Loading...

Ukuran Lapangan Badminton Standar Internasional

Ukuran Lapangan Badminton (Bulu Tangkis) - Bulu tangkis atau sering juga di sebut dengan badminton merupakan olahraga menggunakan raket pemukul yang di mainkan oleh satu orang (tunggal) atau dua orang berapsangan (ganda) yang saling berlawanan dalam sebuah lapangan yang terbagi oleh jaring Net.

Bulu tangkis memiliki game play atau cara bermain mirip seperti tenis meja, yaitu bertujuan memukul bola dan mencetak poin. Namun bedanya bulu tangkis atau badminton menggunakan Shuttlecock (kok) sebagai media yang dipukul yang sebagai besar terbuat dari bulu. Tujuan dari permainan badminton adalah memukul kok tersebut agar masuk atau jatuh ke area daerah lawan yang sudah ditentukan dan selain itu kita juga harus bisa mencegah lawan menjatuhkan kok ke daerah kita.

Baca: Taktik dan Strategi Dalam Permainan Ganda (Bulutangkis)

Di Indonesia sendiri, bulu tangkis atau badminton menjadi olahraga yang cukup digemari, apalagi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, prestasi Indonesia dalam cabang bulu tangkis di tingkat Internasional cukup menjanjikan dan beberapa pemain Indonesia baik ganda maupun tunggal bisa mengisi daftar 10 top bulu tangkis dunia. Dari dulu Indonesia banyak melahirkan pebulutangkis berbakat seperti Rudi Hartono, Susi Susanti, Liem Swie King dan masih banyak lagi.

Seperti halnya permainan dalam cabang olahraga lainnya, tentunya bulu tangkis mempunyai lapangan. Lapangan sendiri memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya suatu permainan olahraga, jadi permainan tidak akan pernah terjadi jika tidak memiliki tempat khusus untuk memainkanya.

 tangkis juga mempunyai lapangan dengan standart khusus yang sudah disesuaikan dengan kondisi, seperti lebar lapangan, panjang, tinggi net, batas pembatas lapangan dan lain sebagainya. Sejak menjadi olahraga yang populer, badminton atau bulu tangkis sudah menjadi olahraga tingkat internasional dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditentukanm, terutama dalam segi ukuran lapangan yang digunakan.

Bentuk Lapangan Badminton/Bulu Tangkis

Bentuk lapangan dalam permainan badminton atau bulu tangkis mempunyai bentuk persegi panjang dengan ukuran tertentu yang terbagi ke dalam dua bidang dan dibatasi oleh sebuah jaring Net yang membentang di tengah lapangan. Pada lapangan tersebut terbentang beberapa garis pada setiap bagian, yaitu garis servis depan, garis servis tengah, garis servis samping, dan garis servis belakang.

Baca juga: Strategi Menyerang Dalam Bulu Tangkis Nomor Ganda

Garis servis samping biasanya digunakan untuk permainan tunggal (sisi kiri dan kanan), dan garus servis belakang biasanya digunakan untuk permainan ganda. Garis pada lapangan badminton berukuran 40 mm bewarna putih dan ada sebagian juga yang bewarna kuning, selain itu mungkin tidak akan pernah di perbolehkan. Sedangkan untuk bahan lapangan badminton yang biasanya bewarna hijau terbuat dari karpet bahan sintetis yang tidak membuat licin peman.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis/Badminton

Ukuran lapangan bulu tangkis secara umum sudah ditentukan oleh Federasi Bulu Tangkis Internasional atau International Badminton Federation (IBF), sekarang bernama Badminton Word Federation (BWF).


Sedangkan untuk Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) juga menetapkan ukuran yang sama dengan IBF. Berikut standar ukuran lapangan badminton internasional.
  • Panjang lapangan badminton adalah 13,40 m
  • Lebar lapangan badminton adalah 6,10 m
  • Jarak garis servis depan dari garis net adalah 1,98 m 
  • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan adalah 3,05 m
  • Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan adalah 0,76 m
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan adalah 0,46 m
  • Tinggi tiang net adalah 1,55 m
  • Tinggi net adalah 1,52 m

Ukuran lapangan untuk nomor ganda (putra/putri dan campuran) tentunya saja berbeda dengan nomor tunggal. Sedangkan ukuran lapangan untuk nomor tunggal putra dan tunggal putri adalah sama. Berikut adalah standart ukuran lapangan pada nomor tunggal putra dan tungga putri menurut BWF adalah:
  • Panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter
  • Lebar lapangan bulu tangkis adalah 5,18 meter
  • Lebar lapangan permainan penerima servis adalah 2,59 meter

Sedangkan standart ukuran Lapangan menurut BWF untuk kategori nomor ganda, baik ganda putra/putri dan campuran adalah sebagai berikut.
  • Panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter
  • Lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 meter
  • Panjang dari lapangan permainan penerima servis adalah 3,96 meter
  • Lebar dari lapangan permainan penerima servis adalah 3,05 meter

Nah, itulah ukuran lapangan badminton atau bulu tangkis menurut standar Internasional yang sudah resmi ditentukan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai ukuran lapangan badminton atau bulu tangkis dan semoga bermanfaat.

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ukuran Lapangan Badminton Standar Internasional"

Post a Comment