TTS: Padang Rumput Yang Ada Pepohonannya

Padang rumput yg ada pepohonan didalamnya adalah SABANA, yang letaknya terdapat di gurun pasir atau padang pasir. Sabang biasanya dituliskan dengan SAVANA. Sabana sendiri emrupakan wilayah padang rumput yang banyak dipenuhi oleh semak-semak atau tanaman perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon tertentu yang bisa hidup di daerah kurang pasokan air, seperti akasia dna juga pohon palem.

SABANA banyak tersebar di berbagai wilayah di dunia, seperti di kawasan Australia, Afrika, dan juga Amerika Selatan. Salah satu penyebab utama dari munculnya ekosistem sabana adalah karena kurangnya curah hujan di wilayah tersebut sehingga tanaman yang bertahan hanya tanaman jenis tertentu, seperti rerumputan, perdu, dan beberapa jenis pohon tertentu yang bisa hidup di daerah kering.

Sabana memiliki iklim yang bisa disebut pertengahan, karena iklim yang ada di daerah sabana tidak terlampau kering sehingga tidak menjadi gurun pasir. Dan iklimnya juga tidak terlalu basah sehingga tidak berkembang menjadi hutan. Oleh karena itulah kenapa sabana menjadi habitat yang cocok untuk sebagian makhluk hidup, terutama yang hewan yang tidak terlalu suka tempat panas maupun basah.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Sabana

Sabana adalah padang rumput yang didalamnya dipenuhi dengan semak atau tanaman perdu dan juga diselingi dengan beberapa jenis pohon tertentu seperti pohon palem dan juga pohon akasia. Sabana merupakan sistem biotik atau komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup di antara daerah tropis dan subtropis.


Beberapa benua atau wilayah di belahan dunia yang memiliki padang sabana yang cukup luas diantaranya terdapat di benua Afrika, Amerika Selatan dna juga Australia. Faktor utama yang menjadi pendorong munculnya dataran sabana adalah kurangnya curah hujan di daerah tersebut, akibatnya sabana banyak ditumbuhi oleh tanaman rumput tropis. Iklan wilayah sabana, cenderung cukup stabil, maksudnya tidak terlalu kering seperti gurun pasir, dan tidak terlalu basah atau lembab seperti hutan.

Daerah sabana memiliki suhu udara yang cenderung tetap atau stabil setiap tahun, yaitu hangat. Akan tetapi, sabana juga memiliki dua musim yang berbeda pada setiap tahunnya, yaitu musim kering dan juga musim basah. Pada musim kering biasanya terjadi antara bulan Desember dan Februari (tidak ada hujan sama sekali). Sedangkan musim basah atau musim hujan biasanya terjadi pada bulan Mei.

Di beberapa negara di dunia, terdapat tipe musim yang berbeda-beda. Wilayah sabana yang cukup terkenal di dunia diantaranya adalah sabana yang terletak di Afrika Timur yang banyak ditumbuhi rerumputan, dan juga pohon-pohon akasia. Selain itu, sabana yang terdapat di afrika banyak dihuni oleh beberapa hewan, seperti Singa, Gajah, Jerapah, Zebra, dan Banteng.

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TTS: Padang Rumput Yang Ada Pepohonannya"

Post a Comment