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karangan pendek berbentuk prosa, yang didalamnya mengisahkan sepengah cerita kehidupan seorang tokoh, baik berupa pertikaian, peristiwa, da pengalaman hidup yang tidak bisa dilupakan bagi tokohnya dan biasanya diakhir cerita akan ada solusi dari permasalan tersebut. Tokoh dalam cerpen sendiri tidak mengalami sebuah perubahan nasib.

Sesuai dengan namanya, cerita pendek menggunakan ciri bahasa yang serba pendek, baik itu dalam peristiwa yang diceritakan, isi, dan kata yang digunakan. Cerita pendek mempunyai kata yang kurang dari 10.000 kata. Selain itu ciri khusus dari sebuah cerpen adalah hanya memberikan sebuah kesan tuggal serta memusatkan diri pada salah satu tokoh cerita dan hanya satu situasi saja.


Cerpen sendiri mempunyai banyak sekali tema, dari semua tema tersebut mungkin yang paling banyak dicari adalah mengenai tema persahabatan. Karena persahabatan atau pertemanan adalah suatu istilah yang mengambarkan mengenai kerja sama yang baik, saling mendukung antara dua orang atau lebih dalam interaksi sosial. Setiap orang pasti mempunyai sahabat atau teman yang cukup dekat, sehingga melahirkan perasaan yang saling mempercayai dan menghormati. Nah, berikut 7 contoh cerita pendek atau cerpen tentang persahabatan.

Kepergian Sahabatku

Dia sering mengajakku kerumah-nya, dan aku pun sering mengajak nya kerumahku. Ia bernama Dinda dan aku bernama Dita. Aku suka bercerita tentang hidupku kepadanya, itu karna ia bisa memberiku nasihat dan membuatku semangat, biarpun di ejek teman-temanku.

Dinda adalah tipe orang peceria, ia selalu ceria biar ada yang nakal kepada-nya ataupun jail,tidak seperti aku Cuma di ejek aja aku sudah merasa... eeeeehhhhmmmm.

Pada suatu hari Dinda mengajakku jalan-jalan ke tempat bermain, aku saaaangat senang, kami bermain sepuas-nya,semua permainan kami coba,mulai dari komedi putar hingga rollkoster. Sampai-sampai kami lupa waktu.

Sekarang sudah sore, akhirnya kami pulang kerumah masing-masing. Selama aku tetap bersamanya,hidupku akan terasa senang dan bahagia, biar diejek teman-temanku, karena ada dinda yang selalu menghiburku.

Tapi, pada suatu hari ia tak hadir ke sekolah, sehabis pulang sekolah aku kerumah-nya. Tapi apaa? dirumahnya pun kosong, aku sangat bingung, kenapa hari ini dinda tak ada, biasanya kalau ia mau pergi ia selalu memberi tahuku, tapi kali ini tidak. Aku bingung sekali.

Besok harinya, disekolah dinda masih tidak hadir. Aku pun kembali lagi kerumah-nya, dan masih tidak ada orang-nya. Besok hari nya lagi disekolah ia tetap tidak hadir, kambali lagi aku kerumah-nya dan masih tidak ada.

Setiap hari aku menunggnya di sekolah tapi ia tak kunjung hadir. setiap hari pun aku kerumahnya.dan dirumah-nya masih tak ada orang-nya. Akhirnya, hari-hariku ku lewati sendirian, tidak lagi bersamanya,hari-hari pun berjalan dengan buruk.Teman-temanku tak ada yang mau menjadi temanku, mungkin…itu karna hidupku yang miskin.

Dikutip dari: https://brainly.co.id/tugas/1916984

Persahabatan Yang Hancur Karena Cinta

(Oleh: Arum Nadia Hafifi)

Cinta itu memang kadang membuat orang lupa akan segalanya. Karena cinta kita relakan apapun yang kita miliki. Bagi kaum wanita mencintai itu lebih baik daripada dicintai. Jangan terlalu mengharapkan sesorang yang belum tentu mencintai kita tapi terimalah orang yang sudah mencintai kita apa adanya. Mencintai tapi tak dicintai itu seperti olahraga lama-lama supaya kurus tapi hasilnya nggak kurus-kurus. Belajarlah mencintai diri sendiri sebelum anda mencintai orang lain.

Gue Amel siswa kelas X. Dulu gue selalu menolak dan mengabaikan orang yang mencintai gue, tapi sekarang malah tebalik gue selalu diabaikan sama orang yang gue cintai.

Gue suka sama teman sekelas gue dan plus dia itu teman dekat gue, udah lumayan lamalah. Cowok itu namanya Nino anak rohis. Gue suka sama dia berawal dari perkenalan terus berteman lama-lama dekat dan akhirnya gue jadi jatuh cinta gini.

Oh iya gue punya temen namanya Arum, dia temen gue dari SMP. Arum gue dan Nino itu berteman dekat sejak masuk SMA.

Suatu hari gue ngeliat Arum sama Nino itu bercanda bareng dan mereka akrab banget seperti orang pacaran. Jujur gue cemburu, tapi gue nyembunyiinn itu dari Arum.

Lama-lama capek juga mendam rasa suka kayak gini. Akhirnya gue mutusin untuk cerita sama Arum.
"Rummmm gue mau ngomong sesuatu, tapi jangan bilang siapa-siapa"
"Ngomong apa?" tanya Arum
"Jujur gue suka sama Nino udah lama, dan gue cemburu kalo lo dekat sama Nino!" Jawab
Amel
"Lo suka Nino? Serius?" Tanya Arum
"Iya, tapi lo jangan bilang Ninonya" gertak Amel
"Iyaiya maaf ya kalo gue udah buat lo cemburu"
"Okee"

Amel makin lama makin dekat dan Amel susah untuk ngelupain Nino. Amel berfikir Nino nggak akan pernah jatuh cinta sama Amel. Walau Amel udah ngerasa seperti itu tapi dia tetap berjuang. Tanpa disadari Arum ternyata juga suka sama Nino.

Amel mengetahui kalo Arum suka sama Nino. Nggak disengaja Amel membaca buku diary Arum. Disitu tertulis curhatan Arum tentang perasaannya kepada Nino.

Setelah Amel membaca buku diary Arum, dia merasa kecewa karena temen sendiri juga suka sama cowok yang sama. Tapi Amel berfikir rasa suka itu datangnya tiba-tiba jadi siapa pun berhak untuk suka sama Nino. Amel tetap terus berjuang mengambil hati Nino, walau harapanya kecil.

Di taman sekolah Amel melihat Arum dan Nino sedang berincang-bincang, tapi ini beda mereka terlihat serius. Amel penasaran dan akhirnya ia nguping dibalik pohon.

"Ruummm gue suka sama lo, lo mau nggak jadi pacar gue?" Tanya Nino

Arum kaget dia bingung harus jawab apa, tapi akhirnya Arum menerima Nino jadi pacarnya tanpa memikirkan perasaan Amel sahabatnya sendiri.

"Iya aku mau" Jawab Arum

Amel yang mendengar jawaban Arum dibalik pohon kaget, dia tak menyangka sahabatnya akan tega. Tanpa berfikir Amel keluar dari belakang pohon.

