Loading...

Tanggung Jawab, Peran, Hak dan Kewajiban Warga Negara

Peranan warga negara sebagai warga negara Indonesia - Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Kedua, Bangsa adalah orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarah serta berpemerintahan sendiri. Atau bisa juga diartikan sebagai kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu dimuka bumi. Jadi Bangsa Indonesia adalah sekelompok manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan menyatakan dirinya sebagai satu bangsa serta berproses di dalam satu wilayah Nusantara/Indonesia.

Negara adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang sama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengetahui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tersebut. Atau bisa diartikan sebagai satu perserikatan yang melaksanakan satu pemerintahan melalui hukum yang mengikat masyarakat dengan kekuasaan untuk memaksa bagi ketertiban sosial.

Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara

Keberadaan negara, seperti organisasi secara umum, adalah untuk memudahkan anggotanya (rakyat) mencapai tujuan bersama atau cita-citanya. Keinginan bersama ini dirumuskan dalam suatu dokumen yang disebut sebagai Konstitusi, termasuk di dalamnya terdapat nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh rakyat sebagai anggota negara. Sebagai dokumen tertinggi pada suatu negara. Karenannya dia juga mengatur bagaimana negara dikelola. Konstitusi di idnonesia disebut sebagai Undang-Undang Dasar.

Dalam bentuk modern negara terkait erat degan keinginan rakyat untuk mencapai kesejahteraan bersama dengan cara-cara demokratis. Bentuk paling kongkrit pertemuan negara dengan rakyat adalah pelayanan publik, yakni pelayanan yang diberikan negara pada rakyat. Terutama sesungguhnya adalah bagaimana negara memberi pelayanan kepada rakyat secara keseluruhan, fungsi pelayanan paling dasar adalah pemberian rasa aman. Negara menjalankan fungsi pelayanan keamanan bagi seluruh rakyat bila semua rakyat merasa bahwa tdak ada ancaman dalam kehidupannya. Dalam perkembangannya banyak negara memiliki keranjang layanan yang berbeda bagi warganya.


Berbagai keputusan harus dilakukan untuk mengikat seluruh warga negara, atau hukum, baik yang merupakan penjabaran atas hal-hal yang tidak jelas dalam Konstitusi maupun untuk menyesuaikan terhadap perkembangan zaman atau keinginan masyarakat, semua kebijakan ini tercantum dalam suatu Undang-Undang. Pengambilan keputusan dalam proses pembentukan Undang-Undang haruslah dilakukan secara demokratis, yakni menghormati hak tiap orang untuk terlibat dalam pembuatan keputusan yang akan mengikat mereka itu. Seperti juga dalam organisasi biasa, akan ada orang yang mengurusi kepentingan rakyat banyak. Dalam suatu negara moern, orang-orang yang mengurusi kehidupan rakyat banyak ini dipilih secara demokratis pula.

Hak Warga Negara Indonesia

Hak adalah segala sesuatu yang harus dan bisa didapatkan oleh setiap orang yang telah ada sejak lahir, bahkan sebelum lahir yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Hak sebagai warga negara yang bisa kita peroleh antara lain sebagai berikut:
  • Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum.
  • Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  • Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai.
  • Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran.
  • Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atas NKRI dari serangan musuh.
  • Setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tertulis sesuai undang-undang yang berlaku.

Nah, itulah beberapa hak bisa kita dapatkan sebagai warga negara yang baik. Selain bisa mendapatkan hak sesuai UUD 1945, kita juga harus menghindari pelanggaran hak dalam menjadi warga negara.

Kewajiban Warga Negara Indonesia

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Sebagai warga negara yang baik kita wajib membina dan melaksanakan hak dan kewajiban kita dengan tertib. Kewajiban warga negara Indonesia antara lain sebagai berikut:
  • Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh.
  • Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (penda).
  • Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum, dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya.
  • Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk, dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  • Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

Nah, itulah kewajiban setiap orang sebagai warga negara Indonesia yang baik. Kewajiban tersebut wajib untuk dilakukan guna menjadi warga negara Indonesia yang baik sesuai kewajiban warga negara yang termuat dalam UUD 1945.

Peran Warga Negara Indonesia

peran adalah suatu rangkaian perilaku yang diharapkan dari seseorang berdasarkan posisi sosial, baik secara formal maupun informal. Fungsi peran warga negara adalah agar seseorang/kelompok bisa membentuk tingkah laku yang diharapkan memiliki kedudukan di masyarakat. Peran sebagai warga negara diantaranya sebagai berikut:
  • Ikut berpartisipasi untuk mempengaruhi setiap proses pembuatan dan pelaksanaan kebijaksanaan publik oleh para pejabat atau lembaga-lembaga negara.
  • Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan.
  • Berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional.
  • Memberikan bantuan sosial, memberikan rehabilitasi sosial, dan melakukan pembinaan kepada fakir miskin.
  • Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.
  • Mengembangkan IPTEK yang dilandasi iman dan takwa.
  • Menciptakan kerukunan umat beragama.
  • Ikut serta dalam memajukan pendidikan nasional.
  • Mengubah budaya negatif yang dapat menghambat kemajuan bangsa.
  • Memelihara nilai-nilai positif seperti hidup rukun, gotong royong, dan lain-lain.
  • Mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara.
  • Menjaga keamanan bangsa dari segala macam ancaman.

Hak dan kewajiban warga negara, terutama kesadaran bela negara akan terwujud dalam sikap dan perilakunya bila ia dapat merasakan bahwa konsepsi demokrasi dan hak asasi manusia sungguh-sungguh merupakan suatu yang paling sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

Pembelaan negara adalah tekad, sikap dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan terhadap tanah air, serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara. Bagi warga negara Indonesia, upaya pembelaan dilandasi oleh kecintaan pada tanah tumpah darah yakni wilayah Nusantara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Di samping itu pula pembelaan negara juga didasari oleh kesadaran berbangsa dan bernegara, dengan menyakini Pancasila sebagai dasar negara serta UUD 1945 sebagai pijakan konstitusi negara.

Wujud dari upaya bela negara adalah kesiapan dan kerelaan warga negara untuk berkorban demi mempertahankan kedaulatan negara, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, keutuhan wilayah Nusantara dan yuridiksi nasional, serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Sekian dan semoga bermanfaat.

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanggung Jawab, Peran, Hak dan Kewajiban Warga Negara"

Post a Comment