Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya Lengkap

Gambarkan Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya - Bola voli adalah cabang permainan olahraga bola besar yang dimainkan oleh 2 tim dalam satu lapangan, dimana setiap tim atau regu memiliki 6 pemain ditambah dengan 5 pemain cadangan dan satu pemain yang berposisi sebagai libero. Dalam permaianan bola voli satu tim terdiri dari 12 pemain, satu coach, satu sistem coach, satu trainer dan juga satu dokter medis sebagai penanganan pertama jika terjadi hal yang tidka di inginkan.

Dalam satu tim (kecuali liberi), satu dari para pemain adalah kapten tim yang diberi tanda dalam score sheet. Hanya pemain yang terdaftar dalam score sheet yang dapat memasuki lapangan dan bermain. Pada saat coach dan kaptem mendatangani score sheet, pemain yang terdaftar tidak dapat diganti. Dalam permainan bola voli tentunya harus ada lapangan yang digunakan untuk bermain atau menjalankan permainan.

Lapangan bola voli memiliki standart ukuran tertentu bila bermain secara nasional maupun internasional. Untuk ukuran lapangan bola voli baik di tingkat nasional dan internasional memiliki ukuran yang sama, dan tidak ada perbedaan. Berikut gambar lapangan bola voli beserta ukurannya lengkap dengan ukuran NET dan juga bola voli.

Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Voli


Berikut ukuran lapangan standart bola voli baik nasional (lokal) maupun internasional:
  • Panjang lapangan bola voli adalah 18 meter
  • Lebar lapangan bola voli adalah 9 meter
  • Panjang garis serang lapangan bola voli adalah 3 meter
  • Luas lapangan bola voli adalah 162 162 meter² (18m x 9m)
  • Lebar lapangan bola voli adalah 5 centimeter
  • Area service lapangan bola voli adalah 3 meter.

Dalam permainan Bola Voli lapangan yang digunakan berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar lapangan 9 meter, yang masih dibagi ke dalam dua bagian yang sama dengan ukuran masing-masing 9 x 9 meter dengan NET sebagai pembatas tengah lapangan. Masing-masing lapangan terdiri dari atas daerah serang dan daerah pertahanan.

Lapangan bola voli memiliki garis sebagai penanda batas lapangan, dengan ukuran yang berbeda-beda. Garis batas lapangan, garis tengah, dan garis daerah serang memiliki ukuran 3 meter (daerah depan). Garis pembatas bola voli biasanya diberi batas dengan tali, cat/kapur, atau kerta yang lebarnya tidak lebih dari 5 sentimeter.

Setiap bagian daerah lapangan masih dibagi menjadi daerah serang, dan daerah bertahan. Daerah serang merupakan daerah yang dibatasi oleh garis tengah lapangan dan garis serang ini memiliki luas 9 x 2 meter.

Selain itu, terdapat juga daerah servis yang merupakan daerah selebar 9 meter dibelakang setiap garis akhir. Daerah service dibatasi oleh dua garis pendek dengan masing-masing panjang 15 centimeter yang dibuat 20 centimeter di belakang garis akhir, dan sebagai kepanjangan dari garis samping. Kedua garis pendek yang sama-sama panjang tersbeut sudah termasuk ke dalam batas area service, dan perpanjangan daerah service sampai kebelakang hingga batas akhir daerah bebas.

Ukuran NET Bola Voli

Berikut ukuran NET atau jaring pembatas pada bola voli baik untuk putra atau putri sesuai standart internasional:
  • Tinggi NET bola voli putra adalah 2,43 meter
  • Tinggi NET bola voli putri adalah 2,24 meter
  • Panjang NET bola voli adalah 9 meter
  • Lebar NET bola voli adalah 1 meter
  • Tinggi antena pada pada NET bola boli adalah 80 centimeter (berada di atas net)
  • Tinggi tiang NET bola voli adalah 2,55 meter.
  • Jarak antara tiang net dengan garis tepi samping lapangan adalah 0,5 - 1 meter.
  • Pita tepian atas NET bola voli adalah 5 meter
  • Ukuran  tepian samping net bola voli adalah 5 cm (dengan panjang 1 meter)
  • Ukuran mata jala atau petak-petak jaring bola voi adalah 10 cm (berbentuk persegi)

Net atau jaring pembatas pada lapangan bola voli memiliki ukuran yang tidak lebih dari 9,50 meter dan lebar NET juga tidka lebih dari 1,00 meter dengan petak-petak (mata jaring) yang berukuran 10 x 10 centimeter. Tinggi NET bola voli bagi pemain putra atau putri memiliki ukuran yang berbeda. Tinggi NET yang digunakan untuk pemain putra adalah 2,43 meter, sedangkan untuk pemain putri yaitu 2,24 meter, dan untuk tepian atas terdapat pita putih dengan lebar 4 centimeter.

Di dalam pertandingan bola voli yang sifatnya resmi, baik itu nasional atau internasional menggukan tiang setinggi 2,55 meter dan atas batas samping jaring tersebut dipasang antena atau rod  yang menonjol ke atas setinggi 80 centimeter dari tepi jaring atau bibir net. Tongkat itu biasanya terbuat dari bahan fiberglass dengan ukuran panjang 180 centimeter yang diberi warna kontras.

Ukuran Bola Voli

Bola yang digunakan dalam permainan bola voli yang resmi bersifat nasional atau internasional harus berbentuk bulat dan terbuat dari kulit yang lentur atau juga bisa dari kulit sintetis yang dibagian dalamnya terbuat dari karet atau bahan sejenisnya. Sedangkan warna yang digunakan dalam bola voli harus warna kombinasi atau gabungan dari dua warna atau lebih.

Kombinasi warna yang biasanya ada di bahan kulit sintetis pada peryandingan resmi internasional harus sesuai dengan standar FIVB (Federasi Bola Voli Internasional). Untuk spesifikasi bola voli juga harus standart FIVB dengan keliling bola sekitar 64 - 67 cm, berat 260 - 280 gram. Tekanan angin pada bola voli harus 0,39 - 0,325 kg/cm2.

Nah, itulah informasi mengenai ukuran lapangan bola voli beserta gambarnya, dan juga ukuran NET serta bola yang digunakan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai penjaskes dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya Lengkap"

Post a Comment