Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi

Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi - Toleransi adalah sesuatu kewajiban multak atau tidak bisa di ganggu gugat dalam kehidupan sosial. Toleransi dalam kehidupan bersosial mempunyai hubungan yang sangat erat, pasalnya toleransi memberikan batasan-batasa terhadap manusia agar tidak berbuat seenaknya dimanapun, terutama dalam hal komunikasi dan perilaku.

Walaupun setiap manusia mempunyai hak asasi dari lahir, namun hak tersebut tak bisa digunakan sembatangan. Batas hak dari manusia adalah hak yang dimiliki orang lain, karena manusia mempunyai hak sama yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dengan demikian kita tidak boleh sembarangan menggunakan hak asasi kita kepada orang lain. Nah, dengan adanya toleransi, kita sebagai manusia akan bisa dipandang sebagai makhluk yang sopan dan mempunyai tata krama yang baik dimata orang lain.

Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi?

Alasan mengapa kita harus berperilaku toleransi terhadap orang lain karena itu merupakan hal untuk menghormati apa yang dilakukan orang lain dalam hal perbedaan, terutama dalam hal kepercayaan. Bagi orang Islam perilaku toleransi sudah diatur dalam kita suci Al-Qur'an dan wajib dilaksanakan kepada setiap insan manusia. Selain itu, toleransi merupakan salah satu dasar kehidupan yang sangat penting.

Projgirlspire.com

Tanpa adanya sikap toleransi di dalam masyarakat akan menimbulkan perpecahan serta tidak akan pernah menciptakan suatu kerukuan, keharmonisan, dan keseimbangan dalam hidup. Bahkan jika suatu bangsa masyarakatnya tidak memiliki sikap toleransi, hal yang pasti terjadi adalah perpecahan dalam elemen masyarakat, dan

Pentingnya Berperilaku Toleransi di Indonesia

Pada kenyataanya, Indonesia memiliki beragam kebudayaan, suku, dan agama yang lebih dari satu. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan bermacam keindahan yang cukup menarik, terutama bagi turis yang datang ke Indonesia. Tentunya dengan banyaknya turis yang datang ke Indonesia tersebut, akan membuat keuntungan bagi devisa negara.

Indonesia yang memiliki masyarakat majemuk ini, tentunya harus bersikap dewasa dalam menghadapi berbagai perbedaan dengan cara bersikap toleransi. Toleransi ini bermanfaat dalam mempersatukan dan mempertahankan ikatan dalam masyarakat yang dibatasi oleh dinding perbedaan. Tapi ada kalanya sebagian orang atau kelompok tidak menerapkan sikap toleransi kepada orang/kelompok lain, yang tentunya hal tersebut membuat merebaknya pola pikir masyarakat yang menyebabkan perilaku SARA.

Kurangnya sikap toleransi di dalam masyarakat Indonesia bisa menyebabkan berbagai hal, seperti toleransi, perselisihan, dan yang paling parah bisa menyebabkan peperangan antarsaudara. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Indonesia harus menjunjung tinggi semboyan "Bhineka Tunggal Ika" yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu juga.

Meskipun Indonesia terdiri dari berbagai suku, ras, budaya, dan agama yang berbeda-beda, namun yang pasti kita harus tetap bersatu agar tidak terpecah belah dengan perbedaan itu sendiri. Semua perbedaan-perbedaan tersebut hanya bisa dilakukan melalui sikap toleransi antarmasyarakat, sehingga bisa tercipta suatu persatuan dengan percampuran budaya yang ada.

Nah, itulah alasan mengapa kita harus berperilaku toleransi terhadap apapun dan dimanapun. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai perilaku toleransi dan smeoga bermanfaat untuk Anda.

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi"

Post a Comment