Loading...

Keunikan Pakaian Adat Bali (Wanita, Pria, dan Baju Resmi)

Indonesia merupakan sebuah negara dengan berbagai macam ragam, baik itu suku, etnis, ras dan juga budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Dan hal tersebut membuat Indonesia menjadi sebuah negara yang memiliki keragaman yang tidak terhingga dan hal tersebut yang membedakan Indonesia dengan negara lain. Oleh karena itu Indonesia memiliki semboyan "Bhinneka tunggal ika" yang memiliki arti Berbeda-beda tetapi tetap satu.

Indonesia yang memiliki banyak suku, adat-istiadat di setiap daerah, tentunya memiliki adat berpakaian yang unik di setiap daerah dan juga memiliki perbedaan pada bentuk pakaian yang digunakan. Pakaian adat sendiri merupakan sebuah bentuk untuk mempertahankan sebuah kebudayaan yang ada di setiap daerah dan juga melestarikannya, sehingga pakaian adat tersebut menjadi daya tarik bagi pada pendatang, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara.

Salah satu pakaian dari suku di Indonesia yang cukup terkenal hingga ke mancanegara dalah pakaian adat Bali. Pakaian bali cukup dikenal luas, tidak terlepas dengan pulau Bali yang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di dunia. Banyak negara-negara yang berkunjung ke Bali, hanya karena ingin melihat tempat wisata dan juga kebudayaan Bali. Oleh karena itu, kenapa banyak yang mengenal pakaian adat Bali.


Berikut ini adalah beberapa rangkuman informasi mengenai keunikan atau ciri khas pakaian adat Bali, baik yang digunakan oleh wanita bali, pria dan juga pakaian resmi yang digunakan untuk ritual keagamaaan di Bali.

Keunikan Pakaian Adat Bali Resmi

Pakaian adat Bali yang digunakan pada acara resmi, yang biasanya digunakan pada upacara keagamaan, baik wanita maupun pria pada umumnya menggunakan baju adat yang tidak memiliki penutup pada bagian baju dan juga pada bagian lengan, dan hal tersebut sering ditemui pada pakaian adat bali yang digunakan pada upacara penting.

Kaunikan Pakaian Adat Bali untuk Wanita

Pakaian adat bali yang digunakan oleh wanita Bali, biasanya memiliki keunikan ciri khas dengan menggunakan rambbut di sanggul, memakai kebaya kamen, bulang pasang, dan juga memakai selendang yang biasanya diikatkan dipinggang. Sedangkan dalam pakian lain, wanita bali juga menggunakan hiasan kepada yang berbentuk seperti mahkota ratu.

Keunikan Pakaian Adat Bali untuk Pria

Pakaian adat Bali yang digunakan oleh Pria memiliki keunikan atau ciri khas seperti menggunakan sebuah penutup kepala yang dinamakan dengan udeng. Sedangkan baju adat yang digunakan oleh laki-laki Bali biasanya berbentuk seperti jas berkerah dan juga biasanya menggunakan baju lainnya selama baju tersebut tetapi rapih. Selain itu, aksesoris lain dari pakian bali adalah menggunakan kamen, sapur, keris, dan juga sejenis selendang.

Selain keunikan pakaian bali di atas, terdapat aksesoris yang menjadi pelengkap dari pakian bali seperti aksesoris tambahan berupa bunga. Bunga yang dapat digunakan sebagai aksesoris pakaian Bali hanya bunga tertentu, seperti bunga cempaka kuning dan bunga cempaka putih, dan juga bunga kamboja. Untuk tambahan lainnya, biasanya orang bali menggunakan bija atay mebija yang diletakkan di kening.

Seluruh komponen pada pakaian Bali pada dasarnya melambangkan filosofi keagamaan, seperti pakaian adat bali sebagian besar menggunakan warna putih yang melambangkan kesucian, Kamen yang diikatkan dipinggang yang melingkar dari kiri ke kanan (melambangkan darma). Sedangkan pemakaian selendang yang biasanya dipakai wanita Bali memiliki makna bahwa wanita Bali harus ingat akan ajaran darma dan siap mendidik putra dan putrinya kelak agar patuh terhadap orang tua.

Nah, itulah beberapa gambaran mengenai keunikan pakaian bali beserta filosofinya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan menegenai keunikan baju adat bali dan semoga beramanfaat untuk Anda semua.

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keunikan Pakaian Adat Bali (Wanita, Pria, dan Baju Resmi)"

Post a Comment