Pancasila dan Lambangnya Beserta Makna Pancasila

Sebagai rakyat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan dasar negara Pancasila? Pancasila merupakan ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila ini terdiri dari lima sila yang berisi prinsip-prinsip hidup atas asas.

Pancasila ini selain memiliki asas-asas di dalamnya juga terdapat lambang-lambang di dalam setiap silanya. Meskipun Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang seyogyanya harus dipahami oleh rakyat Indonesia. Namun masih ada saja yang belum mengerti makna Pancasila dan lambangnya.

Nah untuk membantu Anda memahami makna dari Pancasila beserta lambangnya, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai Pancasila dan lambangnya. Semoga dengan memahami makna Pancasila secara baik, bisa menjadi manusia yang lebih berbudi luhur sesuai dengan asas-asas yang terdapat di dalam Pancasila. Penasaran? Simak ulasan lengkap berikut ini!

Teks Pancasila
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Teks Pancasila di atas merupakan bunyi dari sila-sila yang terdapat di dalam Pancasila. Sila-sila tersebut dimulai dari sila satu yang berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa dan diakhiri sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila-sila tersebut menjadi landasan suci bangsa Indonesia sebagai pedoman hidupnya.

Lambang Pancasila dan Maknanya

Untuk bisa mengetahui Pancasila dan Lambangnya, Anda bisa menemukannya dalam lambang negara Indonesia yaitu burung garuda. Di dada burung garuda terdapat sebuah perisai yang memiliki makna sebagai pertahanan diri bangsa Indonesia.


Di dalam perisai ini terdapat beberapa gambar yang berlogokan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas. Setiap logo tersebut melambangkan sila-sila dalam Pancasila dan juga tersimpan sebuah makna di dalamnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini!

1. Sila Kesatu
Pada Pancasila dan lambangnya, sila ke satu dilambangkan dengan gambar bintang yang terang dengan latar belakang warna hitam. Simbol ini melambangkan sebagai cahaya rohani bagi seluruh umat manusia yang dipancarkan oleh Tuhan Semesta Alam.

Hal ini tentunya sesuai dengan bunyi sila kesatu,yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa". Warna hitam yang menjadi latar dari satu bintang yang terang tersebut merupakan gambaran dari alam dunia. Dimana atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang menjadikan sumber segala hal yang ada di dunia.

Di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alenia ke-4, lambang sila kesatu berbentuk bintang ini juga diartikan sebagai suatu cahaya yang menerangi dasar negara yang lima,sifat negara yang lima dan tujuan negara yang lima.

2. Sila Kedua
Sila kedua memiliki bunyi "kemanusiaan yang adil dan beradab". Sila kedua ini memiliki simbol berupa mata rantai emas yang berbentuk lingkaran dan persegi yang saling berkaitan.

Mata rantai yang dengan bentuk persegi atau segi empat merupakan lambang dari laki-laki, sementara untuk mata rantai dengan bentuk bulat memiliki makna perempuan. Dimana kedua mata rantai tersebut baik persegi maupun bulat saling berkaitan yang memiliki makna sebagai keterkaitan hubungan manusia satu sama lain yang saling membutuhkan.

Tidak ada yang lebih penting antara laki-laki maupun perempuan. Keduanya saling membutuhkan dan harus bersatu padu untuk bisa menjadi kuat ibarat rantai tersebut.

Dengan kata lain, dalam Pancasila dan lambangnya diartikan sebagai hubungan antar individu di masyarakat yang dilakukan secara adil dan beradab, sehingga secara keseluruhan menghasilkan sebuah hubungan yang lebih kuat dan saling menguatkan.

3. Sila ketiga
Pada sila ketiga ini dilambangkan dengan simbol pohon beringin yang memiliki sulur dan akar. Sila ketiga yang memiliki bunyi "Persatuan Indonesia" ini dilambangkan dengan pohon beringin sebagai salah satu pohon yang aman untuk berteduh.

Lambang pohon beringin ini merupakan gambaran bagi Indonesia bahwasanya Indonesia merupakan sebuah tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh rakyat Indonesia sekalipun rakyat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama.

Sulur dan akar pada pohon beringin tersebut melambangkan keberagaman suku yang ada di Indonesia. meskipun berbagai suku, ras, agama akan dinaungi oleh satu tempat yang disebut dengan Indonesia.

4. Sila Keempat
Sila keempat memiliki bunyi "kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan" yang dilambangkan dengan gambar kepala banteng. Banteng merupakan salah satu jenis hewan yang suka berkelompok atau bersosial dengan baik, sehingga dengan kelompok yang baik mampu memperkuat kelompoknya tersebut.

Nah begitu juga dengan rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia merupakan mahluk sosial yang senang bermusyawarah dan berkumpul untuk bermufakat dalam mengambil sebuah keputusan.

5. Sila Kelima
Sila kelima dalam Pancasila yang berbunyi "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia" lambangnya dilambangkan dengan gambar padi dan kapas dengan latar berwarna putih. Padi dan kapas ini melambangkan kebutuhan utama masyarakat di Indonesia tanpa melihat status sosial maupun kedudukan. 

Padi melambangkan makanan pokok sementara kapas adalah simbol sandang atau pakaian. Hal ini melambangkan persamaan sosial tanpa ada perbedaan dan kesenjangan sosial antara satu dengan lain.

Nah itulah penjelasan lengkap tentang Pancasila dan lambangnya. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda dalam memahami makna Pancasila secara jelas. Sehingga bisa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pancasila dan Lambangnya Beserta Makna Pancasila"

Post a Comment