Loading...

TTS: Perguruan Tinggi Tempat Mahasiswa Pernah Belajar

Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kita pernah mendengar atau melihat beberapa kata yang artinya tidak kita ketahui. Dalam bahasa Indonesia, banyak istilah-istilah yang belum banyak diketahui oleh sebagian masyarakat dan biasanya istilah tersebut sering kita dengar, tapi tidak kita ketahui artinya atau makna di dalamnya.

Salah satu kata atau istilah yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas adalah Almamater. Istilah tersebut sering kita temui dalam perguruan tinggi atau Universitas. Kata tersebyt mungkin sudah banyak yang mengetahui, tapi belum tahu arti dari kata almamater atau makna yang terkandung didalamnya.

Orang cenderung tahu kata Almamater, namun tidak tahu arti dari kata tersebut. Bahkan sebagian mahasiswa kurang mengetahui arti dari kata tersebut sebenarnya. Dan kata almamater identik dengan perguruan tinggi tempat mahasiswa belajar. Berikut pengertian almamater dan penjelasannya mengapa sampai bisa digunakan sebagai istilah yang berkaitan dengan perguruan tinggi.

Perguruan Tinggi Tempat Mahasiswa Pernah Belajar

Apa nama atau istilah untuk perguruan tinggi tempat mahasiswa pernah belajar? Jawabannya adalah  ALMAMATER Almamater merupakan istilah dalam bahasa latin yang memiliki arti secara harfiah "ibu susuan". Penggunaan kata almamater umumnya digunakan dan populer di kalangan akdemik atau pendidikan untuk menyebut suatu perguruan (universitas) tempat seorang pernah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan.

Walaupun cukup sering dipergunakan di kalangan pendidikan tinggi, istilah almamater sebenarnya pernah dipakai pada masa pemerintahan Romawi Kuno untuk menyebut seorang dewi ibu. Pada abad pertengahan, Kristen Eropa juga sering menggunakan istilah alma mater untuk merujuk ke Perawan Tua (Wikipedia.org)

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Almamater merupakan istilah untuk perguruan tinggi atau akademi tempat mahasiswa pernah belajar dan menyelesaikan pendidikannya. Almamater juga lebih condong ke baju kemeja yang digunakan oleh mahasiswa di perguruan tinggi.

infokampus.news

Lalu bagaimana sejarah istilah almamater bisa terbentuk?

Kata atau istilah almamater sebenarnya berasal dari masa Yunani Kuno, yang berasal dari kegiatan orang laki-laki di zaman tersebut yang digunakan untuk bertanya atau mempelajari hal kepada orang-orang pintar dan bijaksana. Kegiatan ini dinamakan, schola, skhole, atau scola yang mempunyai arti waktu luang yang digunakan secara khusus untuk kegiatan belajar.

Kemudian kegiatan masyarakat ini berkembang secara luas sehingga bukan lagi menjadi kebiasaan bagi masyarakay Yunani Kuno. Kegiatan scole banyak dilakukan oleh perempuan dan anak-anak pada zaman itu.

Mengapa Istilah Almamater Digunakan untuk Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi merupakan Almamater (Ibu Asuh) bagi seseorang yang pernah belajar di perguruan tinggi tersebut, yang tentunya memiliki kegiatan yang sangat luas di dalamnya. Perguruan tinggi memiliki segudang wawasan yang bisa di dapat jika belajar di perguruan tinggi tersebut, layaknya seorang Ibu.

Nah, itulah jawab mengenai pertanyaan Teka-Teki Silang (TTS) mengenai nama atau sitilah untuk perguruan tinggi tempat mahasiswa pernah belajar. Demikian artikel informasi yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TTS: Perguruan Tinggi Tempat Mahasiswa Pernah Belajar"

Post a Comment