Loading...

Cara Melakukan Lompat Koprol ke Depan Yang Benar

Cara melakukan lompat koprol ke depan - Dalam materi pelajaran penjaskes atau olahraga, tentunya kita akan diajarkan mengenai materi mengenai lompat koprol atau jungkir balik, baik itu ke depan ke belakang. Lompat koprol sedikit mirip dengan gerakan roll tetapi untuk prakteknya sedikit berbeda. Biasanya lompat koprol dipraktekkan dalam latihan pencak silat, karena hampir semua perguruan pencak silat mengharuskan untuk dapat melakukan lompat koprol atau jungkir balik.

Pada umumnya lompat koprol dilakukan ke depan, tapi ada juga yang ke belakang. Lompat koprol ke depan hampir sama dengan melakukan roll ke depan tapi lebih sulit lagi. Terlebih lagi lompat koprol ke depan untuk tingkatan yang lebih sulit bisa seperti lompatan harimau. Nah, berikut penjelasan beserta cara melakukan lompat jungkir balik ke depan atau lompat koprol ke depan.

Pengertian Lompat Koprol

Jungkir balik ke depan (front flip) atau juga sering disebut lompat koprol ke depan adalah gerakan dalam senam gimnastik advanced atau gerakan tingkat lanjut, mirip seperti gerakan roll depan tapi lebih ekstrem.


Untuk dapat melakukan jungkir balik ke depan (koprol depan) yang hebat, harus memiliki kekuatan, kelenturan, dan tekad yang besar agar bisa melakukannya. Sebelum melakukan gerakan lompat koprol sebagaiknya, pelajari terlebih dahulu cara melakukan roll depan atau berguling ke depan terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan gerakan jungkir balik atau koprol ke depan bersama pengawas atau pelatih yang sudah ahli.

Dan jika sudah biasa atau mahir melakukan roll depan dengan benar, Anda bisa melakukan gerakan lompat koprol ke depan sendirian. Berikut bagaimana melakukan lompat koprol ke depan!

Latihan Melakukan Lompat Koprol ke Depan

Sebelum melakukan latihan lompat koprol terlebih dahulu Anda harus bisa melakukan roll depan, karena roll depan atau berguling ke depan adalah latihan dasar melakukan lompat koprol, jika sudah terbiasa atau mahir baru lakukanlah lompat koprol ke depan.

Namun sebelum itu sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu agar nantinya tidak terjadi cedera atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Pemanasan dapat dilakukan dengan melakukan peregangan seperti peregangan dengan mencium lutut, peregangan pergelangan kaki dan tangan, dan juga peregangan leher.

1. Pertama, Berdiri Membentuk Satu Garis Lurus
Melakukan lompat koprol ke depan dilakukan dengan posisi badan berdiri tegak, merapatkan kedua kaki, dan luruskan kedua tangan di atas kepala. Jadi, posisi tubuh Anda harus membentuk satu garis lurus.

Source image: Wikihow

2. Bungkukkan Badan ke Sikap Roll Depan (Berguling)
Usahakan kedua lutut tetap lurus, gerakkan lengan, kepala, dan badan layaknya satu unit. Jangan membungkuk di panggul dan kaki tetap segaris. Artinya, kedua kaki harus turun saat semua anggota tubuh mendekati lantai.

Source image: Wikihow

Selanjutnya julurkan kedua tangan ke lantai atau matras saat membungkuk untuk mulai melakukan roll. Tangan harus menyentuh lantai ayau matras saat tubuh Anda turun sebagai satu unit.

3. Dorong Panggul ke Depan
Selanjutnya dorong panggul ke depan saat kedua tangan menyentuh lantai atau matras. Kedua tangan harus menyentuh lantai atau matras , lalu dorong pinggung ke depan dan usahakan jari-jari tangan menunjuk ke arah Anda.

Source image: Wikihow

Gerakkan panggul ke arah depan harus diikuti dengan kedua kaki. Pastikan kaki Anda tetap lurus, jangan mengempaskan kaki Anda melewati atas tubuh, dan Gerakkan dagu menuju dada untuk melindungi leher.

4. Berguling ke depan melalui punggung
Mulailah roll ke depan dengan menjaga kedua kaki tetap lurus, tangan dalam gerakan yang pelan dan terkontrol. Sedikit tekuk kedua lengan saat berguling ke punggung, lalu masukkan lutut menuju dada, dan Genggam dagu atau lutut Anda seperti akan melakukan roll depan.

Source image: Wikihow

5. Terkhir Berdiri
Ketika mulai berguling dari punggung ke posisi vertikal, bergulirlah sampai kaki menjejak lantai. Segera setelah kaki menjejak lantai, naikkan kedua lengan ke atas kepala ketika berdiri.

Source image: Wikihow

Cara Melakukan Lompat Koprol ke Depan

Setelah mahir atau terbiasa melakukan Roll Depan seperti diatas, maka Anda sudah siap melakukan lompat koprol ke depan. Untuk caranya hampir sama tapi sedikit lebih ekstrem, dan harus punya mental dan kesiapan diri yang sudah matang. Berikut caranya!
  1. Awali dengan berlari ke depan, kemudian melompat dari pangkal jari-jari kaki.
  2. Pertahankan kedua lutut tetap selurus mungkin, dan juga jaga tubuh tetap setegap mungkin.
  3. Ketika melompat, loncatlah ke depan ketika Anda menjulurkan kedua lengan ke depan menuju lantai. Saat tangan Anda menyentuh lantai, lakukan roll depan biasa yang sebelumnya telah Anda kuasai.
  4. Ketika melompat, loncatlah ke depan ketika dengan menjulurkan kedua lengan ke depan menuju lantai atau matras. Saat tangan Anda menyentuh lantai, lakukan roll depan biasa yang sudah dikuasai sebelumnya.
  5. Lakukan gerakan tersebut sesuai irama yang sudah dikuasai sebelumnya, seperti posisi punggung, leher, tangan dan kaki. Dan gerakan koprol depan bisa diakhiri dengan posisi berdiri lagi. 
Berikut gambar penjelasanya untuk lebih spesifik.
Source image: Wikihow

Nah, itulah bagaimana cara melakukan koprol ke depan yang syaratnya harus mahir dulu melakukan gerakan roll ke depan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai koprol ke depan dan semoga bermanfaat.

loading...

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Lompat Koprol ke Depan Yang Benar"

Post a Comment