Loading...

Niat Sholat Mayit Perempuan dan Laki-Laki

Niat sholat mayit - Semua yang ada di bumi ini, semuanya adalah milik Allah Swt. tidak terkecuali tubuh kita yang juga milik Allah dan suatu saat nanti kita akan kembali kepada pemiliknya yaitu Allah Swt. Saat nyawa kita terlepas dari tubuh kita, artinya kita telah meninggalkan segala kehidupan selam di dunia, dan ruh dan nyawa kita telah bersiap untuk menuju ke dunia yang abadi yaitu di alam barzah. Ruh kita akan berada di alam kubur dan menunggu sampai har kiamat.

Setiap muslim yang baik, ketika ada tetangga atau orang terdekat kita meninggal, sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk mengurusi jenazah atau mayyit tersebut. Mulai dari memandikannya, menyolati, mengkhafani, dan terakhir menguburkan jenazah. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sholat jenazah.

Baca: Tata Cara Memandikan Jenazah Yang Baik dan Benar

Ketika ada orang yang meninggal dunia, orang Islam yang mendengar wajib mengucapkan lafad Innalillahi wainnailaihi roji'un yang memiliki arti sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali. Sholat jenazay atau mayyit hukumnya fardu kifayah atau wajib dilakukan dengan bebarengan (bersama-sama).

Sholat Jenazah adalah sholat yang hukumnya fardhu kifayah dan merupakan sholat yang dilakukan dengan 4 kali takbir. Fardhu kifayah memiliki arti wajib dan ditujukan oleh orang banyak, namun jika sebagian muslim sudah melakukannya, maka kewajiban muslim lainnya telah gugur. Namun, jika seluruh kaum muslim tidak melakukan sholat jenazah atau meninggalkan sholat jenazah maka kaum muslim tersebut berdosa.


Dalam Sholat Jenazah, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah niat sholat, niat sholat jenazah sedikit berbeda untuk jenazah laki-laki dan juga jenazah perempuan. Selain itu sedikit perbedaan juga ada pada niat untuk imam shalat jenazah. Nah, berikut ini adalah niat sholat jenazah baik untuk laki-laki atau perempuan.

Niat Sholat Mayit (Jenazah) Perempuan

Berikut ini adalah niat sholat mayit untuk jenazah perempuan.


Arab Latin: USHOLLI 'ALAA HAADZIHIL MAYYITATI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya: "Saya niat shalat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala."

Niat Sholat Mayit (Jenazah) Laki-Laki

Berikut ini adalah niat sholat mayit untuk jenazah laki-laki.


Arab Latin: USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya: "Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala."

Note: Niat sholat mayit atau jenazah di atas merupakan bacaan niat ketika kita sholat jenazah sebagai makmum. Namun apabila kita melakukan sholat jenazah sebagai imam, maka lafadz "MA'MUUMAN" diganti dengan lafadz "IMAA'MAN. Berikut bacaan niat sholat jenazah sebagai imam untuk mayit atau jenazah laki-laki.

Niat Sholat Mayit (Jenazah) untuk Imam

Berikut ini adalah niat sholat mayit, jika Anda menjadi imam sholat (jenazah laki-laki).


Arab Latin: USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya: "Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah menjadi imam karena Allah Ta’ala."

Nah, itulah bacaan niat sholat mayit baik untuk jenazah laki-laki maupun perempuan lengkap dengan bacaan arab dan juga arab lati beserta artinya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menghafalkan lafadz bacaan sholat jenazah. Sekian dan terima kasih. Baca juga: Tata Cara Menyalatkan Jenazah yang Benar

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Niat Sholat Mayit Perempuan dan Laki-Laki"

Post a Comment