"Rumm lo pacaran sama Nino? Congrast ya lo udah bikin gue sakit hati"
Arum dan Nino kaget tiba-tiba Amel muncul dari belakang pohon dan bilang sperti itu.
"Maafin gue Mell, tapi gue cinta sama Nino"
"Yaudahlah"

Amel langsung pergi meninggalkan Arum dan Nino. Perasaanya campur aduk nggak karuan, dia masih bingung kenapa temannya tega melakukan hal itu. Padahal Arum tau kalo Amel udah lama ngejar-ngejar Nino.

Persahabatan bisa hancur begitu saja karena cinta. Utamakan sahabat mu daripada pacarmu karena orang yang bakal selalu ada disaat kamu senang dan susah itu sahabat. Persahabatn yang dijalin cukup lama bisa hancur seketika karena masalah cinta.

Dikutip dari: https://brainly.co.id/tugas/90048

Kado Terakhir Untuk Sahabat

(Oleh: Dimas Bagus Dewantara)

Lima hari sebelum kawanku pindah jauh disana. Selepas makan siang, aku langsung kembali beranjak ketempat aku bermain dengan sahabatku.

“hei, kemana saja kamu? Daritadi aku nungguin” Tanya sahabatku yang bernama Alvi. “tadi aku makan siang dulu” jawabku sambil menahan perut yang penuh dengan makan siang “ah ya sudah, ayo kita lanjutkan saja mainnya” sahut Alvi. Tidak lama saat aku & Alvi sedang asyik bermain congklak, Rafid adiknya Alvi datang menghampiri kami berdua.

“kak, aku pengen bilang” kata Rafid “bilang apa?” sahut Alvi penasaran “kata bapak, sebentar lagi kita pindahan” jawab Rafid “hah? Pindah kemana?” tanyaku memotong pembicaraan mereka “ke Bengkulu” jawab Rafid dengan singkatnya “ya udah kak, ayo disuruh pulang sama ibu buat makan siang dulu” ajak Rafid ke Alvi “iya deh.. ehm.. Alma, aku pulang dulu ya aku mau makan siang” ujar Alvi “eh, iya deh aku juga mau pulang kalau gitu” sahutku tak mau kalah.

Sesampainya dirumah aku langsung masuk kedalam kamar & entah kenapa perkataan Rafid yang belum pasti tersebut, terlintas kembali ke pikiranku. “Andai perkataan tersebut benar, tak terbayang bagaimana perasaanku nanti” ujarku pada cermin yang menatapku datar “sudahlah daripada aku memikirkan yang belum pasti lebih baik aku mendengarkan musik saja” ujarku kembali sambil beranjak mengambil mp3. Tak lama kemudian aku mendengar sebuah pembicaraan, yang aku tau suaranya sudah tak asing lagi bagiku yaitu orang tuaku & orang tua Alvi sahabatku. Aku mencoba mendekati pintu kamar untuk mendengarkan pembicaraan itu. Tak lama tanganku keringat dingin, aku sudah mendapatkan inti pembicaraan ternyata benar apa yang dikatakan Rafid pada Alvi tadi siang bahwa mereka akan pindah kurang lebih sebulan lagi.

Lemas sudah tubuhku setelah mendengar kabar itu, tiba-tiba ibu mengetuk kamarku & mengagetkanku yang sedang bingung itu. *Tok3X… “Alma, kamu mengunci pintu kamarmu ya” Tanya ibu sambil mencoba membuka pintu “enggak kok” jawabku dengan lemasnya “kamu kenapa.. ayoo buka kamarmu!!” teriak ibu “iya.. sebentar” sahutku sambil membuka pintu.

“ngapain kamu mengunci kamar?” Tanya ibu.
“gak knapa2… tadi aku memang lg duduk didepan pintu” jawabku sambil menoleh keruang tamu yang berhadapan dengan kamar tidurku.
“ya sudah, tadi orang tuanya Alvi bilang kalau mereka ingin pindah bulan depan”
“iya, aku sudah tau” sahutku kembali ke kamar tidur.
“oh kamu tidak sedih kan?” Tanya ibu yang menghampiriku.
“…” tak kujawab pertanyaan ibu.
“hm.. sudahlah tak usah dibahas dulu.. sana tidur siang dulu biar nanti malam bisa mengerjakan PR” ujar ibu sembari mengelus elus rambutku.
“iya…” jawabku singkat.

Esoknya tepat dihari Minggu, matahari pagi menyambutku. Suara ayam berkokok dan jam beker menjadi satu. Tetapi, aku tetap saja masih ingin ditempat tidur. Sampai sampai ibuku memaksaku untyk tidak bermalas malasan.

“Alma, ayoo bangun.. perempuan gak baik bangun kesiangan” ujar ibu sambil melipat selimutku. “sebentar dulu lah.. aku masih ngantuk” sahutku sambil menarik selimut ditangan ibu. “itu Alvi ngajak kamu main.. ayoo bangun!!” ujar ibu kembali sambil mengeleng gelengkan kepala. “oh oke oke” sahutku semangat karena ingat bahwa Alvi akan pindah sebulan lagi. Lalu, aku langsung beranjak dan segera lari keluar kamar tidur untuk mandi & sarapan. Setelah itu Alvi tiba-tiba menghampiri rumahku

“Assalamualaikum, Alma!!” panggil Alvi dari depan rumah.
“walaikumsallam, iya!!” sahut ibuku yang beranjak keluar rumah.
“oh ibunya Alma, ada Alma nya gak?” Tanya Alvi.
“Alma nya lagi sarapan, sebentar ya tunggu dulu aja. Sini masuk” jawab ibuku.
“iya, terimakasih” sahut Alvi.

Ketika aku sedang asyik asyiknya sarapan, Alvi mengagetkanku.
“Alma, makan terus kau ini” ujar Alvi sambil tertawa. “yee, ngagetin saja kamu ini. Aku laper tau” sahutku sambil melanjutkan sarapan. “kok gak bagi-bagi aku sih” Tanya Alvi sambil menyengir kuda. “kamu mau, nih aku ambilin ya” jawabku sambil mengambil piring. “hahaha.. tidak, aku sudah makan, kau saja sana gendut” sahut Alvi sambil tertawa terbahak bahak. “ ya sudah” jawabku kembali sambil membuang muka. Tak berapa lama kemudian, sarapanku habis lalu Alvi mengajakku bermain games.

“sudah kan, ayoo main sekarang” ajak Alvi semangat.
“aduh, sebentar dong. Perutku penuh sekali ini” sahutku lemas karena kebanyakan makan.
“ah ayolah, makanya jangan makan banyak-banyak. Kalau gitu kapan mau dietnya” ujar Alvi menyindirku.

“ya sudah ya sudah.. ayoo mau main apa?” ajakku masih malas.
“Vietcong yuk tempur tempuran” jawab Alvi semangat seperti pahlawan jaman dulu.
“hah, okedeh” sahutku sambil menyalakan laptop milik ayah.

