Loading...

Nama Cairan Pada Bunga Yang Diserap Lebah, Kupu-Kupu dan lainnya

Lebah merupakan salah satu spesies serangga besar yang dikenal dengan hidupnya yang berkelompok, walaupun tidak semua lebah dan hanya jenis lebah tertentu, seperti lebah madu. Lebah termasuk ke dalam jenis serangga dengan kelas familia Apidae atau serangga bersayap selaput. Di dunia ini setidaknya terdapat lebih dari 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua di dunia, terutama Antartika.

Seperti halnya serangga lainnya, lebah juga memiliki ciri khusus yaitu memiliki tiga pasang kaki (6 kaki) dan dua pasang sayap. Umumnya lebah membuar sarang di phon dan juga di atap rumah. Serang lebah dibuat dari bahan propilis atau perekat dari getah yang berasal dair pohon dan juga malam yang diproduksi sendiri oleh kelenjar dari lebah betina. Lalu apa makanan lebah yang berbentuk cairan dan terdapat di bunga? Berikut jawabannya.

Cairan Pada Bunga Yang Diserap Lebah, Kupu-Kupu dan Serangga Lainnya

Nama cairan pada bunga yang diserap lebah, kupu-kupu, dan serangga lainnya adalah Nektar. Nektar sendiri merupakan sebuah cairan manis yang terdapat dan dihasilkan oleh bunga yang sedang mekar untuk menarik serangga guna membantu penyerbukan bunga, contohnya seperti menarik lebah, kupu-kupu, dan kumbang.


Nektar sendiri dihasilkan oleh kelenjar nektar bunga yang letaknya berada di dasar perhiasan bunga atau perianthium), sehingga lebah atau serangga penyerbuk lainnya mau tidak mau akan bersingunggan dengan kepala sari atau anthera dan pistil sewaktu memakan nektar.

Nektar sendiri merupakan sumber utama makanan lebah. Oleh karena itu, dalam budidaya lebah, peran bunga cukup penting dalam reproduksi madu dan nektar juga menjadi kunci penting dalam pembudidayaan tanaman hias, terutama bunga.

Selain menjadi makanan bagi lebah, nektar juga menjadi bahan dasar pembuatan madu secara alami. Madu diolah secara alami oleh didalam perut lebah dengan bahan dasar nektar lalu dikeluarkan dalam bentuk madu. Madu yang dihasilkan oleh lebah umumnya memiliki rasa alami yang sangat manis seperti sebuah sirup.

Tidak hanya digunakan sebagai pemanis minuman saja, madu yang dihasilkan oleh lebah juga sering dijadikan sebagai obat untuk berbagai penyakit dan juga ada beberapa kosmetik yang menggunakan madu sebagai bahan utamanya. Oleh karena itulah kenapa madu cukup mahal, karena memiliki banyak manfaat.

Jenis-Jenis Nektar

Nektar sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu nektar floral dna juga nektal ekstra floral. Perbedaan antara kedua nektar tersebut adalah nektar floral dihasilkan oleh kelenjar nektar, sedangkan nektar ekstra floral dihasilkan oleh tanaman selain bunga. Nektar ekstra floral atau yang dihasilkan diluar bunga biasanya dimaksudkan untuk menarik serangga tertentu, seperti semut yang menghisap nektar serta memangsa serangga perusak tanaman.

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nama Cairan Pada Bunga Yang Diserap Lebah, Kupu-Kupu dan lainnya"

Post a Comment