Jelaskan! 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat

Norma merupakan pedoman, kaidah,acuan dalam berperilaku dan berinteraksi  antar manusia dalam suatu kelompok masyarakat. Tanpa adanya norma maka kehidupan di masyarakat akan berjalan tidak seimbang dan tidak baik. Itulah sebabnya tidak mengherankan jika ada pula muncul pertanyaan jelaskan 3 akibat pelanggaran norma terhadap masyarakat.

Secara etimologi, Norma merupakan kata yang berasal dari bahasa Belanda dari kata "Norm" yang memiliki makna patokan, pedoman atau kaidah. Namun secara bahasa latin, norma berasal dari kata "Mos" yang berarti kebiasaan, adat istiadat atau tata kelakuan.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai pengertian norma, berikut ini adalah pengertian norma menurut para ahli.

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Robert Mz Lawang, norma adalah gambaran mengenai apa yang diinginkan baik dan pantas sehingga sejumlah anggapan yang baik dan perlu dihargai sebagaimana mestinya.

Soerjono Soekarno, pengertian norma adalah suatu perangkat aturan agar hubungan antar manusia di dalam masyarakat terjalin dengan baik.

Craig Calhoun, pengertian norma adalah pedoman atau aturan yang menyatakan mengenai bagaimana seseorang supaya bertindak dalam situasi-situasi tertentu.

Fungsi Norma

Berdasarkan berbagai pengertian di atas, secara umum norma memiliki fungsi sebagai pedoman bagi anggota masyarakat dalam berinteraksi dan bertingkah laku satu dengan yang lain di tengah masyarakat. Tidak hanya itu fungsi norma antara lain  adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai pedoman dan aturan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat
  2. Menciptakan stabilitas dan keteraturan di dalam masyarakat
  3. Menjadi dasar dalam pemberian sanksi kepada anggota masyarakat
  4. Sebagai jalan untuk bisa mencapai tujuan bersama di dalam suatu masyarakat.

Nah apabila ada yang melakukan pelanggaran tentunya akan memiliki dampak atas pelanggaran tersebut. Jika anda penasaran dan bertanya untuk meminta jelaskan 3 akibat pelanggaran norma terhadap masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut:


3 Akibat Pelanggaran Norma Terhadap Masyarakat

Berikut penjelasan mengenai akibat jika melakukan pelanggaran terjadap norma dalam masyarakat:

1.Dikucilkan Masyarakat
Salah satu jawaban dari pertanyaan jelaskan 3 akibat pelanggaran norma terhadap masyarakat adalah dikucilkan masyarakat. Setiap norma memiliki keharusan untuk dilakukan dan akan memiliki sanksi yang didapatkan saat melakukan pelanggaran norma tersebut.

Sebenarnya pengucilan ini tidak dilakukan secara struktural akan tetapi dengan sendirinya masyarakat akan menjauhi bagi orang yang telah melanggar norma-norma yang telah disepakati di masyarakat. Hal ini merupakan sanksi psikis. Dan hal ini merupakan salah satu sanksi yang cukup berat. Sehingga dapat menyebabkan depresi atau stress bagi seseorang yang menerima sanksi tersebut.

2. Mendapat Hujatan dan Hinaan Dari Masyarakat
Selain dijauhi oleh masyarakat, orang yang melanggar norma di masyarakat biasanya juga akan mendapatkan sanksi berupa hujatan dan hinaan dari masyarakat atas perbuatannya tersebut.
Hujatan dan hinaan yang dilakukan secara terus menerus akan membuat seseorang terganggu mentalnya. Hingga membuat orang menjadi stress atau bahkan gila. Sesungguhnya sanksi yang diberikan oleh masyarakat akan berdampak besar bagi kehidupan Anda.

Oleh karenanya, sebaiknya lakukan perbuatan sesuai dengan norma yang berlaku. Hidup bermasyarakat harus saling menghormati satu sama lain termasuk patuh terhadap norma yang diajarkan baik norma sosial, agama hukum dan lain sebagainya. Jika tidak maka hidup anda akan sengsara.

3. Mendapat Hukuman Fisik atau Melakukan Pembayaran Denda
Dalam sebuah masyarakat, masing-masing memiliki aturan atau norma yang dipatuhi dan disepakati secara bersama di masyarakat. Apabila seseorang melanggar norma tersebut maka sesuai konsekuensi akan menerima sanksi.

Bisa jadi sanksi tersebut berupa hukuman fisik atau membayar denda. Misalnya untuk masyarakat Aceh yang memiliki aturan bahwa wanita yang keluar harus mengenakan pakaian muslimah. Apabila tidak maka dikenakan hukuman cambuk, dan lain sebagainya.

Selain mempermalukan diri sendiri di tengah masyarakat melanggar norma juga dapat merugikan secara psikis dan fisik. Fisik sakit menerima pukulan dari masyarakat. Psikis menjadi stress karena penuh dengan hujatan dan hinaan dari masyarakat.

Tidak hanya itu, apabila Anda melakukan pelanggaran norma hukum maka ada pula sanksi berupa membayar denda yang jumlahnya tidak sedikit. Jika Anda memiliki uang tidaklah masalah. Yang jadi masalah adalah ketika Anda tidak mampu membayar denda tersebut. Maka akan menimbulkan beban terhadap keluarga Anda.

Nah Bagaimana menurut Anda? Apakah berniat melanggar norma jika jawaban atas pertanyaan jelaskan 3 akibat pelanggaran norma terhadap masyarakat demikian? Malnggar norma yang berlaku di dalam suatu masyarakat merupakan bentuk kerugian yang sangat sia-sia. Pasalnya sanksi yang diterima tidak hanya berlaku kepada Anda sendiri namun bisa ditanggung oleh keluarga Anda yang tidak tahu apa-apa.

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelaskan! 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat"

Post a Comment