Dikutip dari: https://brainly.co.id/tugas/8939085

Cerpen Sahabat Selamanya

Hai namaku Michael Alyesha. Aku masih duduk di bangku kelas tiga SD. Aku mempunyai seorang sahabat ia bernama: Chika jessi, namun aku seiring memanggilnya dengan sebutan chika. Hari-hariku selalu penuh dengan canda dan tawa bersamanya.

Hari kamis pun tiba saatnya aku sekolah dengan giat. Michael pun segera bangun dari tempat tidurnya.

“Umm.. pagi yang sangat cerah” kata Michael
“Michael ayo bangun ini sudah jam 06.30, kamu bangun terlambat lagi?” ujar sang mamah
“oke mah” ujar Michael dengan santai
Michael pun segera membereskan tempat tidurnya dan segera mandi.
Setelah itu Michael dihampiri oleh salah seorang sahabatnya yang bernama chika.
“Michael cepat kamu sudah ditunggu chika didepan” ujar sang mamah dengan agak marah, karena Michael bangun terlambat lagi.Michael dan chika pun tiba sampai sekolah. Bell sekolah pun sudah berbunyi.

kami berdua pun duduk, untuk mengikuti pelajaran. Tiba-tiba ada seoarang cewek yang masuk keruang kelas kami.

“Oh iya anak-anak kita kedatangan tamu dari panitia lomba membuat cerpen. Anak-anak bu guru mau menyampaikan sebuah pengumuman” kata bu guru
“iya bu…” seru murid-muridnya

“ini ada lomba membuat cerpen tingkat kota yang diselenggarakan pada hari minggu 02 april 2013, tempatnya di SMP 2 JAKARTA jika ada yang mau ikut lomba ini, segera mendafatarkan diri ke kak nita itu panitia lomba membuat cerpen” kata buguruMichael sangat antusias untuk mengikuti lomba itu.

“kak aku mau ikutan lomba membuat cerpen” ujar Michael dengan semangat
“baik… nama adek siapa, kelas berapa dan umurnya berapa?” kata kak nita dengan suara yang sangat lembut
“namaku Michael Alyesha, aku kelas tiga SD, umurku 9 tahun kak, oh iya kak berarti lombanya tinggal 2 hari lagi ya?” kata Michael

“iya dek, lombanya tinggal 2 hari lagi” jawab kakak nita
“apakah ada yang mau ikut lagi, selain Michael?” Tanya bu guru
“Tidak ada bu…” seru para muridBell pulang sekolah pun telah berbunyi.
Saat di perjalanan mau pulang chika bertanya kepada Michael.
“Michael kamu benar mau ikut lomba membuat cerpen?” Tanya chika
“iya aku mau ikut lomba membuat cerpen, emang kenapa chik?” jawab chika
“iya tidak papa sih… oke deh nanti waktu kamu lomba aku pasti bakal datang deh. Buat nyemangatin kamu hehe…” kata chika
“makasih ya chika. Kamu memang sahabat aku yang paling oke deh” ujar Michael

Keesokan harinya. aku dan chika main sore disebuah taman
“chika aku udah buat cerpen nih… judulnya SAHABAT SELAMANYA, tapi bagus nggak ya chik?” tanya Michael dengan wajah pesimis
“coba aku lihat ceritanya… tapi dari judulnya si udah bagus. kayaknya isinya juga bagus deh” kata chika

Setelah chika membaca cerpen yang dibuat oleh Michael.
“wahh… Michael kamu hebat, kamu bisa buat cerpen sebagus ini” ujar chika
“makasih atas pujiannya chik. Tapi apa benar chik cerpen buatanku bagus?” tanya chika dengan wajah heran melihat chika yang senang saat membaca cerpennya
“iya benar masa aku bohong sama kamu hehe…” ujar chika

“hufftt… besok lomba membuat cerpennya lagi. Aku kok jadi takut gini ya chik” ujar Michael
“nggak usah takut, kamu harus tetap semangat jangan putus asa oke… besokkan ada aku dan keluargamu datang kesana buat nyemangatin kamu… oke” ujar chika kepada Michael
“oke deh… makasih ya chik, kamu udah nyemangatin aku” kata Michael
“iya sama-sama Michael” kata chikaKeesokan harinya, perlombaan pun hampir dimulai
“heyy… Michael semangat ya!!! Semoga kamu menjadi juara oke” kata chika
“oke chik… doa’in aja biar aku jadi juara ya” kata Michael

“eh tuh… lombanya udah mau dimulai kesana gih. Semangat ya Michael Alyesha !!!” ujar chika
“ya udah aku kesana dulu ya mah, papah, chika” ujar Michael
“Semangat!!!” seru mamah, papah Michael dan chika sahabatnyaDan perlombaan pun telah selesai.

Saatnya para juri mengumumkan siapa pemenang dari perlombaan membuat cerpen.
“Inilah saat-saat yang kita tunggu yaitu mengumumkan siapa pemenang dari perlombaan ini” kata juri
“Dan pemenang juara pertama adalah… Michael Alyesha… cerpen yang berjudul SAHABAT SELAMANYA” ujar sang juri dengan suara yang seru
“horee… aku menang” ujar Michael dengan semangat
“Michael kamu hebat, selamat ya sahabatku…” ujar chika
“makasih ya chika… makasih juga atas dukunganmu selama ini. Kamu emang sahabat aku yang paling setia hehehe…” kata michael
“Iya sama-sama Michael. Oh iya walupun kamu sudah menjadi juara, kamu tidak boleh sombong ya hehe…” kata chika
“pasti chik, aku akan selalu tetap menjadi Michael yang selalu ceria dan tidak pernah sombong hehe…” kata Michael kepada chika

“oh iya buat mamah sama papahku, aku juga mau berterimakasih kepada kalian. tanpa adanya kalian disini aku tidak bisa sehebat ini. Terima kasih ya mah, pah :D” ujar Michael kepada mamah papahnya

Dikutip dari: https://brainly.co.id/tugas/1111913

Hari Ini Esok Dan Selamanya

Waktu seakan cepat berlalu, langkah kaki kini tak lagi sama. Aku selalu bingung dan selalu ingin bertanya pada tuhan. Apa arti dari sebuah persahabtan yang indah dan abadi? Adakah sahabat sejati itu? “hai ri?” sebuah suara memecahkan lamunanku. Pemilik suara itu adalah, milik sahabatku seli. Tetapi bagiku dia hanyalah seorang yang ada ketika aku tertawa, namun pergi ketika aku menangis.

“ada apa sel?”
“mmmm kamu udah ngerjain pr matematika belum?”
“udah, emangnya kenapa?”
“boleh dong?”

Ya, aku tau sebab mengapa dia bertanya seperti itu. Dia datang karena dia sedang membutuhkanku. Kriiinngg… Suara bel pulang sekolah. Terlihat anak-anak smp negri 1 pangkalan berhamburan keluar kelas. Laangkahku masih terasa lesu dengan pertanyaan pertanyaan yang belum satu orang pun bisa menjawabnya. Bahkan aku sendiri yang membuat pertanyaan itu.

