Cara Melakukan Gerakan Meroda (Senam Lantai)

Meroda adalah gerakan memutar tubuh dari sikap menyamping dengan tumpuan gerakan pada kedua kaki dan tangan. Istilah mengenai gerakan meroda lainnya adalah gerakan tubuh berguling kesamping seperti roda. Gerakan meroda menggunakan tumpuan kedua kaki dan kedua tangan secara bergantian.

Meroda merupakan gerakan dalam cabang senam lantai tanpa menggunakan alat, karena memang cara melakukan gerakan meroda bisa dilakukan tanpa alat bantu. Seperti halnya gerakan dalam senam lantai lainnya, gerakan meroda juga mempunyai manfaat tersendiri, yaitu bisa meningkatkan kelentukan dan juga bisa melatih keseimbangan tubuh, Selain itu dengan gerakan berputar bisa memperlancar aliran peredaran darah di tubuh dan juga otak.

Melakukan gerakan meroda membutuhkan kekuatan yang lebih seperti terutama di bagian tangan dan juga kaki, karena gerakan meroda memiliki gerakan berputar kesamping yang tumpuan utamanya adalah telapak tangan dan kaki. Namun, sebenarnya melakukan gerakan meroda cukup mudah dibandingkan dengan gerakan lompat koprol yang umumnya lebih sulit.


Cara Melakukan Gerakan Meroda (Radslag)

Latihan meroda dapat dilakukan secara bertahap, yaitu dari melakukan satu kali gerakan meroda dan apabila sudah merasakan baik dapat ditingkatkan menjadi beberapa kali gerakan, yaitu sebagai berikut.
  1. Sikap awal berdiri tegak menyamoing, kedua kaki dibuka sedikit lebar, kedua tangan lurs ke atas seroang ke samping (menyerupai huruf v) dan pandangan ke depan.
  2. Jatuhkan badan ke samping kiri, letakkan telapak tangan ke samping iri, kemudian kaki kanan terangkat lurus ke atas. Disusul dengan meletakkan telapak tangan di samping tangan kiri.
  3. Saat kaki kanan diayunkan, maka kaki kiri ditolak pada lantai sehingga kedua kaki terbuka dan serong ke samping.
  4. Letakkan kaki kanan ke samping tangan kanan, tangan kiri terangkat disusul dengan meletakkan kaki kiri di samping kaki kanan.
  5. Badan terangkat, kedua lengan lurus ke atas ke posisi semula.

Note: cara melakukan gerakan meroda di atas dilakukan ke samping/sisi kiri, jadi jika ingin melakukan gerakan meroda ke samping kanan bisa dilakukan dengan sebaliknya.

Kesalahan Dalam Melakukan Gerakan Meroda

Dalam melakukan gerakan meroda, sering dilakukan beberapa gerakan yang salah sehingga tidak bisa membuat gerakan meroda menjadi sempurna. Kesalahan-kesalahan yang terjadi pada saat melakukan gerakan meroda antara lain sebagai berikut.
  • Lemparan kaki terlalu kuat.
  • Lemparan kaki membusur ke arah depan, seharusnya ke atas.
  • Penempatan tangan pertama di lantai terlalu dekat dengan kaki tolak.
  • Kedua siku dibengkokkan.
  • Sikap badan kurang melenting.
  • Ssikap kepala kurang menengadah saat kedua tangan bertumpu di lantai.
  • Penempatan kaki terakhir yang mendarat terlalu dekat dengan kaki pertama mendarat di kaki.

Nah, itulah bagaimana cara melakukan gerakan meroda yang baik dan benar beserta cara menghindari kesalahan dalam melakukan gerakan meroda. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai meroda, dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Gerakan Meroda (Senam Lantai)"

Post a Comment