Teknik Dasar Pencak Silat (Pukulan, Tendangan, Elakan, Tangkisan)

Pencak silat atau biasanya disingkat silat adalah seni bela diri tradisional asal Indonesia. Tidak cuman ada di Indonesia, pencak silat kemudian menyebar ke negara tetangga Indonesia mulai dari Malaysia, Singapura, Brunei, dan sebagian negara di wilayah Asia Tenggara lainnya. Bahkan, Pencak Silat sudah masuk ke dalam cabang olahraga dan pernah dipertandingkan dalam perebutan olimpiade Asean Games.

Sebagai cabang olahraga resmi, tentunya harus mempunyai induk olahraga. Induk organisasi yang menaungi pencak silat di Indonesia adalah IPSI atau Ikatan Pencask Silat Indonesia. Sedangkan induk organisasi yang mewadahi federasi pencak silat di beberapa negara, khususnya di Asia Tenggara adalah Persilat atau Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Dalam pencak silat, tentunya memiliki teknik dasar yang membangun beberapa gerakan dalam pencak silat. Teknik dasar dalam pencak silat diantaranya adalah pukulan, tendangan, elakan dan tangkisan. Beirkut penjelasan dari masing-masing teknik beserta macamnya.

1. Pukulan

Pukulan adalah berbagai macam teknik serangan yang dilakukan dengan menggunakan tangan sebagai komponennya. Dalam pertandingan pencak silat olahraga, teknik pukulan yang sering digunakan adalah pukulan depan, pukulan sengkol/bandul, pukulan tegak, pukulan samping dan pukulan lingkar. Berikut masing-masing penjelasan dari setiap pukulan.


a. Pukulan Depan/Lurus
Pukulan depan adalah pukulan yang dilakukan dengan lintasan lurus ke depan. Untuk mencapai hasil yang optimal, pukulan dapat dilakukan dengan bantuan pergerakan bahu putaran pinggang yang mendukung untuk pemindahan berat badan ke depan (tangan yang menyerang). Pukulan ini dapat dilakukan dalam dua sikap tubuh yang berbeda, yaitu sebagai berikut.

b. Pukulan Bandul/Sengkol
Pukulan bandul atau sengkol adalah pukulan yang dilakukan dengan posisi tangan ditekuk (90%) dan untuk lintasan pukul diayun dari bawah ke atas. Pukulan ini dapat dilakukan dengan posisi kaki yang bervariasi, baik dengan posisi kaki depan sejajar dengan tangan yang digunakan untuk menyerang maupun tidak.

c. Pukulan Samping
Pukulan samping adalah pukulan dengan menggunakan tangan yang dimulai dari samping dan arah lintasannya ke depan atau lurus. Cara melakukan pukulan depan adalah sebagai berikut.

d. Pukulan Tegak
Pukulan tegak dalam pencak silat adalah pukulan yang sasarannya adalah bahu atau sendi bahu bagian kanan (lawan yang dengan kita yang saling berhadapan, jadi sama saja dengan bahu sebelah kiri yang menjadi sasaran.

e. Pukulan Melingkar
Pukulan melingkar dalam pencak silat berikut adalah pukulan dengan sasaran pinggang lawan.

Baca: cara melakukan teknik pukulan dalam pencak silat

2. Tendangan

Dalam bela diri pencak silat, tendangan merupaka salah satu teknik yang dipakai ketika berhadapan dengan lawan dengan situasi jarak jauh. Dimana si pesilat menggunakan tungkai kaki dalam serangannya. Berikut beberapa teknik tendangan yang sering digunakan antara lain sebagai berikut.


a. Tendangan Lurus
Tendangan lurus adalah tendangan dengan lintasan lurus ke depan, sasaran adalah kemaluan lawan, atau perut lawan, serta pesilat bisa mengombinasikan tendangan ini dengan kombinasi lompatan. cara melakukan tendangan lurus adalah sebagai berikut.

b. Tendangan Sabit
Yang dimaksut dengan tendangan sabit pencak silat adalah tendangan pencak silat dengan lintasan kaki melengkung atau membentuk lintasan seperti sabit, dengan sasaran yang dituju adalah arah perut.