Tuhan adakah sahabat sejati itu? “aku berharap hari ini aku dapat menemukan dia.. Dia sahabat sejatiku. Bukan dia yang sudah lama di sampingku namun pergi ketika tangisan membasuhi pipiku. Walau singkat pertemuan, tapi aku ingin selamanya dia ada dalam setiap tangisan, tawa, duka, suka yang akan menghiasi hari hariku. Tuhan aku mohon..” gumamku dalam langkah yang tak lagi sama
Tanpa sadar “bruuukkk”

Semua isi tas ku berhamburan keluar, secara bersamaan orang yang ku tabrak pun membantuku untuk berdiri. Setelah bola mataku menatap wajah dia yang membantuku berdiri, heningan serta sepenggal kenangan terlintas dalam benakku. Flashback

“dian, perginya berapa lama?” tanyaku dengan wajah mungil 5 tahun
“aku berangkatnya cuma segini, kok.. Riri gak usah takut, kita kan punya janji sahabat hari ini esok dan selamanya” jawab dian sambil menunjukan 7 jarinya, entah itu tujuh hari, tujuh bulan atau bahkan tujuh tahun. Karena saat itu wajah wajah polos masih terpasang dalam wajahku dan dian sahabat kecilku. Diam, hening, haru kini terpadu dalam sanubariku ketika aku berhadapan kembali dengan sahabat kecilku dian. Ya, sekarang aku tau jawabannya, tujuh tahun dia pergi meninggalkanku.

Terima kasih tuhan, pertanyaan itu kini terjawab oleh kenangan “sahabat hari ini esok dan selamanya” janji itu dia balas hari ini. Mungkin waktu telah aku buang percuma dengan pertanyaan pertanyaan yang membuat waktuku terbuang. Di dekatku.. Di hatiku ada sepenggal memori yang akan selalu ku simpan yaitu “sahabat hari ini esok dan selamanya”

Dikutip dari: https://brainly.co.id/tugas/2040

Persahabatan 3 Serangkai Yang Mulai Memudar

Namaku Lintang, aku punya 2 sahabat yang bernama Dewi dan Wulan. Kami sudah sangat lama menjalin hubungan persahabatan. Bahkan, kami mempunyai grup untuk persahabatan kami yang bernama “3 Serangkai”. Setiap hari, kami selalu bersama. Namun, karena kami masing masing masih belajar, pertemuan kami pun jadi terbatas. Hanya malam minggu kita ketemuan. Saking jarangnya, Ada salah satu dari kami yang mengkhianati grup persahabatan kami. Dialah Dewi, Sahabat yang sudah aku dan Wulan anggap BFF, ternyata mengkhianati persahabatan kami.

Dewi mempunyai teman selain aku dan Wulan. Namanya Indah. Entah kenapa setelah kami jarang bertemu dan berkumpul, Dewi malah main terus sama Indah. Bukan itu saja, mereka juga membuat grup “2 Kembaran”.

Saat liburan, kami kembali berkumpul. Namun, ada yang aneh. Dewi sangat erat dengan Indah. Dewi pun, berubah drastis setelah bertemu Indah. Contohnya saja, Dewi cuek terhadap aku dan Wulan. Sontak aku dan Dewi sakit hati. Aku dan Wulan sering chatting bersama mengenai Dewi.

Lintang: Kenapa ya sekarang Dewi berubah sama kita?
Wulan: Iya, aku juga ngrasa aneh sama Dewi, mungkin karena kita jarang ketemu kali ya?

Ternyata oh Ternyata, Dewi dihasut oleh Indah temtang hal hal yang tidak faktual. Aku dan Wulan langsung sakit hati.

Setelah kami klarifikasi, semua kembali normal.

Dikutip dari: https://brainly.co.id/tugas/7840091

Sahabatku

Hari hari penuh kegembiraan yang kulalui bersama sahabat baikku. Aku sangat senang bisa bersamamu. Ulima, dia adalah sahabatku. Umurnya sama denganku yaitu 13 tahun. Dia manis,hidungnya mancung, dan rambutnya panjang. Dia juga pintar,rendah hati,dan baik kepada semua orang.

Aku sangat dekat dengannya ketika kelas 1 smp.Kami selalu bercerita dan bercanda bersama. Sangat mengasyikkan mempunyai sahabat seperti dia. Dikala aku sedih dia selalu menghiburku dan memberiku semangat. Dia selalu ada untukku.Saat aku mendapat masalah aku selalu cerita kepadanya dan dia memberiku bantuan,dia juga mengajariku pelajaran yang menurutku sulit.

Dia adalah sahabat yang baik dan aku tidak akan melupakannya.

Dikutip dari: https://brainly.co.id/tugas/2236913#readmore

Nah, itulah 7 contoh cerita pendek (cerpen) mengenai persahabatan yang dapat saya bagikan, yang tentunya bisa Anda kutip untuk tugas Anda. Cerita pendek tersebut saya kutip dari situs Brainly yang sudah terverifikasi kebenarannya, dan untuk yang lainnya bisa Anda cari sendiri di situs Brainly.co.id. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai cerita pendek dan semoga bermanfaat.

Read More
Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Zikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud - Sholat Tahajud merupakan sholat yang dilakukan pada malam hari  yang dikerjakan setelah kalian sholat isya. Sholat Tahajud sunnahnya dilakukan  sesudah tidur dan tahajud sendiri boleh dilakukan boleh tidak karena hukum Sholat Tahajud pada dasarnya adalah Sunnah.

Sholat Tahajud ini tidak dibatasi jumlah rakaatnya, akan tetapi minimal adalah 2 rakaat. Sholat Tahajud ini sangat berpengaruh besar jika Anda istiqomah dalam melakukannya. Tahajud sendiri memiliki beberapa faidah. Apalagi jika dilengkapi dengan dzikir dan doa sesudah Sholat Tahajud maka ibadah Anda akan jauh lebih sempurna.

Salah satu faedah yang bisa didapatkan ketika melaksanakan ibadah Sholat Tahajud adalah bisa mengisi kembali iman Anda atau meningkatkan iman. Karena Allah sendiri telah berfirman dalam surat Al Mudatsir:

"Sholatlah kalian pada malam hari karena sholat pada malam hari lebih berkesan dari pada siang hari karena siang hari kalian sibuk dengan urusan dunia kalian"

Hukum Sholat Tahajud

Untuk hukum Sholat Tahajud sendiri adalah Sunnah, bukan wajib jadi Anda tidak akan berdosa jika tidak melakukannya.  Perlu Anda bahwasanya ketahui Sholat Tahajud adalah sholat yang sangat dianjurkan nabi Muhammad SAW dan sangat di senangi apabila umatnya mau melakukan Sholat Tahajud.


