Loading...

Nama Negara di Sebelah Barat Afrika Tengah


Nama negara di sebelah barat Afrika Tengah adalah Kamerun atau dalam bahasa Inggris Cameroon. Negara yang berada di Benua Afrika ini merupakan salah satu negara dengan bentuk negara Republik. Republik Kamerun merupakan sebuah republik kestauan yang berada di Afrika tengah dan barat.

Negara kamerun berbatasan langsung dengan negara Afrika lainnya, seperti Nigeria di sebelah barat, Chad di timur laut, Republik Afrika Tengah di timur, dan Republik Kongo, dan Gabon di sebelah utara, serta negara Guinea di bagian selatan. Berdasarkan garis tepai laut atau pantai, Kamerun mempunyai pantai yang terletak di Teluk Bonny, bagian dari Teluk Guinea dan juga Samudra Atlantik.

Negara Kamerun juga disebut sebagai negara "Afrika dalam miniatur", karena negara ini memiliki banyak ragam budaya dan juga ragam geologi. Daerah di Kamerun umumnya seperti negara Afrika lainnya, dengan daerah yang sebagian besar adalah gurun, gunung, hutan hujan, dan savana. Kamerun juga menjadi negara di bagian Afrika yang memiliki pantai.

Titik tertinggi dari negara Kamerun adalah Gunung Kamerun yang letaknya di barat daya. Ibu Kota dari negara Kamerun adalah Yaounde, disamping kota besar lainnya seperti Douala dan Garoua. Negara kamerun setidaknya memiliki lebih dari 200 kelompok etnis dan juga bahasa. Seperti halnya negara lain di dunia, Kamerun juga memiliki alat musik khas, yaitu makossa dan bikutsi.

Bahasa resmi negara Kamerun adalah bahasa Inggris dan juga Prancis, karena dilatarbelakangi oleh sistem pendidikan campuran antara Inggris dan Prancis.

Sejarah Negara Kamerun

Penduduk awal atau asli negara kamerun adalah kebudayaan Sao yang bertempat tinggal di sekitar danau Chad, sedangkan suku asli penduduk kameron adalah suku Baka yang bertempat tinggal di kamerun bagian tenggara. Asal nama kamerun sendiri berasal dari seorang Penjelajah Portugis yang berhasil mencapai pantainya pada bad ke-15 dan kemudian menamai daerag tersebut dengan "Rio dos Camarões" yang memiliki arti Sungai udang, dan dari sinilah kemudian dinamai dengan "Cameroon" atau kamerun dalam bahasa Indonesia.

Kamerun merupakan negara jajahan koloni Kekaisaran Jerman pada tahun 1884, kemudian setelah Perang Dunia I, daerah ini kemudian dibagi atas antara kekuasaan Prancis dan juga Britania atas mandat dari Liga Bangsa-Bangsa. Pada tahun 196-, Kamerun Prancis resmi merdeka sebagai Republik Kamerun dengan presiden Ahmadou Ahidjo.

Sedangkan kamerun bagian selatan yang dikuasi ratania kemudian bergabung pada tahun 1961 untuk membentuk Republik Federasi Kamerun. Negara ini kemudian secara resmi dinamai dengan Republik Kesatuan Kamerun pada tahun 1972, dan kemudian diubah lagi menjadi Republik Kamerun pada tahun 1984.

Dibanding dengan negara-negara Afrika lainnya, Kamerun relatif lebih stabil. Sehingga, negara ini cukup memungkinkan perkembangan cocok tanam, jalan, kereta api, industri minyak bumi ataupun kayu. Walaupun begitu, banyak warga kamerun yang masih tinggal dalam keadaan kemiskinan, terutama para petaninya.

Source: Wikipedia.org

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nama Negara di Sebelah Barat Afrika Tengah"

Post a Comment