Loading...

Innallaha ma'ashobirin Bahasa Arab dan Artinya

Innallaha ma ashobirin - Berbicara mengenai sabar, pastinya cukup sulit untuk melakukannya, apa lagi jika kita tertimpa atau dihadapkan dengan ujian berat yang berturut-turut, pastinya akan menguras kesabaran kita.Tapi percayalah, ketika kita berusaha lebih sabar lagi walaupun itu sedikit saja, sudah dipastikan bahwa kita akan mendapatkan nikmat yang teramat indah dari hasil kesabaran kita.

Kesabaran merupakanh salah satu ciri mendasar bagi orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa kesabaran merupakan setengahnya keimanan seseorang. Sabar memiliki kaitan yang tidak bisa dipisahkan dari keimanan seseorang, karena kaitan antara sabar dengan iman seperti kepala dengan jasadnya. Tidak ada yang namanya keimanan yang tidak disertai kesabaran, sebagaimana juga tidak ada jasad yang tidak memiliki kepala.


Sabar juga memiliki dimensi untuk merubah sebuah kondisi, baik yang bersifat pribadi maupun sosial, menuju perbaikan agar ke depannya lebih baik dan baik lagi. Bahkan seseorang dikatakan dapat dikatakan tidak sabar, jika ia menerima kondisi buruk, pasrah dan menyerah begitu saja. Sabar dalam ibadah diimplementasikan dalam bentuk melawan dan memaksa diri untuk bangkit dari tempat tidur, kemudian berwudhu lalu berjalan menuju masjid dan malaksanakan shalat secara berjamaah. Berikut pengertian sabar secara umum, dan menurut para ahli!

Pengertian Sabar

Secara bahasa sabar berarti menahan dan mengekang. Sedangkan secara istilah sabar adalah menahan diri dari segala sesuatu yang tidak di sukai karena mengharap ridha Allah Swt. Sabar dalam hal ini berarti menahan dan mengekang diri dari memperturutkan hawa nafsu.

Sedangkan pengertian sabra menurut Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, "Sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, menahannya dari perbuatan maksiat kepada Allah, serta menjaganya dari perasaan dan sikap marah dalam menghadapi takdir Allah"

Dari pendapat di atass dapat ditarik kesimpulan bahwa sabar adalah "menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari berbuat dosa dan sebagainya". Sabar dalam agama Islam identik dengan penggalan ayat "innallaha ma'ashobirin", lalu apa arti penggalan ayat Al-Quran tersebut? dan terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia. Berikut artinya!

Innallaha ma'ashobirin arab dan artinya

Innalaha ma'asshobirin (إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ) dalam bahasa Arab mempunyai arti "Sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar". Innalaha ma'asshobirin sendiri termasuk penggalan dari salah satu ayat Al-Quran dalam surah Al-Baqarah ayat 153. Yang bunyinya :
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 153

Wahai sekalian orang-orang yang beriman, Mintalah bantuan dari Allah dalam seluruh urusan kalian dengan bersabar dalam menghadapi berbagai bala dan musibah, dan  bersabar dalam meninggalkan maksiat-maksiat dan dosa-dosa ,serta bersabar dalam menjalankan ketaatan dan ibadah-ibadah serta amalan yang mendekatkan kepada Allah, dan dengan shalat yang menyebabkan jiwa-jiwa menjadi tentram, serta dapat menahan diri dari perbuatan keji dan munkar. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar dengan pertolongan Nya,  Taufik dan tuntunan Nya kepada jalan yang lurus.

Dalam ayat ini terdapat dalil penetapan “Ma’iyyah” (kebersamaan) Allah yang khusus bagi kaum Mukminin, yang mendatangkan apa yang telah disebutkan. Adapun “ma’iyyah” (kebersamaan) yang bersifat umum yang bermakna mengetahui dan meliputi, maka itu berlaku umum pada semua makhluk. (Source tafsir: https://tafsirweb.com/620-surat-al-baqarah-ayat-153.html)

Dalam menghadapi segala macam permasalahan dalam hidup, selalu mintalah pertolongan hanya kepada Allah SWT. Karena Allah Swt. selalu meminta kita untuk menghadapi berbagai masalah tersebut dengan sabar dan melakukan shalat, karena sesungguhnya orang yang selalu bersabar dan selalu melakukan shalat termasuk orang-orang yang beruntung, dan Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar.

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Innallaha ma'ashobirin Bahasa Arab dan Artinya"

Post a Comment