Loading...

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan (Lengkap)

Asal kata wirausaha - Etimologi kata wirausaha adalah berasal dari kata "wira" dan "usaha". Kara "Wira" berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani, dan berwatak agung. Kata "wira" juga digunakan dalam kata "perwira". Sedangkan "usaha" berarti perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.

Jadi, secara etimologis/harfiah, wirausaha adalah perjuangan atau pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.

Pengertian Wirausaha

Beberapa pengertian wirausaha adalah sebagai berikut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenai produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dan fungsinya untuk melakukan inovasi atau kombinasi-kombinasi yang baru untuk sebuah inovasi.

Wirausaha adalah orang yang berani mengusahakan suatu pekerjaan, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Menurut Richard Cantilon, entepreneurial is an innovator and individual developing something unique and new (wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru).

Menurut Schumpeter (dalam Bygrave), wirausaha adalah seorang yang memperoleh peluang dan menciptakan organisasi untuk mengejar pekuang tersebut.

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah kemampuan seorang manager risiko (risk manager) dalam mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik materiel, intelektual, waktu, maupun kemampuan kreativitasnya untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan bagi orang lain.
loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan (Lengkap)"

Post a Comment