Di dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim menjelaskan sebagai berikut:

Allah SWT akan turun setiap Malam ke Langit Dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah SWT berkata: "Siapa yang berdoa kepada-Ku maka Aku akan memperkenankan doa nya, siapa yang meminta kepada-Ku maka pasti akan Ku beri. Dan siapa yang meminta kepada ku ampunan, maka pasti akan aku ampuni" (Hadits Shahih Riwayat Bukhari 6321 dan Muslim 758)

Bacaan Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Bacaan dzikir dan doa sesudah Sholat Tahajud yang pendek dan ringan yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.
  • Dzikir tasbih : Subhanallah (maha suci Allah)
  • Dzikir takbir : Allahuakbar   (Allah Maha Besar)
  • Dzikir tahmid : Al hamdulillah (segala puji Allah)
  • Dzikir tahlil  : Laa ilaaha illaaahh (tiada tuhan selain Allah)
  • Dzikir istighfar : Astagfirullah hal adzim (aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung)
  • Dzikir sholawat Nabi Muhammad : Allahumma solli ala sayyidina muhammmad

Semua bacaan dzikir dan doa sesudah Sholat Tahajud di atas boleh Anda amalkan, baik 10 kali, 30 kali, 100 kali atau pun sebanyak banyaknya. Akan tetapi semua itu harus dilandasi dengan hati yang ikhlas. jika Anda membaca dzikir dan doa sesudah Sholat Tahajud itu dengan hati yang tidak ikhlas, maka semua itu akan sia sia. 

Doa Sesudah Sholat Tahajud

Sesudah Sholat Tahajud, sebenarnya Anda bisa memanjatkan doa apapun sesuai dengan keinginan Anda. Karena pada hakikatnya pada seperempat malam merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Adapun doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah selepas Sholat Tahajud adalah sebagai berikut:

Allaahumma Lakal Hamdu Anta Qayyimussamaa Waati Wal Ardi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Malikus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Nuurus Samaawaati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Antal Haqqu, Wa Wa’dukal Haqqu, Wa Liqaa’uka Haqqun, Wa Qauluka Haqqun, Wal Jannatu Haqqun, Wannaaru Haqqun, Wannabiyyuuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu ‘Alaihi Wasallama Haqqun Wassaa’atu Haqqun.

Allaahumma Laka Aslamtu, Wa Bika Aamantu, Wa ‘Alaika Tawakkaltu, Wa Ilaika Anabtu, Wa Bika Khaashamtu, Wa Ilaika Haakamtu, Faghfirlii Maa Qaddamtu, Wa Maa Akh-Khartu, Wa Maa Asrartu, Wa Maa A’lantu, Wa Maa Anta A’lamu Bihiminnii. Antal Muqaddimu, Wa Antal Mu’akhkhiru, Laa Ilaaha Illaa Anta, Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Artinya:
"Ya Allah.. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah yang Haq (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan.Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

Ya Allah.. Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada.Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh Sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah yang Maha Terdahulu dan Engkaulah yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan Tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Sholat Tahajud memiliki keistimewaan tersendiri bagi orang-orang tertentu yang bisa mengerjakannya. Semoga Anda termasuk orang yang diridhai Allah dan bisa menjalankannya dengan istiqomah. Amin. Baca juga: Niat Sholat Istikharah dan Tata Cara Sholat Istikharah

Read More
Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid Yang Benar Menurut Islam

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid Yang Benar Menurut Islam

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid - Sebagai seorang muslim tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan mandi wajib? Mandi wajib merupakan salah satu kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap muslim pada waktu-waktu tertentu oleh sebab sesuatu yang melatarbelakangi hal tersebut. Mandi wajib ini memiliki tata cara dan aturan tertentu. Terlebih bagi seorang wanita.

Wanita memiliki beberapa hal yang mengharuskannya melakukan mandi wajib. Seperti haid, nifas dan lain sebagainya. mandi wajib ini dilakukan untuk menyucikan diri dari hadas besar. Jika mandi wajib ini tidak dilakukan maka ibadah yang akan dilakukan seperti membaca Al Quran, sholat atau pergi ke masjid tidak boleh dilaksanakan.

Oleh karena itu, mengetahui tentang segala baik tata cara, niat, syarat mandi wajib harus diketahui oleh semua orang Islam. Nah, Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ulasan mengenai tata cara mandi wajib setelah haid yang benar menurut Islam.

Pengertian Mandi Wajib

Pengertian mandi wajib menurut bahasa berasal dari Bahasa Arab Ghusla yang memiliki arti pengaliran. Sementara secara istilah pengertian mandi wajib adalah mengalirkan air ke seluruh tubuh mulai dari atas kepala  hingga ujung kaki dengan membaca niat untuk menyucikan diri dari hadas besar.


Hukum melaksanakan mandi wajib adalah wajib. Karena mandi wajib digunakan untuk menyucikan diri dari hadas besar. Untuk bisa memulai kembali ibadah, maka seseorang harus melakukan mandi wajib terlebih dahulu dan membersihkan kotoran yang ada pada dirinya. Sebagaimana yang telah diajarkan dalam QS. Al-Maidah ayat 6:

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." (QS : Al-Maidah : 6)

Selain itu, di dalam Alquran surat Annisa ayat 43 juga dijelaskan bahwa dilarang untuk melaksanakan sholat dan diwajibkan untuk melakukan mandi sebelum lagi memulai melaksanakan ibadah.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun." (QS : An-Nisa : 43)

Penyebab Wanita Harus Melakukan Mandi Wajib

Wanita memang merupakan makhluk istimewa yang memiliki keistimewaan tersendiri. Wanita juga sangat dimuliakan oleh Allah dari pada laki-laki. Bahwasanya ibu lebih mulia daripada ayah sekalipun keduanya harus dimuliakan.

Beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh seorang wanita adalah bisa hamil. Hal-hal yang berhubungan dengan hamil inilah yang menjadi penyebab seorang wanita diwajibkan untuk melakukan mandi wajib. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Haid dan Nifas
Haid atau menstruasi tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan? Peristiwa keluarnya darah dari vagina yang biasanya terjadi sebulan sekali dengan durasi paling sedikit sehari semalam dan paling banyak lima belas hari. Darah yang dikeluarkan inilah yang biasanya disebut menstruasi.

Sementara nifas adalah darah yang dikeluarkan setelah melahirkan. Nah pada saat selesai haid dan nifas ini seorang wanita diwajibkan untuk melakukan mandi wajib. Hal ini dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 222:

"Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. apabila mereka telah suci, Maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri" (QS : Al-Baqarah : 222)

2. Setelah Melakukan Junub
Junub adalah kondisi pada saat setelah seseorang baik wanita maupun laki-laki setelah mengeluarkan sperma. Seperti pada saat hubungan intim antara suami dan istri. Kewajiban mandi wajib diterangkan dalam Quran surat Annisa ayat 43:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, dan (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi". (QS : An-Nisa : 43)

Apabila seorang wanita dan laki-laki sudah bersentuhan alat kelaminnya sekalipun belum melakukan junub maka tetap saja diwajibkan untuk melakukan mandi wajib. ”Apabila dua kemaluan telah bertemu maka wajib baginya mandi. Aku dan Rasulullah SAW pernah melakukannya maka kami pun mandi.” (HR. Ibnu Majah)

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid 

Tata cara mandi wajib  setelah haid yang benar menurut Islam adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Niat 
Niat mandi wajib:
Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Akbarii FardhalLillahi Ta’aala
Yang artinya: "Saya niat mandi wajib untuk mensucikan hadast besar fardhu karena Allah ta'aala".

2. Meratakan Air ke Seluruh Tubuh
Setelah melakukan niat maka langkah selanjutnya adalah meratakan air ke seluruh badan dimulai dari kepala. Dan disunnahkan untuk mengawalkan anggota badan yang sebelah kanan.

