Loading...

Pencipta Bola Voli dan Sejarah Perkembangan Bola Voli

Pencipta Bola Voli - Tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan permainan bola Voli? Permainan yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim terdiri dari 6 orang ini cukup menjadi salah satu olahraga yang populer di tengah masyarakat.

Permainan bola voli ini dipopulerkan pada tahun 1895. Pencipta bola voli adalah William G Morgan. Awalnya permainan ini diberi nama Minitonette namun kini lebih dikenal dengan nama Volley Ball atau bola Voli. Nah, untuk mengenal lebih jauh bagaimana sejarah perkembangan bola Voli dan sosok dibalik pencipta bola voli, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini!

Sejarah Perkembangan Permainan Bola Voli di Indonesia dan di Dunia

Permainan bola voli merupakan kombinasi dari 4 permainan bola besar, yaitu permainan handball atau bola tangan, baseball, tenis dan bola basket. Pencipta bola voli dan sosok yang menciptakan permainan bola voli ini adalah William G Morgan. Olahraga ini diciptakannya setelah dia bertemu dengan James Naismith.

James Naismith merupakan seorang yang menciptakan permainan basket. James smith ini lahir pada 6 november 1962 dan meninggal pada tanggal 28 November 1939. Sama seperti halnya sosok yang menginspirasinya James Naismith, William G Morgan juga mengabdikan hidupnya menjadi seorang instruktur pendidikan jasmani.

Baca: Pengertian strategi penyerangan dalam bola voli

William menciptakan permainan bola voli setelah 4 tahun James Naismith menciptakan bola basket. Pada tanggal 9 Februari 1985, awalnya permainan yang diciptakan oleh William ini diperuntukkan untuk anggota YMCA (Young Mens Christian Association) yang sudah tidak muda lagi. Karena hal itulah mengapa permainan bola voli tidak seaktif permainan bola basket.

Sejarah mencatat bahwa permainan bola voli ini berasal dari negara Amerika Serikat. Tepatnya di daerah Hoyloke, Massachusetts. Morgan menjelaskan bahwa permainan ini bisa dilakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Sasaran dalam permainan ini adalah para pemain untuk bisa mempertahankan bola dan bergerak melewati net ke wilayah lawan.

Mengenal William G Morgan, Pencipta Bola Voli

Saat mendengar nama William G Morgan tentu tidak dapat terpisahkan dari permainan bola voli. William G Morgan merupakan tokoh olahraga yang berasal dari Amerika Serikat dan sekaligus sebagai pencipta bola voli.
Morgan muda menempuh pendidikan kuliahnya di Springfield College yang dikelola oleh Young Mens Christian Association (YMCA). Di sini Morgan bertemu dengan pencipta permainan bola basket, yaitu James Naismith. James Naismith menciptakan permainan bola basket pada tahun 1891.

Setelah bertemu dengan Jame Naismisth, Morgan terinspirasi untuk menciptakan permainan dan terciptalah permainan bola voli. Bola voli ini merupakan kombinasi dari 4 permainan bola besar yaitu permainan bola tangan, baseball, basket dan bola tenis. Permainan ini diciptakan untuk orang yang sudah lanjut usia. Oleh karenanya permainan bola voli ini tidak terlalu banyak bergerak aktif seaktif basket.

Baca: Peraturan dalam bola voli yang benar

Ia menciptakan permainan bola voli selang 4 tahun setelah permainan bola basket ditemukan oleh James Naismith. Pada tahun 1895 Morgan menjabat sebagai direktur pendidikan Jasmani di YMCA di Massachusetts. Dia Mengabdikan sepanjang hidupnya dalam bidang pendidikan jasmani hingga akhir hayatnya dan meninggal pada tahun 1942.

Dalam sepanjang hidupnya, penghargaan yang pernah diraih oleh William G Morgan antara lain adalah pernah diundang sebagai tamu kehormatan dalam Springfield College Alumni Dinner sebagai pencipta bola voli. Selain itu pada tahun 1985 Morgan diberikan penghargaan oleh asosiasi bola voli dalam volleyball Hall of Fame di Massachusetts, Amerika Serikat.
loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pencipta Bola Voli dan Sejarah Perkembangan Bola Voli"

Post a Comment