Loading...

Niat Sholat Istikharah dan Tata Cara Sholat Istikharah

Niat Shalat Istikharah - Saat dihadapkan dengan berbagai masalah, terkadang manusia merasa bingung harus mengadukan permasalahannya kepada siapa. Merasa bingung, galau bagaimana cara untuk menyelesaikan masalahnya tersebut.

Bahkan rasanya ingin mati saja saat menemukan jalan buntu dalam setiap masalah yang dihadapi. Sudah berusaha mencoba jalan A namun tetap saja tidak menemukan titik temu. Mencoba cara lain pun tetap berakhir pada kondisi yang sama. Hingga rasa putus asa pun akhirnya menjelma.

Namun semua itu tidak akan pernah terjadi apabila dari awal anda menyerahkan masalah Anda kepada Ilahi Rabbi Tuhan Semesta Alam yang senantiasa memberikan petunjuk dan hidayah kepada setiap hamba-Nya. Allah salah menunjukkan jalan lain di luar nalar manusia yang terbatas karena Allah Maha Mengetahui segalanya.

Salah satu cara terbaik yang biasa dilakukan sebagai hamba yang sedang resah saat meminta pertolongan kepada Allah adalah dengan melakukan Sholat Istikharah. Sebenarnya Sholat Istikharah bisa digunakan untuk segala hal saat Anda merasa bingung menentukan sebuah pilihan. Namun seringnya, Sholat Istikharah ini digunakan pada saat merasa bingung menentukan jodoh.


Jika Anda hendak melaksanakan Sholat Istikharah, ketahuilah terlebih dahulu niat Sholat Istikharah, tata cara Sholat Istikharah dan panduan lengkap lainnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

Tata Cara Sholat Istikharah

Tata cara melakukan Sholat Istikharah sebenarnya sama dengan mengerjakan sholat sunnah lainnya. Hal ini dijelaskan oleh Sayyid Sabiq di dalam Fiqh Sunnah. Sholat Istikharah bisa dilakukan dengan sholat sunnah apa saja asalkan pada akhir sholat berdoa untuk memohon petunjuk kebaikan atas kegalauan yang dihadapi. Seperti yang tertuang dalam hadist shahih Bukhari:

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu 'anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan kami cara mengerjakan Sholat Istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Al Qur'an. Beliau bersabda: "Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan sholat dua rakaat selain sholat fardlu, lalu berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu… (dan seterusnya)…"

1. Niat
Niat Sholat Istikharah sebagian besar ulama menyatakan bahwa niat tempatnya pada hati. Di dalam Fiqih Manhaji Menurut Syaikh Mushtafa Al Bugha menjelaskan bahwa "tata cara niat harus melafalkan takbir sembari mengingat sholat apa yang hendak dikerjakan, fardlu ataupun sunnah."
Adapun niat Sholat Istikharah adalah sebagai berikut:

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: "Aku niat sholat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala".

2. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
3. Membaca surat Al Fatihah
4. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun
5. Ruku’ dengan tuma’ninah
6. I’tidal dengan tuma’ninah
7. Sujud dengan tuma’ninah
8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
11. Membaca surat Al Fatihah
12. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
13. Ruku’ dengan tuma’ninah
14. I’tidal dengan tuma’ninah
15. Sujud dengan tuma’ninah
16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
19. Salam.

Doa Sholat Istikharah

Seperti yang sudah dijelaskan bahwasanya Sholat Istikharah dilakukan untuk meminta petunjuk allah pada saat merasa kebingungan. Oleh karena itu, setelah melaksanakan sholat Istikharah sebaiknya adalah melakukan doa. Adapun doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.
Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Biasanya setelah melaksanakan Sholat Istikharah, Allah akan memberikan petunjuk atas apa pilihan yang terbaik dari masalah yang Anda hadapi. Bisa melalui mimpi, atau melalui kemantapan hati dalam menentukan sebuah pilihan. Namun untuk waktu pastinya tidak bisa diketahui kapan dan tepatnya.

Jika memang masih dirasa belum menemukan petunjuk, Anda bisa melakukan sholat Istikharah lagi. Karena sebaik-baik tempat berserah diri adalah kepada Allah. Semoga informasi mengenai niat Sholat Istikharah, tata cara sholat Istikharah serta doa Istikharah bermanfaat untuk Anda. Amin.

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Niat Sholat Istikharah dan Tata Cara Sholat Istikharah"

Post a Comment