Ummu Salama RA, aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang cara-cara mandi, beliau bersabda, "Memadailah engkau jiruskan tiga raup air ke kepala. Kemudiian ratakannya ke seluruh badan. Dengan cara itu, sucilah engkau". (HR Muslim)

Nah, itulah tata cara mandi wajib setelah haid menurut Islam yang benar, beserta pengertian mandi wajib, dan alasan mengapa wanita harus melakukan mandi wajib. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai tata cara mandi wajib bagi wanita setelah haid yang benar.

Read More
Niat Sholat Istikharah dan Tata Cara Sholat Istikharah

Niat Sholat Istikharah dan Tata Cara Sholat Istikharah

Niat Shalat Istikharah - Saat dihadapkan dengan berbagai masalah, terkadang manusia merasa bingung harus mengadukan permasalahannya kepada siapa. Merasa bingung, galau bagaimana cara untuk menyelesaikan masalahnya tersebut.

Bahkan rasanya ingin mati saja saat menemukan jalan buntu dalam setiap masalah yang dihadapi. Sudah berusaha mencoba jalan A namun tetap saja tidak menemukan titik temu. Mencoba cara lain pun tetap berakhir pada kondisi yang sama. Hingga rasa putus asa pun akhirnya menjelma.

Namun semua itu tidak akan pernah terjadi apabila dari awal anda menyerahkan masalah Anda kepada Ilahi Rabbi Tuhan Semesta Alam yang senantiasa memberikan petunjuk dan hidayah kepada setiap hamba-Nya. Allah salah menunjukkan jalan lain di luar nalar manusia yang terbatas karena Allah Maha Mengetahui segalanya.

Salah satu cara terbaik yang biasa dilakukan sebagai hamba yang sedang resah saat meminta pertolongan kepada Allah adalah dengan melakukan Sholat Istikharah. Sebenarnya Sholat Istikharah bisa digunakan untuk segala hal saat Anda merasa bingung menentukan sebuah pilihan. Namun seringnya, Sholat Istikharah ini digunakan pada saat merasa bingung menentukan jodoh.


Jika Anda hendak melaksanakan Sholat Istikharah, ketahuilah terlebih dahulu niat Sholat Istikharah, tata cara Sholat Istikharah dan panduan lengkap lainnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

Tata Cara Sholat Istikharah

Tata cara melakukan Sholat Istikharah sebenarnya sama dengan mengerjakan sholat sunnah lainnya. Hal ini dijelaskan oleh Sayyid Sabiq di dalam Fiqh Sunnah. Sholat Istikharah bisa dilakukan dengan sholat sunnah apa saja asalkan pada akhir sholat berdoa untuk memohon petunjuk kebaikan atas kegalauan yang dihadapi. Seperti yang tertuang dalam hadist shahih Bukhari:

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu 'anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan kami cara mengerjakan Sholat Istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Al Qur'an. Beliau bersabda: "Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan sholat dua rakaat selain sholat fardlu, lalu berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu… (dan seterusnya)…"

1. Niat
Niat Sholat Istikharah sebagian besar ulama menyatakan bahwa niat tempatnya pada hati. Di dalam Fiqih Manhaji Menurut Syaikh Mushtafa Al Bugha menjelaskan bahwa "tata cara niat harus melafalkan takbir sembari mengingat sholat apa yang hendak dikerjakan, fardlu ataupun sunnah."
Adapun niat Sholat Istikharah adalah sebagai berikut:

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: "Aku niat sholat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala".

2. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
3. Membaca surat Al Fatihah
4. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun
5. Ruku’ dengan tuma’ninah
6. I’tidal dengan tuma’ninah
7. Sujud dengan tuma’ninah
8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
11. Membaca surat Al Fatihah
12. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
13. Ruku’ dengan tuma’ninah
14. I’tidal dengan tuma’ninah
15. Sujud dengan tuma’ninah
16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
19. Salam.

Doa Sholat Istikharah

Seperti yang sudah dijelaskan bahwasanya Sholat Istikharah dilakukan untuk meminta petunjuk allah pada saat merasa kebingungan. Oleh karena itu, setelah melaksanakan sholat Istikharah sebaiknya adalah melakukan doa. Adapun doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.
Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Biasanya setelah melaksanakan Sholat Istikharah, Allah akan memberikan petunjuk atas apa pilihan yang terbaik dari masalah yang Anda hadapi. Bisa melalui mimpi, atau melalui kemantapan hati dalam menentukan sebuah pilihan. Namun untuk waktu pastinya tidak bisa diketahui kapan dan tepatnya.

Jika memang masih dirasa belum menemukan petunjuk, Anda bisa melakukan sholat Istikharah lagi. Karena sebaik-baik tempat berserah diri adalah kepada Allah. Semoga informasi mengenai niat Sholat Istikharah, tata cara sholat Istikharah serta doa Istikharah bermanfaat untuk Anda. Amin.

Read More
Keanekaragaman Hayati (Pengertian, Faktor, Jenis, Kegiatan, Pelestarian)

Keanekaragaman Hayati (Pengertian, Faktor, Jenis, Kegiatan, Pelestarian)

Keanekaragaman Hayati - Di sekitar lingkungan tempat kita tinggal, pastinya banyak ditemui berbagai jenis makhluk hidup, mulai dari binatang hingga tumbuhan. Berbagai jenis binatang tersebut bisa berupa hewan ayam, hewan peliharaan seperti kucing, anjing, serangga, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jenis tumbuhan bisa kita temui, seperti buah mangga, jambu, pisang, pepaya, rerumputan dan lain sebagainya di sekitarkita. Masing-masing makhluk tersebut memiliki apa yang namanya ciri khas tersendiri, sehingga terbentuklah keanekaragaman makhluk hidup yang secara umum disebut dengan keanekaragaman hayati.

Keanekaragaman hayati tersebut bisa terbentuk dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia, karena adanya keseragaman dan keanekaragaman dalam sifat atay ciri makhluk hidup itu sendiri. Keanekaragaman hayati dapat terjadi pada berbagai tingkat kehidupan. Sekarang ini keanekaragaman hayati mengalami tekanan yang cukup tinggi, karena kemajuan teknologi yang bisa mengubah fungsi berbagai flora dan fauna sebagai hasil hutan. Hal tersebut tentunya bisa mendatangkan degradasi pada lingungan. Oleh karena itulah, keanekaragaman hayati perlu untuk dilestarikan.

Pengertian Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati atau keanekaragaman makhluk hidup (biodiversity) adalah suatu istilah pembahasan yang mencakup segala sesuatu bentuk kehidupan, yang secara ilmiah dapat dikelompokkan menurut skala organisasi biologisnya. Diantaranya dapat mencakup gen, spesies tumbuhan/hewan dan mikroorganisme ekosistem, serta proses ekologi makhluk hidup tersebut.

Jadi, secara singkat Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman di dalam makhluk hidup beserta proses ekosistem dan ekologi tempat makhluk hidup tinggal. Atau dapat juga diartikan sebagai kondisi keanekaragaman bentuk dari kehidupan makhluk hidup dalam ekosistem atau bioma tertentu.


