Teknik Dasar Bola Voli (Servis, Passing, Smash, Blocking)

Teknik Dasar Permainan Bola Voli - Permainan bola voli ini dipopulerkan pada tahun 1895. Pencipta bola voli adalah William G Morgan. Awalnya permainan ini diberi nama Minitonette namun kini lebih dikenal dengan nama Volley Ball atau bola Voli.

Permainan bola voli merupakan kombinasi dari 4 permainan bola besar, yaitu permainan handball atau bola tangan, baseball, tenis dan bola basket. Pencipta bola voli dan sosok yang menciptakan permainan bola voli ini adalah William G Morgan. Olahraga ini diciptakannya setelah dia bertemu dengan James Naismith (pencipta bola basket).

Baca: Sejarah Permainan Bola Voli dan Pencipta Bola Voli

Dalam melakukan permainan bola voli secara umum akan ditemui 4 teknik dasar bola voli yaitu service, passing, blocking dan melakukan smash. Jika Anda menguasai 4 teknik tersebut maka Anda bisa menjadi pemain bola voli yang handal. Berikut penjelasan mengenai 4 teknik dasar bola voli beserta cara melakukan teknik servis, passing, smash, dan block.

1. Teknik Servis Bola Voli (Atas, Bawah, dan Menyamping)

Servis merupakan suatu upaya seorang pemain untuk menyeberangkan bola melewati atas net dari luar garis belakang lapangan dan merupakan awalan dari suatu serangan. Servis dapat dilakukan dari atas maupun bawah ataupun dari posisi menyamping. Berikut langkah-langkah melakukan teknik servis atas, bawah dan menyampung.


a. Servis Atas
Cara melakukan servis atas adalah sebagai berikut.
  • Berdiri tegap dengan posisi melangkah menghadap jaring.
  • Lambungkan bola lurus ke atas menggunakan tangan kiri kurang lebih 60 cm di atas depan kepala dan pandangan dipusatkan pada bola.
  • Ayunkan lengan kanan dari belakang ke atas, kemudian ke depan secara serentak.
  • Pukul bola menggunakan telapak tangan.
  • Gerakan lanjutan ke depan bagi tangan yang memukul diikuti dengan melangkahkan kaki yang berada di belakang.
Adakalanya pemain tidak berhasil melakukan servis atas karena adanya beberapa kesalahan, yaitu sikap badan kaku, kedua kaki sejajar dan tidak terbuka, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun ke belakang, serta tidak diikuti gerakan lanjutan.

b. Service Bawah
Cara melakukan servis bawah adalah sebagai berikut.
  • Berdiri agak membungkuk dengan posisi kaki melangkah menghadap ke jaring net.
  • Tangan kiri memegang bola di bawah depan badan dan badan sedikit bungkuk.
  • Lambungkan bola menggunakan tangan kiri kurang lebih setinggi 30 cm, bersamaan dengan itu tangan kanan memukul dengan gerakan mengayun dari belakang bawah ke depan hingga bola melayang melewati atas net/jaring.
Adakalanya pemain tidak berhasil melakukan servis bawah karena adanya beberapa kesalahan, seperti sikap badan kaki, kedua kaki sejajar dan tidak ditekuk, badan kurang membungkuk, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun ke belakang, serta tidak diikuti gerakan lanjutan.

c. Servis Menyamping
Cara melakukan servis menyamping adalah sebagai berikut.
  • Posisi kedua kaki seikit dibuka menyamping ke arah net/jaring.
  • Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan siap untuk memukul.
  • Lambungkan bola ke atas oleh tangan kiri di atas bahu, bersamaan dengan gerakan itu ayunkan lengan/tangan yang akan memukul.
  • Pukul dari samping ke belakang dengan telapak tangan terbuka mengarah ke bola.
  • Setelah melakukan servis dilanjutkan dengan gerak lanjut dari tangan pukul yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya.

