Loading...

Mengapa Penegakan HAM itu Penting Dilakukan di Indonesia

Penegakan HAM di Indonesia - Pelanggaran HAM ini adalah bentuk nyata penyimpangan terhadap norma yang berlaku dalam masyarakat termasuk norma hukum, norma sosial juga bahkan norma agama.  Sejarah penegakann HAM di Indonesia sudah dilakukan pada masa Orde Lama, Orde Baru, dan masa Reformasi. Berikut masing-masing sejarahnya, beserta alasan mengapa penegakkan HAM di Indonesia perlu untuk dilakukan, dan usaha-usaha yang sudah dilakukan guna penegakkan HAM di Indonesia.

Pasa masa Orde Lama, gagasan megenai perlunya HAM selanjutnya berkembag dalam sidag BPUPKI. Tokoh yang gigih membela agar HAM diatur secara luas dalam UUD 1945 dalam sidang itu adalah Mohammad Hatta dan Mohammad Sukiman. Tetapi, upaya mereka kurang berhasil. Hanya sedikit nilai-nilai HAM yang diatur dalam UUD 1945. Sementara itu, secara menyeluruh HAM diatur dalam Konstitusi RIS dan UUDs 1950.

Pada masa Orde Baru, pelanggaran HAM pada masa Orde Baru mencapai puncaknya. Ini terjadi terutama karena HAM dianggap sebagai paham liberal (Barat) yag bertentangan dengan budaya timur dan Pancasila. Karea itu, HAM hanya diakui secara sangat minimal. Komisi Hak Asasi Manusia dibentuk pada tahun 1993. Namun, komisi tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik karena kondisi politik. Berbagai pelanggaran HAM terus terjadi, bahkan disinyalir terjadi pula berbagai pelanggaran HAM berat. Hal itu akhirnya mendorong munculnya gerakan reformasi untuk mengakhiri kekuasaa orde baru.

Pada masa Reformasi, masalah penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia telah menjadi tekad dan komitmen yag kuat dari segenap komponen bangsa terutama pada era reformasi sekarang ini. Kemajuan itu ditandai dengan membaiknya iklim kebebasan dan lahirnya berbagai dokumen HAM yang lebih baik. Dokumen itu meliputi UUD 1945 hasil amandemen, Tap MPR No. XVII/MPR/1998 tentang Hak Asasi Manusia, UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, dan UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia.


Mengapa Penegakan HAM itu Penting Dilakukan di Indonesia

Penegakkan HAM di Indonesia penting untuk dilakukan karena upaya tersebut dapat  mengurangi atau menghilangkan kemungkinan terjadinya pelanggaran HAM yang tidak diinginkan di masa depan, sekaligus mengkorektif kasus-kasus pelanggara HAM yang sudah terjadi di Indonesia.

Selain dapat meminimalisir dan mencegah sebanyak mungkin pelanggaran HAM di  Indonesia. Alasan mengapa penegakan HAM sangat peting adalah karena hal tersebut sejalan dengan nilai yang terkandung dalam Pacasila, dan demi menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Penegakkan HAM di Indonesia sangat penting, karena sebagai upaya dalam mewujudka cita-cita bangsa Indonesia, denga tujuan agar rakyat dapat hidup dalam kedamaian, ketentaram, keadilan, dan kesejahteraan.

Usaha-Usaha Penegakan HAM di Indonesia

Pelanggaran dapat dilakukan oleh lembaga publik terhadap aparat negara atau pemerintah, sedangkan pelanggaran Hak Asasi Manusia oleh masyarakat atau warga negara dapat dilakukan oleh peroranga atau kelompok orang terhadap seseorang. Kekerasan massal, perkelahian antara kelompok masyarakat, aksi penjarahan dan pembakaran, perusakan, teror, ancaman, perilaku, anarki, dan konflik antarkelompok bangsa merupakan bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia oleh masyarakat.

Pelanggaran Hak Asasi Manusia oleh masyarakat ini pada umumnya tidak kalah keras dan kejam atau bahkan lebih membahayakan kehidupan berbangsa daripada pelanggaran dari pihak penyelenggara negara. Pelanggaran oleh masyarakat mudah meluas dan meningkat sehingga makin sulit menyelesaikannya. Usaha penegakan HAM di Indonesia telah dilakukan dengan pembentukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan juga pengadilan HAM yang berada di tingkat kabupaten/kota.

Nah, itulah sejarah penegaka HAM di Indonesia, beserta mengapa penegakan ham itu penting dilakukan di indonesia, dan juga usaha yang dilakukan pemerintah untuk menegakan HAM di Indonesia. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai penegakan HAM di Indonesia, sekian dan semoga bermanfaat.
loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Penegakan HAM itu Penting Dilakukan di Indonesia"

Post a Comment