Keanekaragaman hayati tidak menyebar merata di seluruh bumi, dan setiap belahan bumi memiliki ciri khusus makluk hidup yang berbeda-beda, dan itu yang membuatnya unik. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh iklim, suhu, relief dan keadaan tanah.

Keanekaragaman hayati sebenarnya telah ditemukan di bumi miliaran tahun lalu dari proses evolusi bumi. Asal muasal kehidupan yang ada di bumi ini belum diketahui kebenarannya, bahkan belum diketahui secara pasti dalam dunia sains. Dalam penjelasan saind sekitar 600 juta tahun yang lalu, kehidupan di bumi ini hanya berupa archaea, bakteri, protozoa, dan organisme uniseluler lainnya. Selain itu, secara periodik dan eventual terjadi kepunahan besar-besaran terhadap makhluk hidup di bumi akibat aktivitas bumi, iklim, dan juga pengaruh dari luar angkasa.

Faktor Penyebab Timbulnya Keanekaragaman Hayati

Faktor yang menyebabkan timbulnya keanekaragaman hayati diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Unsur Iklim dan cuaca
Iklim adalah rata-rata cuaca pada suatu wilayah dalam jangka waktu yang relatif panjang atau lama. Iklim dipengaruhi oleh perubahan musim, seperti dipengaruhi oleh musim yang berubah-ubah pada setiap periode tertentu. Sedangkan cuaca adalah keadaan suhu, tekanan udara, angin, curah hujan, dan sinar matahari pada waktu dan tempat tertentu. Unsur iklim dan cuaca diantaranya adalah temperatur, udara, kelembapan, angin, dan curah hujan.

2. Relief tanah (daratan)
Relief tanah (daratan) adalah perbedaan tinggi da rendahnya permukaa bumi yang terjadi di darat. Bentuk relief daratan cukup beragam mulai dari bentuk tonjolan tanah, cekungan, hingga daratan yang luas. Selama tenaga endogen dan eksogen masih ada atau masih membuat gerakan, maka relief tanag masih akan terus mengalami perubahan.

3. Keadaan tanah
Keadaan tanah atau kondisi tanah adalah bagian yang terdapat pada kerak bumi yang tersusun atas mineral dan bahan organik. Contoh dari keadaan tanah seperti keadaan suhu, kelembapan tanah, dan kekeringan pada tanah.

Jenis-jenis Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati masih dibagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Keanekaragaman gen
Keanekaragaman gen adalah sebuah materi genetik yang menentukan sifat maupun bentuk yang berbeda dari satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya (ciri khas). Keanekaragaman inilah yang menyebabkan dan mendasari adanya keanekaragaman yang kaya pada suatu spesies. Contoh keanekaragaman gen seperti mangga gadung, mangga arum manis, mangga golek.

2. Keanekaragaman jenis
Keanekaragaman jenis adalah keanekaragaman yang ditemukan diantara makluk hidup yang berbeda jenis. Keanekaragaman jenis menunjukkan variasi yang terdapat pada makhluk hidup antar jenis (interspesies) dalam satu marga. Contoh keanekaragaman jenis seperti padi dan gandum yang masih termasuk ke dalam  Familia Graminae.

3. Keanekaragaman ekosistem
Keanekaragaman ekositem adalah keanekaragaman dimana susunan biotik dan abiotik jenis ekosistem di permukaan bumi tidak sama karena dipengaruhi oleh ekosistem. Lingkungan abiotik sangatlah berpengaruh terhadap komposisi biotik. Contoh keanekaragaman ekosistem, seperti ekosistem padang rumput, dan ekosistem pantai.

Kegiatan Manusia yang merugikan Keanekaragaman Hayati

Ada beberapa kegiatan manusia yang secara langsung maupun tidak langsung bisa memiliki pengaruh yang merugikan keanekaragaman hayati, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pencemaran Lingkungan
Pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

2. Eksploitasi SDA yang bertebihan
Eksploitasi SDA yang berlebih adalah sebuah cara dimana mengambil sejumlah kekayaan alam secara berlebih tanpa memikirkan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan hidup yang ada disekitarnya.

3. Pembukaan hutan
Pembukaan hutan adalah sebuah pekerjaan yang mengambil bagian hutan untuk dijadikan lahan baru. Pembukaan hutan biasanya digunakan bukan untuk kepentingan hutan, melainkan untuk kepentingan individu maupun kelompok. Alhasil dengan melakukan pembukaan hutan, bisa mengancam habitat mahluk yang hidup di hutan tersebut, serta flora dan fauna yang hidup di dalamnya.

4. Budidaya monokultur dan dampak negatif rekayasa genetika
Budidaya monokultur dan rekayasa genetik bisa berdampak negatif terhadap keanekaragaman hayati, karena hasilnya akan sama seperti induk atau perpaduan dari beberapa individu yang akan mengurangi keanekaragaman individu yang ada.

Kegiatan Manusia yang Menguntungkan Keanekaragaman Hayati

Kegiatan manusia yang bisa merugikan keanekaragaman makhluk hidup bisa diatasi dan dicegah dengan melakukan kegiatan yang bisa membuat keanekaragaman itu lestari, berikut kegiatan diantaranya:

1. Penghijauan (reboisasi)
Penghijauan atau Reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang gundul, yaitu dengan cara menanami lahan yang kosong tersebut dengan bibit atau tumbuhan yang baru. Dengan melakukan reboisasi akan membuat lahan tersebut dipenuhi dengan tumbuhan baru, yang tentunya akan menjadi habitat baru dari makhluk hdiup.

2. Penangkaran
Penangkaran adalah perbuatan pembiakan satwa dan flora di luar habitas asli makhluk hidup tersbeut. Penangkaran juga harus ada campur tangan (budidaya) manusia supaya bisa terlaksana,

3. Perlindungan alam
Perlindungan alam adalah sistem pemanfaatan SDA yang sesuai dengan kebutuhan guna memelihara dan melindungi SDA agar tidak terjadi kerusakan. Selain itu, pelindungan alam dilakukan guna menjaga ekosistem habitat makhluk hidup, dari orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Perkawinan silang
Perkawinan silang adalah perkawinan antara 2 jenis makhluk hidup yang sama namun dengan spesies yang berbeda. Tujuannya agar spesies yang hampir punah bisa bertahan (tidak punah) dengan mengawin silangkan degan spesies lain yang berkerabatan.

Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Melestarikan keanekaragaman hayati atau makhluk hidup bisa dilakukan oleh manusia degan 2 cara yaitu secara in situ dan ek situ. Berikut masing-masing pengertiannya.

1. Pelestarian in situ, yaitu pelestarian Sumber Daya Alam (SDA) hayati di habitat atau di tempat aslinya. Contoh: taman nasional Komodo, cagar alam, Suaka Margasatwa.

Baca: Klasifikasi Makhluk Hidup (Tujuan, Manfaat, Sistem, Tingkatan)

2.Pelestarian ex situ, yaitu pelestarian yang dilakukan dengan memindahkan ke tempat lain yang lebih cocok bagi perkembangan kehidupannya. Contoh: kebun binatang, dan taman safari.

