Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah? Kebugaran jasmani diartikan sebagai kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa melakukan kelelahan yang berlebih, serta masih memiliki cadangan tenaga untuk mengisi waktu luang melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mendadak. Sebagai contoh, seorang pelajar melakukan kegiatan belajar di sekolah mulai dari masuk kelas, mengikuti pembelajaran, dan sampai jam pelajaran selesai tanpa mengalami kelelahan yang sangat.

Setelah pulang dari skeolahpun, masih bisa melakukan aktivitas lainnya seperti membantu orang tua atau belajar tambahan di luar sekolah. Jadi, apabila kita melakukan aktivitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebih bahkan masih mempunyai tenaga cadangan, maka dapat disimpulkan kita termasuk mempunyai kesegaran jasmani atau kebugaran tubuh yang baik pula.

Baca: Unsur-Unsur yang membangun Kebugaran Jasmani

Apa bila komponen atau unsur-unsur dari kebugaran jasmani? dilihat dari komponen yang membantuk, kebugaran jasmani seseorang dibagi menjadi dua bagian, yaitu berkaitan dengan kesehatan (healt related fitness). Komponen yang berkaitan dengan keterampilan (skill related fitness). Komponen yang berkaitan dengan kesehatan terdiri dari daya tahan jantung dan paru-paru, komposisi tubuh, fleksibilitas, kekuatan, dan daya tahan otot (muscular).


Sedangkan komponen kesegaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan, meliputi daya ledak, kecepatan, kelincahan, koordinasi gerak, kecepatan reaksi, dan keseimbangan. Untuk menjalankan aktivitas sehari-hari misalnya pelajar dan anggota masyarakat yang bersosialisasi, minimal memiliki komponen kesegaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan, sedangkan komponen kesegaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan lebih dibutuhkan oleh orang yang menjaga prestasi, contohnya para atlet.

Tujuan Utama dari Latihan Kebugaran Jasmani

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan untuk tujuan dari latihan kebugaran jasmani lainnya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kelentukan persendian
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Meningkatkan kecepatan
  • Meningkatkan kelincahan
  • Meningkatkan keseimbangan
  • Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari
  • Menambah stamina

Latihan kebugaran jasmani sebenarnya dapat dilakukan setiap hari dan dimana saja. Salah satu contoh latihan kebugaran jasmani adalah melakukan peregangan otot baik dengan kadar yang ringan maupun berat sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Walaupun demikian, pada dasarnya latihan kebugaran jasmani memiliki tujuan utama untuk mempertahankan kesehatan semua organ dan bagian anggota tubuh, seperti kesehatan tulang, otot, jantung, sendri, pencernaan hingga manfaat yang tidak disadari dari latihan kebugaran jasmani adalah memperbaiki mood seseorang dan dapat juga menyelaraskan kondisi tubuh dengan prima dan menjadikan pola pikir menjadi sehat.

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani"

Post a Comment