2. Teknik Passing Bola Voli (Atas dan Bawah)

Passing adalah gerakan menerima bola dari lawan. Passing dibagi menjadi dua jenis yakni passing bawah yang menggunakan lengan untuk menerima bola, dan pasing atas yang menerima bola menggunakan kekuatan jari-jari untuk menerima dan mengontrol bola. Berikut cara melakukan passing atas dan bawah yang benar dalam permainan bola voli.


a. Passing Atas
Cara melakukan Passing atas adalah sebagai berikut
  • Berdiri seimbang dengan tumpuan dua kaki dan salah satu kaki di depan.
  • Pandangan diarahkan pada bola dan badan sedikit condong ke depan.
  • Kedua tangan terbuka di atas kepada dengan siku bengkok ke samping.
  • Dorong bola ke atas dengan menggunakan pangkal jari-jari tangan diikuti dengan gerakan meluruskan kedua siku dan kedua lutut sehingga badan lurus.
  • Sikap akhir merupakan  gerak lanjut dari kedua lengan diikuti oleh anggota tubuh lainnya.
Kesalahan: Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan saat melakukan passing atas adalah sikap kaku, berdiri tidak seimbang karena kedua kaki tidak dibuka dan sejajar, lutut tidak ditekuk, kedua lengan tidak berada di atas depan kepala, perkenaan bola tidak pada jari-jari tangan, dorongan tidak bersamaan pada saat meluruskan siku dan lutut, serta tidak diikuti gerak lanjutan.

b. Passing Bawah
Cara melakukan Passing bawah adalah sebagai berikut.
  • Berdiri seimbang dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, serta badan agak condong ke depan.
  • Kedua lengan dirapatkan dan lurus ke depan bawah.
  • Ayunkan kedua lengan secara bersama-sama lurus ke atas depan bersamaan dengan meluruskan kedua lutut.
  • Perkenaan pada kedua tangan.
  • Sikap akhir adanya gerak alnjut dari lengan yang diikuti anggota tubuh lainnya.
Kesalahan: Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan saat melakukan Passing bawah adalah sikap badan kaku, berdiri tidak seimbang karena kedua kaki tidak dibuka, lutut tidak ditekuk, kedua lengan kurang rapat, ayunan lengan dan meluruskan lutut tidak bersamaan, perkenaan bola tidak pada kedua tangan, serta tidak diikuti gerak lanjutan.

3. Teknik Smash Bola Voli

Smash dalam permainan bola voli adalah suatu usaha memukul bola untuk melakukan serangan keras yang ditujukan pada pertahanan lawan. Dalam melakukan Smash juga tidak asal-asaln, dibutukan cara yang benar agar smash bisa akuran dan menemui sasaran.


Berikut cara melakukan keterampilan smash dalam permainan bola voli yang baik dan benar.
  • Berdiri menghadap net/jaring dengan jaran 2-3 langkah.
  • Ambil awalan dengan langkah lebar dan datar, kemudian kedua lengan diayunkan ke belakang dan pandangan tertuju ke arah bola.
  • Lakukan tolakan dengan menekuk kedua lutut, kemudian lanjutkan dengan loncatan.
  • Ayunkan lengan yang akan memukul ke depan dan punggung melenting ke belakang.
  • Bola dipukul dengan lengan terjulur, telapak tangan terbuka, dan menaungi bola dengan melecutkan pergelangan tangan.
  • Lakukan pendaratan dengan menapakkan kedua kaki secara bersamaan dan lutut mengeper.

4. Teknik Blocking Bola Voli

Bendungan dalam permainan bola voli disebut dengan istilah "Block", yaitu upaya mengagalkan serangan (smash) dari pihak lawan dengan cara membendung bola dia atas jaring sambil melompat. Blocking dapat dibedakan menjadi blocking tangan aktif dan pasif. Dalam sebuah permainan, Blocking dapat dilakukan oleh satu orang, dua orang, atau tiga orang.