c. Tendangan T
Tendangan T dalam pencak silat merupakan jenis tendangan yang diperagakan posisi tubuh menyamping dan lintasan tendangan lurus ke samping. Bagian kaki yang digunakan adalah bagian tajam telapak kaki dan tumit. Beraneka ragam bentuk Variasi dalam pelaksanaanya diantaranya : T lompat, T gantung, T jepret.

d. Tendangan Belakang
Tendangan belakang Adalah merupakan tehnik tendangan yang dilakukan memutar tubuh dan sikap tubuh membelakangi lawan,dengan perkenaan pada telapak kaki atau tumit, sasaran yang dituju adalah perut lawan, bisa juga sasaran kepala.

e. Tendangan Jejag/Gejos
Tendangan gejos dalam pencak silat dilakukan dengan  mengangkat  lutut setinggi mungkin dan kemudian mendorong tungkai kedepan sasaran. sasaran yang dituju adalah perut lawan

Baca: cara melakukan teknik tendangan dalam pencak silat

3. Elakan

Elakan adalah sebuah gerakan menghindari pukulan lawan dengan mengelak, yaitu dengan memindahkan posisi tubuh dari arah pukulan atau tendangan. Keterampilan gerak elakan dalam pencak silat terdiri dari berbagai macam, diantaranya elakan bawah, elakan atas, elakan samping, dan elakan lurus atau berputar dalam posisi kuda-kuda. Untuk penjelasan mengenai elakan kita mulai dari elakan bawah.


a. Elakan atas
Elakan atas adalah teknik elakan atau menghindari serangan lawan dengan cara lompat ke atas menghindari serangan dari lawan yang biasanya datang dari bawah atau mengincar bagian kaki.

b. Elakan bawah
Elakan bawah adalah teknik elakan atau menghindari serangan lawan yang datang dari atas dengan cara menunduk dan lutut ditekuk tanpa memindahkan posisi kaki. Teknik ini untuk menghindari serangan yang biasanya menincar bagian kepada atau tubuh bagian atas.

c. Elakan Samping
Elakan samping adalah teknik elakan atau menghindari serangan lawan dengan cara menghindari ke bagian samping (kanan/kiri). Elakan ini biasanya digunakan jika lawan menyerang dari samping, dan mengincar bagian tubuh bagian samping.

d. Elakan berputar
Elakan berputar adalah teknik elakan atau menghindari serangan lawan dengan cara mencondongkan tubuh ke bagian belakang atau biasanya menghindari ke belakang dengan posisi berputar.

Baca: cara melakukan teknik elakan dalam pencak silat

4. Tangkisan

Tangkisan adalah usaha pembelaan yang dilakukan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan yang dilancarkan lawan. Tangkisan bertujuan langsung untuk hal-hal seperti mengalihkan serangan dari lintasan, dan membendung atau menahan serangan lawan jika terpaksa.


a. Tangkisan dalam
Takisan dalam pencak silat adalah mengontak langsung serangan dari lawan dengan cara menarik salah satu tangan dari depan keluar ke dalam dan sejajar dengan bahu.

b. Tangkisan luar
Tangkisan luar dalam pencak silat adalah mengontak langsung serangan lawan dengan cara menarik salah satu tangan dari dalam ke luar supaya serangan lawan bisa dipentalkan.

c. Tangkisan atas
Tangkisan atas dalam pencak silat adalah mengontak langsung serangan lawan dengan cara menarik salah satu tangan dari bawah ke atas sehingga kepala akan terlindungi dari serangan lawan.

d. Tangkisan bawah
Tangkisan bawah dalam pencak silat adalah mengontak langsung serangan lawan dengan cara menarik salah satu tangan dari atas ke bawah sehingga bisa melindungi badan bagian tengah dari serangan lawan.


Nah, itulah 4 teknik dasar dalam pencak silat yang paling utama atau paling penting, yaitu pukulan, tendangan, elakan dan juga tangkisan. Demikian artikel informasi yang dapat saya bagikan mengenai teknik dalam pencak silat dan semoga bermanfaat.

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Dasar Pencak Silat (Pukulan, Tendangan, Elakan, Tangkisan)"

Post a Comment