Loading...

Istilah Pertemuan Untuk Membicarakan Sesuatu Disebut?

Dalam permainan Teka-Teki silang pastinya akan diberikan berbagai pertanyaan, mulai dari yang termudah hingga tersulit, yang kita ketahui dan tidak kita ketahui. Itulah keseruan bermain TTS, karena kita tidak cuman memutar otak untuk mengetahui jawabannya, namun kita juga bisa mendapatkan informasi baru, jika kita belum mengetahui jawabannya.

Jika kita tidak mengetahui jawaban dari TTS, pastinya kita akan berinisiatif sendiri mencari jawaban dari pertanyaan TTS tersebut, baik tanya kepada teman atau mencari jawabannya di mesin pencarian, seperti Google. Salah satu pertanyaan dari TTS yang juga sering keluar dalam semua seri TTS yang ada adalah mengenai apa istilah untuk "pertemuan untuk membicarakan sesuatu". Jika Anda tidak mengetahui jawabannya, berikut informasinya!

Istilah Pertemuan Untuk Membicarakan Sesuatu Disebut?

Istilah untuk pertemuan untuk membicarakan suatu hal adalah Rapat. Definisi rapat adalah melakukan suatu pertemuan dengan berkumpulnya minimal dua orang atau lebih untuk membahas suatu hal dan memutuskan suatu tujuan. Pengertian lain dari rapat adalah sebagai media untuk berkomunikasi antarmanusia minimal 2 orang atau lebih, contohnya seperti rapat antara pemimpin kantor dengan para staffnya.


Rapat dapat juga diartikan sebagai bentuk interaksi sosial dari suatu kelompok yang melakukan komunikasi yang sifatnya tatap muka, seperti yang banyak banyak dilakukan oleh beberapa organisasi, baik swasta maupun pemerintah. Rapat sering dijadikan sebagai sarana menyatukan pemikiran lebih dari satu orang atau kelompok guna melaksanakan urusan tertentu.

Pengertian lainnya mengenai rapat adalah kumpulan dari sekelompok orang yang umumnya bersifat formal dengan melibatkan empat orang atau lebih dengan tujuan untuk komunikasi, penetapan kebijakan, dan pengambilan keputusan. Tujuan diadakannya rapat adalah untuk mempertemukan orang yang mengikuti rapat (peserta rapat) secara langsung demi terjalinnya komunikasi antar peserta, serta peserta dapat langsung berkontribusi dalam pembicaraan.

Pembicaraan tersebut juga mencakup ide untuk menyelesaikan suatu masalah dan dapat langsung tersampaikan. Selain itu agar para peserta bisa langsung memahami permasalahan yang dihadapi atau dirundingkan, dan para peserta bisa berkontribusi dalam pencapaian tujuan tertentu.

Jenis-Jenis Rapat

Jenis-jenis rapat dapat dibedakan berdasarkan segi peninjauannya, yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Tujuannya

  • Rapat penjelasan, Rapat penjelasan yaitu, rapat yang dilaksanakan untuk memberikan penjelasan kepada para peserta rapat. Dalam rapat penjelasan peserta rapat tidak hanya mendengarkan penjelasan dari pemimpin rapat, tetapi juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.
  • Rapat pemecahan masalah, Rapat pemecahan masalah yaitu, rapat yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Pada rapat ini peran peserta sangat besar untuk memberikan masukan.
  • Rapat perundingan, Rapat perundingan yaitu, rapat yang dilakukan untuk merundingkan suatu perselisihan atau mencari jalan tengah agarvtidak merugikan pihak yang berselisih.

2. Menurut Sifatnya

  • Rapat resmi (formal meeting), yaitu yang di selenggarakan untuk membahas masalah-masalah yang sangat penting, dan berlaku peraturan keprotokolan yang mengatur kelancaran jalannya rapat.
  • Rapat tidak resmi (informal meeting), yaitu rapat yang diadakan tidak berdasarkan perencanaan yang formal. Rapat ini tidak memerlukan persiapan istimewa dan biasanya dilakukan untuk mendiskusikan suatu hal yang terjadi secara tiba-tiba.
  • Rapat terbuka, yaitu rapat yang dapat dihadiri oleh semua anggota informasi/perusahaan dan materi yang dibahas tidak bersifat rahasia.
  • Rapat tertutup, yaitu rapat yang dihadiri oleh peserta rapat tertentu dan masalah yang dibahas masalah yang bersifat rahasia.

3. Menurut Jangka Waktunya

  • Rapat mingguan, yaitu rapat yang diadakan seminggu sekali dan biasanya membahas masalah yang bersifat rutin.
  • Rapat bulanan, yaitu rapat yang diadakan sebulan sekali dan membahas masalah-masalah yang terjadi selama sebulan yang lalu.
  • Rapat semesteran, yaitu rapat yang diadakan setiap enam bulan sekali yang membahas masalah yang terjadi selama enam bulan yang lalu dan program-program selanjutnya untuk enam bulan kedepan.
  • Rapat tahunan, yaitu rapat yang diadakan setahun sekali. Contohnya rapat dewan komisaris.

4. Menurut Frekuensinya

  • Rapat rutin, yaitu rapat yang sudah ditentukan waktunya. Contohnya rapat rutin mingguan.
  • Rapat incidental, yaitu rapat yang tidak terjadwal. Biasanya rapat ini membahas masalah yang sifatnya penting dan mendadak yang harus di selesaikan bersama.

Referensi: 
http://kelompok6orang.blogspot.com/2015/11/mempersiapkan-pertemuan-rapat.html
loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah Pertemuan Untuk Membicarakan Sesuatu Disebut?"

Post a Comment