Hal tersebu tergantung pada kuat atau tidaknya serangan (smash) dari lawan. Untuk dapat memenangkan pertandingan, sebuah tim harus dapat bekerja sama dengan baik. Apabila sebuah smash terlalu kuat dan salah satu pemain berusaha melakukan blocking tetapi belum berhasil, pemain yang lain harus bisa bergerak cepat dan tepat untuk melanjutkan blocking. Cara melakukan Blocking aktif dalam Bola Voli yang benar adalah sebagai berikut:

a. Tahap pertama adalah tahap bergerak menuju posisi Block
Pemain melangkah ke sisi untuk mengambil posisi lompat yang baik. Bagian sebelah atas menghadap net, kedua lengan ditekuk sedikit dan diletakkan di depan tubuh. Telapak kedua tangan menghadap ke net.

b. Tahap kedua adalah tahap melompat
Pemain berdiri kira-kira setengah meter dari net dengan kedua kaki sedikit ditekuk. Dan posisi ini, pemain melakukan lompatan. Kedua lengan tetap pada posisi semula, ditekuk sedikit dan berada di depan tubuh. Jari-jari dibeberkan. Melompat dilakukan dengan meluruskan kedua kaki dan mengayunkan kedua lengan ke atas pada waktu yang bersamaan.

c. Tahap ketiga adalah tahap sentuhan dengan bola
Saat terjadi kontak dengan bola, semua jari tengan dibeberkan lebar-lebar. Jari-jari tangan harus kaku dan tegang. Kedua tangan diletakkan sedekat mungkin, sehingga bila tidak akan menyelinap di antara kedua tangan. Pada permainan block pasif, tubuh dan lengan tetap lurus ke atas. Block pasif cocok untuk pemain yang bertubuh kecil dan pendek. Pemain yang bertubuh pendek tidak mampu melakukan block aktif karena tidak dapat menjangkau tinggi-tinggi. Pada permainan block aktif, kedua tangan menekan bola ke arah lawan sejauh dan setinggi mungkin dari net.

d. Tahap keempat adalah tahap mendarat
Setelah kontak dengan bola, secepat mungkin mendarat. Lengan digerakan ke atas dan ke belakang secepatnya agar tidak menyentuh net. Pemain memutar tubuhnya sesuai dengan arah pukulan bola. Setelah mendarat segera mengambil posisi yang baru.

5. Peraturan Dalam Permainan Bola Voli

 Dalam permainan bola voli juga mengenai peraturan, untuk apa saja peraturan daam permainan bola voli bisa dilihat dibawah ini.
  1. Setiap tim pemain berhak untuk memainkan bola sebanyak-banyaknya tiga kali
  2. Permainan tidak boleh memainkan bola lebih dari satu kali secara berturut-turut (harus dioper pada yang lain)
  3. Poin diberikan setiap kali tim memenangkan permainan
  4. Jika tim yang melakukan servis gagal mengembalikan bola, maka lawan berhak melakukan servis
  5. Bola hidup ketika mulai dipukulnya servis ball hingga bola jatuh menyentuh tanah
  6. Bola dinyatakan masuk apabila bola jatuh dalam daerah garis lapangan atau tepat pada garis lapangan area lawan.
Note: Untuk lebih lengkapnya mengenai peraturan permainan bola voli bisa baca: peraturan-peraturan dalam permainan bola voli

Namun tidak hanya pemain yang handal saja untuk bisa memenangkan sebuah kompetisi bola voli. Dibutuhkan kekompakan dan kerjasama antar tim agar bisa memenangkan pertandingan. Anda tidak bisa mementingkan ego sendiri untuk bisa tampil menjadi pemain yang terbaik. Tanpa adanya kerjasama, anda tidak mungkin bisa memenangkan pertandingan.

Dengan kerjasama tim yang baik beserta kemampuan pemain yang handal maka kemenangan bisa Anda raih dengan mudah. Apalagi  jika ditambah dengan sorak sorai pendukung maka tentu saja akan menambah semangat yang membara dalam dada untuk bisa memenangkan permainan ini.

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Dasar Bola Voli (Servis, Passing, Smash, Blocking)"

Post a Comment