Pengertian Senam Ritmik (Irama) dan Manfaat Senam Ritmik

Pengertian Senam Ritmik - Senam irama atau senam ritmik merupakan salah satu jenis senam yang banyak digemari karena mempunyai banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Kebugaran tubuh harus selalu dipelihara. Jika tubuh kita bugar, kesehatan pun akan terpelihara. Karena kesehatan merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang tak ternilai harganya, Musik, nyanyian, dan hitungan merupakan aspek dalam senam irama.

Pengertian Senam Ritmik (Senam Irama)

Senam ritmik disebut juga dengan senam irama karena seluruh gerakannya harus sesuai dengan irama yang mengiringi. Senam ritmik (irama) adalah rangkaian gerak senam yang dilakukan dengan gerakan langkah-langkah serta ayunan lengan dan sikap badan dengan diiringi suatu irama atau musik.


Senam ritmik merupakan gerakan senam yang diiringi dengan irama atau musik, jadi ritme-nya harus mengutamakan keindahan, kehalusan, keluwesan, dan keharmonisan gerak di samping ketepatan gerak terhadap irama pengiring itu sendiri. Senam irama atau ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu ataupun tidak. Alat yang sering digunakan dalam senam ritme adalah gada, tongkat, simpai, bola, dan pita. Senam ini juga bisa dilakukan baik secara perseorangan, berpasangan, ataupun beregu.

Baca juga:

Kita perlu menguasai gerakan pada senam irama atau ritmik agar mencapai gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani. Hal itu sesuai dengan tujuan senam itu sendiri, yaitu bermanfaat untuk membentuk keindahan tubuh, kebugaran, dan kekuatan. Melakukan senam secara rutin merupakan sebuah bentuk kesadaran kita dalam menjaga dan memelihara tubuh agar tetap sehat dan bugar.

5 Manfaat Senam Ritmik (Irama)

Secara lebih rinci, manfaat dari senam irama terutama bagi yang masih muda adalah sebagai berikut.
  1. Agar tubuh tetap sehat dan bugar.
  2. Bisa memperoleh bentuk badan dan sikap tubuh yang lebih baik.
  3. Bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus merupakan kegiatan yang bermanfaat.
  4. Sebagai usaha menyalurkan energi yang berlebihan dengan aktivitas yang positif.
  5. Mengurangi risiko terkena penyakit saat dewasa terutama penyakit jantung dan stroke.
Nah, itulah sedikit pengertian mengenai senam ritmik atau irama beserta manfaat dari senam ritmik itu sendiri. Demikian artikel yang dapat saya share mengenai materi penjaskes dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Senam Ritmik (Irama) dan Manfaat Senam Ritmik"

Post a Comment