Jadwal Buka Puasa Hari Ini Ramadan 2019 (1440 H)

Jadwal Buka Puasa Hari Ini - Puasa di Bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Apabila meninggalkannya maka akan berdosa, kecuali oleh orang-orang yang dikecualikan. Seperti ibu hamil, wanita menyusui, orang tua jompo, dan sakit. Itupun harus menggantinya dengan membayar fidyah.

Ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini masuk ke dalam rukun islam. Sehingga menjadi umat islam tentunya wajib untuk menjalankannya. Ada banyak keutamaan yang didapatkan dalam menjalankan ibadah puasa. Salah satunya adalah menyegerakan buka menjadi salah satu sunnah yang bisa dilakukan di bulan suci ramadhan.

Nah untuk lebih jelasnya berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang puasa Ramadhan beserta jadwal buka puasa hari ini 2019. Kedua hal tersebut harus Anda ketahui sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan ibadah terbaik di bulan suci.

Penjelasan Puasa Ramadhan

Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan dilakukan pada saat sudah memasuki Bulan Ramadhan. Puasa tersebut dimulai sejak terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Salah satu sunnah dalam menjalankan puasa ramadhan adalah mengakhirkan sahur dan mengawalkan buka puasa. Oleh sebab itulah wajib bagi Anda untuk mengetahui jadwal buka puasa hari ini 2019.


Dengan mengetahui jadwal tersebut tentunya Anda bisa menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan dengan sempurna. Bisa mengetahui kapan waktu sholat pada awal waktu, kapan imsak dan lain sebagainya.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah [2]: 183).

Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al Baqarah [2]: 184).

Jadwal Buka Puasa Hari Ini 2019

Tidak disangka ternyata sebentar lagi bulan penuh berkah akan segera datang. Menurut Lembaga penerbangan dan antariksa nasional dengan aplikasi Accurate Hijri Calendar (AHC), menjelaskan bahwa secara hisab awal Ramadhan tahun ini 1440 H atau 2019 jatuh pada tanggal 6 Mei 2019.

Namun untuk kepastian kapan dimulainya ibadah puasa sebaiknya menunggu Sidang Isbat yang dilakukan oleh kementrian agama republik Indonesia. Atau jika Anda memiliki panutan dalam keyakinan yang Anda miliki, Anda bisa mengikutinya.

Berikut ini adalah cara melihat jadwal buka puasa di Kota Anda:

  • Selanjutnya akan muncul jadwal buka puasa, imsakiyah, dan lain sebagainya!

  • Selain itu, Anda juga bisa mendownload jadwal buka puasa tersebut ke dalam bentuk Excel dengan cara klik logo awan download disamping tombol pencarian.

Karena jadwal buka puasa di setiap daerah di Indonesia berbeda-beda, jadi silahkan gunakan cara diatas untuk melihat jadwal buka puasa dan imsakiyah di kota Anda.

Doa Niat Puasa Ramadhan

Saat melakukan ibadah puasa Ramadhan sebaiknya untuk tidak lupa mengucapkan niat berpuasa. Karena sesungguhnya ibadah seseorang akan dinilai berdasarkan niatnya. Adapun niat puasa Ramadhan sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum Anda tidur malam hari. Biasanya dilakukan secara bersama-sama usai melangsungkan ibadah sholat isya dan tarawih.

Niat Puasa Ramadhan
Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’ala
Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala

Doa Buka Puasa
Berbuka puasa merupakan cara mengakhiri ibadah berpuasa seharian penuh menahan haus dan lapar serta menahan diri untuk tidak melakukan perbuatan yang maksiat. Berbuka puasa ini harus Anda lakukan pada saat waktunya tiba. Akan lebih mulia apabila dilakukan dengan segera tanpa menunda-nunda.

Dalam berbuka puasa disunnahkan untuk mengawalinya dengan makanan yang manis seperti kurma. Kurma merupakan salah satu makanan yang selalu ada saat Nabi Berpuasa. Selain itu, sebaiknya tidak makan secara berlebih-lebihan karena Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa dengan kurma muda sebelum sholat Maghrib, jika tidak ada kurma muda maka dengan kurma matang, jika tidak ada maka beliau meminum beberapa teguk air.” [HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi, Ash-Shahihah: 2650]

Adapun doa berbuka puasa adalah sebagai berikut:
Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin
Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Selain doa di atas, ada juga hadist yang meriwayatkan doa berikut ini:
Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah
Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud: 2/306, No. 2357 dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678)

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai puasa Ramadhan dan jadwal buka puasa hari ini 2019. Masing-masing daerah memiliki jadwal yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi letaknya pada garis bujur yang menyebabkan perbedaan waktu. Oleh sebab itu, sesuaikan dengan jadwal sesuai dengan lokasi tempat tinggal Anda.

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadwal Buka Puasa Hari Ini Ramadan 2019 (1440 H)"

Post a Comment