Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Zikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud - Sholat Tahajud merupakan sholat yang dilakukan pada malam hari  yang dikerjakan setelah kalian sholat isya. Sholat Tahajud sunnahnya dilakukan  sesudah tidur dan tahajud sendiri boleh dilakukan boleh tidak karena hukum Sholat Tahajud pada dasarnya adalah Sunnah.

Sholat Tahajud ini tidak dibatasi jumlah rakaatnya, akan tetapi minimal adalah 2 rakaat. Sholat Tahajud ini sangat berpengaruh besar jika Anda istiqomah dalam melakukannya. Tahajud sendiri memiliki beberapa faidah. Apalagi jika dilengkapi dengan dzikir dan doa sesudah Sholat Tahajud maka ibadah Anda akan jauh lebih sempurna.

Salah satu faedah yang bisa didapatkan ketika melaksanakan ibadah Sholat Tahajud adalah bisa mengisi kembali iman Anda atau meningkatkan iman. Karena Allah sendiri telah berfirman dalam surat Al Mudatsir:

"Sholatlah kalian pada malam hari karena sholat pada malam hari lebih berkesan dari pada siang hari karena siang hari kalian sibuk dengan urusan dunia kalian"

Hukum Sholat Tahajud

Untuk hukum Sholat Tahajud sendiri adalah Sunnah, bukan wajib jadi Anda tidak akan berdosa jika tidak melakukannya.  Perlu Anda bahwasanya ketahui Sholat Tahajud adalah sholat yang sangat dianjurkan nabi Muhammad SAW dan sangat di senangi apabila umatnya mau melakukan Sholat Tahajud.


Di dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim menjelaskan sebagai berikut:

Allah SWT akan turun setiap Malam ke Langit Dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah SWT berkata: "Siapa yang berdoa kepada-Ku maka Aku akan memperkenankan doa nya, siapa yang meminta kepada-Ku maka pasti akan Ku beri. Dan siapa yang meminta kepada ku ampunan, maka pasti akan aku ampuni" (Hadits Shahih Riwayat Bukhari 6321 dan Muslim 758)

Bacaan Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Bacaan dzikir dan doa sesudah Sholat Tahajud yang pendek dan ringan yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.
  • Dzikir tasbih : Subhanallah (maha suci Allah)
  • Dzikir takbir : Allahuakbar   (Allah Maha Besar)
  • Dzikir tahmid : Al hamdulillah (segala puji Allah)
  • Dzikir tahlil  : Laa ilaaha illaaahh (tiada tuhan selain Allah)
  • Dzikir istighfar : Astagfirullah hal adzim (aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung)
  • Dzikir sholawat Nabi Muhammad : Allahumma solli ala sayyidina muhammmad

Semua bacaan dzikir dan doa sesudah Sholat Tahajud di atas boleh Anda amalkan, baik 10 kali, 30 kali, 100 kali atau pun sebanyak banyaknya. Akan tetapi semua itu harus dilandasi dengan hati yang ikhlas. jika Anda membaca dzikir dan doa sesudah Sholat Tahajud itu dengan hati yang tidak ikhlas, maka semua itu akan sia sia. 

Doa Sesudah Sholat Tahajud

Sesudah Sholat Tahajud, sebenarnya Anda bisa memanjatkan doa apapun sesuai dengan keinginan Anda. Karena pada hakikatnya pada seperempat malam merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Adapun doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah selepas Sholat Tahajud adalah sebagai berikut:

Allaahumma Lakal Hamdu Anta Qayyimussamaa Waati Wal Ardi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Malikus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Nuurus Samaawaati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Antal Haqqu, Wa Wa’dukal Haqqu, Wa Liqaa’uka Haqqun, Wa Qauluka Haqqun, Wal Jannatu Haqqun, Wannaaru Haqqun, Wannabiyyuuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu ‘Alaihi Wasallama Haqqun Wassaa’atu Haqqun.

Allaahumma Laka Aslamtu, Wa Bika Aamantu, Wa ‘Alaika Tawakkaltu, Wa Ilaika Anabtu, Wa Bika Khaashamtu, Wa Ilaika Haakamtu, Faghfirlii Maa Qaddamtu, Wa Maa Akh-Khartu, Wa Maa Asrartu, Wa Maa A’lantu, Wa Maa Anta A’lamu Bihiminnii. Antal Muqaddimu, Wa Antal Mu’akhkhiru, Laa Ilaaha Illaa Anta, Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Artinya:
"Ya Allah.. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah yang Haq (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan.Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

Ya Allah.. Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada.Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh Sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah yang Maha Terdahulu dan Engkaulah yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan Tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Sholat Tahajud memiliki keistimewaan tersendiri bagi orang-orang tertentu yang bisa mengerjakannya. Semoga Anda termasuk orang yang diridhai Allah dan bisa menjalankannya dengan istiqomah. Amin. Baca juga: Niat Sholat Istikharah dan Tata Cara Sholat Istikharah

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud"

Post a Comment