Nah, itulah pengertian mengenai pengertian keanekaragaman hayati, faktor penyebab timbulnya keanekaragaman hayati, jenis-jenis keanekaragaman hayati, kegiatan manusia yang merugikan keanekaragaman hayati dan menguntungkan keanekaragaman hayati, dan keanekaragaman hayati. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Read More
3 Contoh Teks Eksposisi Singkat (Pendidikan, Ilustrasi, Analisis)

3 Contoh Teks Eksposisi Singkat (Pendidikan, Ilustrasi, Analisis)

Contoh Teks Eksposisi Singkat - Teks eksposisi merupakan teks yang mengungkapkan ide, perasaan, dan pendapat seseorang. Pengungkapan dalam bentuk eksposisi membuat Anda lebih mudah dalam menuangkan sebuah ide, khususnya secara tertulis.

Melalui teks eksposisi, Anda akan belajar untuk lebih peka terhadap fenomena yang terjadi di dalam masyarakat. Teks ekeposisi tidak hanya sebagai media untuk mengungkapkan pikiran kritis dengan menggunakan bahasa. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang harus disyukuri karena telah memudahkan manusia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan.

Pengertian teks eksposisi adalah sebuah teks karangan yang di dalamnya memaparkan sejumlah pengatahuan dan informasi. Dimana dalam setiap paragraf teks eksposisi banyak terkandung sejumlah informasi ilmu pengetahuan yang biasanya disajikan secara singkat, padat dan akutar, serta mudah untuk dipahami oleh pembaca. Paragraf teks eksposisi memiliki sifat real atau nyata dan ilmiah serta dapat dikatakan sebagai teks non-fiksi.

Baca: Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, dan Struktur

Tujuan utama dari dibuatnya teks ekposisi adalah untuk memaparkan atau menjelaskan sebuah informasi kepada para pembaca sejelas-jelasnya, atau agar pembaca paham betul apa yang disampaikan dalam teks eksposisi. Sehingga pembaca bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan secara detail terhadap suatu kejadian yang terjadi.


Nah, teks ekeposisi banyak sekali jenisnya, mulai dari teks eksposisi lingkungan, pendidikan, berita, ilustrasi, proses, perbandingan, hingga teks eksposisi tentang kesehatan. Berikut 3 contoh teks eksposisi yang bisa Anda gunakan baik untuk tugas sekolah ataupun yang lainnya.

Manfaat Membaca

Buku membuka jendela dunia. Kalimat tersebut menjadi hal yang sering digunakan untuk mengajak seseorang untuk membaca. Membaca juga merupakan hal yang paling penting bagi kita. Ada banyak manfaat dari membaca, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Pertama, membaca dapat memberikan pengetahuan tentang banyak hal di dunia ini seperti ilmu alam, teknologi, olahraga, seni, dan budaya, baik yang ditulis dalam buku maupun surat kabar.

Kedua, kita akan mengetahui banyak berita dan informasi tentang sesuatu yang terjadi di dunia. Aktivitas membaca dapat memberikan kesenangan bagi pembacanya. Ketika lelah, kita dapat membaca kolom hiburan (seperti komedi, cerita pendek, dan kuis) pada buku, koran, atau majalah. Hal tersebut dilakukan agar diri kita jauh lebih santai.

Hal tersebut menjelaskan bahwa setiap orang perlu membaca untuk mendapatkan pengetahuan, informasi, dan hiburan. Namun, tidak semua dari kita suka membaca. Berikut langkah-langkah yang seharusnya kita lakukan untuk gemar membaca.

  1. Tentukanlah jenis bacaan yang Anda sukai.
  2. Cobalah membaca berbagai jenis buku dengan tema dan cerita yang berbeda.
  3. Pergilah ke perpustakaan setempat. Anda dapat membaca buku sebanyak apa pun secara gratis.
  4. Ciptakanlah lingkungan membaca yang baik. Anda dapat mencari tempat yang tenang dan nyaman. Namun, beberapa orang lebih suka membaca sambil mendengarkan musik.


Mengapa Kita Harus Merayakan Hari Ibu?

Ibu adalah segalanya bagi kita ketika kita masih bayi, kehidupan kita tergantung kepadanya. Saat kita memerlukan bantuan, kita menangis memanggil Ibu. Ibu juga melindungi kita dari bahaya dan merawat diri kita. Kita harus menghormati Ibu karena beberapa alasan.

Pertama, kita berterima kasih kepada Ibu atas semua yang telah ia lakukan. Ibu adalah orang yang menjaga kita ketika siang dan malam. Ia juga yang merawat kita ketika kita sakit. Ia selalu mendoakan kita agar kita selalu sehat. Ibu selalu bangun pagi untuk menyiapkan sarapan.

Kedua, kita perlu meminta maaf untuk segala kesalahan kita, baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Kita mungkin pernah bertindak kasar atau berlaku tidak sopan kepada Ibu.

Ketiga, kita harus selalu bersyukur karena telah memiliki Ibu. Banyak orang yang telah kehilangan ibunya. Hari ibu merupakan waktu yang tepat untuk mengungkapkan terima kasih kepada Ibu. Meskipun demikian, hal itu tidak hanya dilakukan ketika Hari Ibu. Salah satu caranya antara lain dengan memberikan hadiah kepada Ibu yang kita cintai. Dari fakta-fakta tersebut, anak-anak diharapkan untuk lebih menghormati dan menghargai orang tua, terutama Ibu.


Televisi dalam Kehidupan Sosial

Kita harus berhati-hati dengan informasi yang didapatkan dari televisi. Seringkali, televisi menyajikan gambaran kekerasan dan menimbulkan efek negatif bagi masyarakat. Hal yang aling penting bagi televisi adalah mampu menyiarkan semua informasi yang menunjukkan tujuan sosial yang bermanfaat bagi kehidupan.

Ssaat ini, televisi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Hal ini juga tidak hanya menjadi sumber hiburan, tetapi juga berita dan informasi. Televisi juga merupakan alat yang berharga bagi ilmu pengetahuan, pendidikan, dan industri.

Apa yang membuat televisi lebih menarik? Televisi merupakan alat elektronik yang menyajikan gambaran mengenai suatu hal dengan suara dan visualisasi, sehingga kita dapat melihat dan mendengar informasi yang ada di televisi.

Kita dapat menikmati hiburan yang awalnya dapat disaksikan di bioskop, teater, dan arena olahraga, kini dapat disaksikan di rumah. Televisi memungkinkan untuk bertemu orang-orang penting. Hal ini dapat membawa tamu-tamu penting dan adegan penting untuk dapat dilihat oleh orang banyak.

Televisi memiliki pengaruh yang besar pada gagasan kita, baik mengenai gagasan yang benar maupun gagasan yang salah. Hal tersebut memengaruhi cara kita dalam bersikap. Televisi berhubungan dengan kehidupan kita secara umum. Nilai dan faya hidup dapat kita temukan di dalam televisi. Selain itu, televisi mengabarkan konflik dalam masyarakat.


Nah, itulah 3 contoh teks eksposisi singkat yang bisa Anda gunakan dalam tugas maupun yang lainnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai contoh teks dalam bahasa Indonesia, dan semoga bermanfaat.
Read More