Loading...

Tanaman Pangan (Lengkap): Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

Dalam dunia pertanian, tanaman merupakan jenis organisme yang dapat dibudidayakan pada suatu media untuk dipanen dan diambil hasilnya pada masa ketika sudah mencapai tanap pertumbuhan tertentu, contohnya sudah muncul hasilnya. Hampir semua tanaman merupakan tumhuhan, tetapi dalam pengertian tanaman tercakup pula beberapa tumbuhan yang umumnya bisa dimakan.

Pengertian Tanaman Pangan

Tanaman pangan adalah tanaman yang menghasilkan produk yang mengandung karbohidrat dan protein utama sebagai sumber makanan pokok dan sumber energi manusia sehari-hari. Karena hampir semua manusia dunia, dasar makanan pokoknya adalah karbohidrat. Umumnya tanaman pangan adalah tanaman yang tumbuh dalam waktu semusim.

Ciri-Ciri Tanaman Pangan

Tanaman yang digunakan atau dijadikan makanan pokok harus dapat memenuhi karbohidrat atau protein dalam tubuh sebagai sumber tenaga, dan tanaman tersebut dikenal sebagai tanaman pangan. Beberapa jenis tanaman yangtergolong sebagai contoh tanaman pangan adalah tanaman serealia, misalnya padi, gandum, dan jagung, tanaman kacang-kacangan, misalnya kacang tanah, kedelai, dan kacang hijau, serta tanaman umbi-umbian, misalnya singkok, talas, dan ubi jalar.

Dari beberapa contoh tersebut dapat kita ketahui ciri-ciri dari tanaman pangan, yaitu sebagai berikut.
  • Dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh sebagai sumber tenaga.
  • Buah dan hasilnya dapat dimakan.
  • Rata-rata tanaman pangan merupakan tanaman semusim yang masa tumbuhnya singkat.
  • Dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.

Jenis Tanaman Pangan

Tanaman pangan dikelompokkan berdasarkan umurnya, yaitu tanaman semusim dan tanaman tahunan. Tanaman semusim adalah tanaman yang dipanan dalam satu musim tanam, yaitu antara 3-4 bulan, seperti jagung, dan kedelai atau antara 6-8 bulan seperti singkong. Tanaman tahunan adalah tanaman yang terus bertambah setelah bereproduksi atau menyelesaikan hidupnya dalam waktu lebih dari dua tahun, misalnya sukun dan sagu.


Tanaman pangan juga dibagi menjadi empat kelompok, yaitu serealia, kacang-kacangan, umbi-umbian, serta tanaman lainnya seperti sukun. Kelompok serealia dan kacang-kacangan menghasilkan biji sebagai produk hasil budai daya, sedangkan umbi-umbian menghasilkan batang atau umbi akar sebagai produk hasil budi daya.

a. Serealia

Serealia adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen dan dimanfaatkan bijinya atau sebagai sumber karbohidrat. Ciri-ciri dari jenis tanaman ini adalah produksinya diolah menjadi bahan makanan berkarbohidrat, dimanfaatkan bulirnya, dan dutanam di sawah yang luas.

Tanaman yang dapat digolongkan dalam serealia antara lain sebagai berikut.
  1. Padi (Oryza sativa), merupakan tanaman pangan yang pokok untuk kita saat ini dan masih menjadi pilihan yang utama bagi masyarakat Indonesia khusunya.
  2. Gandum (Triticum spp), merupakan salah satu alternatif dari tanaman yang berbentuk serealia jika suatu saat nanti di negara kita kekurangan beras.
  3. Sorgun (Sorghum bicolor), pada beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini sudah dikembangkan dengan teknologi baru. Sorgum adalah tanaman pengganti tanaman pokok dari tanaman pangan padi.

b. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah segala jenis tanaman penghasil kacang-kacangan yang di dalamnya terkandung karbohidrat dan protein. Tanaman kacang-kacangan yang sering kita konsumsi antara lain kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau.

Kacang-kacangan tidak menjadi makanan pangan utama karena produksi per-luas lahan jauh lebih sedikit sehingga menjadi lebih mahal dibandingkan serealia dan umbi. Maka kacang-kacangan menjadi makanan pangan tambahan saja.

c. Umbi-umbian

Tanaman pangan selanjutnya berasal dari jenis umbi-umbian. Tanaman umbi-umbian adalah tanaman yang ditanam untuk dipanen umbinya karena di dalam umbi terdapat kandungan karbohidrat untuk sumber nutrisi bagi tubuh. Tanaman umbi-umbian yang biasa dimanfaatkan manusia antara lain ubi kayu (singkong), ubi jalar (muntul), talas, wortel, kentang, ganyong, dan sebagainya.

d. Jenis Tanaman Lainnya

Selain ketiga jenis tanaman pangan yang telah disebutkan di atas, tanaman pangan juga ternyata ada yang terdapat di luar ketiga jenis tersebut, seperti sagu yang diambil batangnya dan sukun yang merupakan buah.

Tanaman pangan sukun dan sagu, dikonsumsi pada daerah seperti di Papua, mereka mengonsumsi sagu sebagai bahan pokok makanan utama. Tanaman pangan di Indonesia sangat beragam dan bergantung dari daerah yang ditempatinya.
loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanaman Pangan (Lengkap): Pengertian, Ciri, dan Jenisnya"

Post a Comment