Loading...

Pengertian Kesegaran Jasmani Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Kesegaran Jasmani - Dalam materi pelajaran penjaskes di sekolah pastinya akan diajarkan materi mengenai kesegaran jasmani dan kebugaran jasmani. Materi tersebut sama-sama mengajakan bagaimana agar tubuh menjadi sehat dan bugar, serta manfaat kebugaran/kesegaran jasmani bagi tubuh dalam kehidupan sehari-hari.

Walaupun memiliki pengertian atau definisi yang hampir sama, namun nyatanya memiliki makna yang berbeda. kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap pembebanan fisik yang diberikan. Sedangkan kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang dalam menjalankan tugasnya sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebih.

Baca: 5 Contoh Bentuk Tes Kebugaran Jasmani

Mungkin banyak yang sudah tahu mengenai kebugaran jasmani, namun masih belum mengerti apa itu kesegaran jasmani. Walaupun terlihat sama namun memiliki beda pengertian. Berikut pengertian lengkap mengenai kesegaran jasmani mulai dari pengertian secara umum, menurut para ahli, dan lainnya.


Pengertian Kesegaran Jasmani Secara Umum

Kesegaran Jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menunaikan tugasnya sehari-hari dengan mudah dan gampang tanpa adanya kelelahan yang berlebih, serta masih memiliki sisa cadangan tenaga untuk menikmati waktu sengangnya dan untuk keperluan mendadak lainnya.

Pengertian Kesegaran Jasmani Menurut KBBI

Kesegaran Jasmani menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdiri dari dua kata, yaitu Kesegaran yang berarti Keadaan segar, kenyamanan dan kesehatan. Sedangkan jasmani berarti tubuh atau badan yang sedang mengembangkan kekuatan jasmani. Jadi kebugaran jasmani adalah keadaan tubuh yang segar, sehat, dan nyaman dalam melakukan tugas sehari-hari tanpa merasalan kelelahan yang berlebih.

Pengertian Kesegaran Jasmani  Menurut Para Ahli

Berikut pengertian kesegaran jasmani menurut beberapa ahli:

1. Sadoso Sumosardjuno
Kesegaran Jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, serta masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keperluan-keperluan mendadak. (Sadoso Sumosardjuno, 1989 : 9)

2. Agus Mukhlolid
Kesegaran Jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan untuk melakukan kerja atau aktivitas, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan. (Agus Mukhlolid, M.Pd, 2004 : 3)

3. Sumosardjuno dan Giri Widjojo
Kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat-alat tubuh dalam batas fisiologi terhadap keadaan lingkungan atau kerja fisik secara efisien tanpa lelah berlebihan. (Suratman, 1975)

4. Dangsina Moelak
Kesegaran jasmani adalah kesanggupan dan kemauan tubuh melakukan penyesuaian adaptasi terhadap fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti (Dangsina Moelak, 1984 : 2)

5. Ichsan
Kesegaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk melaksanakan tugas sehari-hari dengan kesungguhan dan tnggung jawab, tanpa memiliki rasa lelah dan penuh semangat untuk menikmati penggunaan waktu luang dan menghadapi kemungkinan berbagai bahaya dimasa yang akan datang (Ichsan, 1988).

Pengertian Lainnya Mengenai Kebugaran Jasmani

Kesegaran jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang layak.

Baca juga: Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Contohnya

Jadi dapat disimpulkan bahwa kesegaran jasmani adalah sebagai kemampuan untuk menunaikan tugas dengan baik walaupun dalam keadaan sukar, dimana orang yang kesegaran jasmaninya kurang, tidak akan dapat melakukannya.

Nah, itulah pengertian mengenai kesegaran jasmani yang bisa Anda kutip salah satu atau semuanya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai kesegaran jasmani dan semoga bermanfaat untuk Anda.
loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kesegaran Jasmani Secara Umum dan Menurut Para Ahli"

Post a Comment