Loading...

Provinsi Paling Barat di Pulau Jawa (Jawaban TTS)

Indonesia merupakan negara kepulauan yang cukup besar di dunia, karena terdapat lebih dari 17.504 Pulau di negara Indonesia, yang terdiri dari pulau besar dan pulau-pulau kecil. Pulau yang ada di Indonesia tersebut terbentang dari Sabang sampai Merauke dan setiap pulau yang dihuni memiliki suku yang berbeda-beda.

Pulau Indonesia yang cukup besar diantaranya Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Papua, Pulau Jawa, Pulau Bali, dan pulau-pulau kecil lainnya. Penyebaran penduduk di setiap pulau di Indonesia tidak merata, contohnya seperti penduduk di Pulau Kalimantan cukup sedikit dibandingkan dengan Pulau Jawa, walaupun dari luas lebih besar Pulau Kalimantan.

Pertumbuhan penduduk yang cukup padat ini membuat pemerintah memberlakukan kebijakan Transmigrasi, yaitu sebuah program yang dilakukan pemerintah untuk memindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduk ke wilayah yang tidak terlalu padat. Pemerintah Indonesia juga pernah mentransmigrasikan orang yang berada di Pulau Jawa ke Pulau di luar Jawa, seperti Pulau Kalimantan.

Pulau Jawa menjadi pulau paling padat di Indonesia, setidaknya lebih dari 140 juta jiwa penduduk yang berada di Pulau Jawa. Pulau Jawa sendiri terbagi ke dalam 5 provinsi, yaitu Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Lalu tahukan provinsi yang letaknya paling barat, paling utara, paling selatan, dan paling timur.

Nama Provinsi Paling Barat di Pulau Jawa

Provinsi paling barat di Pulau Jawa adalah Banten, provinsi paling timur adalah Jawa Timur, provinsi paling utara adalah DKI Jakarta, dan provinsi paling selatan adalah Jawa Timur. Di balik provinsi yang paling barat di Indonesia, Banten juga merupakan salah satu provinsi yang paling muda di Pulau Jawa.


Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa, yang dulunya adalah bagian dari Provinsi Jawa Barat. Banten resmi menjadi sebuah provinsi dan lepas dari provinsi Jawa Barat pada tahun 2000 berdasarkan keputusan Undang-Udang Nomor 23 Tahun 2000, dengan Ibu Kota Provinsi yaitu Kota Serang.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2000, banten memiliki luas wilayah 9.160,70 km². Provinsi Banten terdiri dari 4 Kota, 4 Kabupaten, 154 Kecamatan, 262 Kelurahan, dan 1.273 Desa. Provinsi banten merupakan provinsi dengan jalur laut yang strategis, karena Selat Sunda yang merupakan jalur laut potensial berada di Provinsi Banten.

Karena termasuk pulau paling barat di Pulau Jawa, Provinsi Banten menjadi provinsi penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Provinsi Banten juga merupakan provinsi yang memiliki banyak industri, terutama di Kota Tangerang yang menjadi wilayah penyangga bagi Jakarta.

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Provinsi Paling Barat di Pulau Jawa (Jawaban TTS)"

Post a Comment