Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri - Saat bekerja di sebuah instansi atau perusahaan merupakan sebuah kebanggan tersendiri di dalam diri. Apalagi jika perusahaan atau instansi Anda merupakan instansi yang berkualitas, tentunya menjadi bagian dari perusahaan tersebut merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

Namun sayangnya dalam dunia kerja, kenyataannya tidak semanis hal tersebut. Ada berbagai tantangan yang harus Anda hadapi untuk bisa bertahan bekerja di sebuah perusahaan dalam waktu yang lama. Terkadang aturan yang sangat menyulitkan membuat Anda sulit untuk bertahan. Atau Anda tidak cocok dengan rekan kerja Anda yang akhirnya memaksa anda untuk memutuskan keluar dari perusahaan tersebut. Biasanya, inilah saat-saat seseorang mulai mencari cara membuat surat pengunduran diri.

Baca: Penulisan Bagian-Bagian Surat Resmi

Keputusan untuk mengundurkan diri memang sering kali cukup menyulitkan. Di satu sisi Anda sudah terlanjur sayang kepada instansi yang sudah membesarkan nama Anda tersebut, di sisi lain ada juga tawaran yang lebih menggiurkan dari apa yang Anda dapatkan dari perusahaan tersebut. Sebenarnya keputusan yang harus Anda lakukan adalah dengan mengikuti kata hati dan segera lakukan agar tidak berakhir di angan-angan.


Cara membuat surat pengunduran diri sebenarnya cukup mudah. Ada berbagai contoh surat pengunduran diri yang bertebaran di internet yang bisa Anda jadikan patokan dalam menulis surat pengunduran diri tersebut. Membuat surat pengunduran diri juga menjadi salah satu bukti tingkat profesionalitas dalam diri Anda. Tidak hanya menghilang tanpa sebuah pesan sebelumnya.

Contoh Surat Pengunduran Diri Perusahaan

Berikut ini adalah cara membuat surat pengunduran diri dari sebuah perusahaan. Anda bisa mengganti nama perusahaan sesuai dengan perusahaan Anda. Nama dan ketentuan lain disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kepada Yth
Kepala Bagian Personalia / HRD
PT. Makmur Jaya
Jl. Makmur Jaya No. 5 Jakarta

Dengan Hormat

Dengan datangnya surat ini saya atas nama Muallif ahmad menyatakan untuk mengundurkan diri dari PT. Makmur Jaya sebagai karyawan. Pengunduran diri ini terhitung mulai tanggal 20 Juli 2017.

Terimakasih saya ucapkan yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang diberikan oleh PT. Makmur Jaya kepada saya. Sehingga saya banyak belajar dari pengalaman berharga dan hal-hal yang saya kerjakan selama bekerja di PT. Makmur Jaya.

Permohonan maaf juga tak lupa saya sampaikan kepada seluruh jajaran manajemen PT. Makmur Jaya serta seluruh karyawan PT. Makmur Jaya. Yang mungkin selama bekerja saya banyak melakukan kesalahan, baik yang disengaja atau tidak disengaja.

Dan semoga PT. Makmur jaya semakin maju, makmur dan bertambah jaya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Muallif ahmad


Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf. Terimakasih menunjukkan bahwa Anda memiliki attitude yang baik dengan mengingat segala kebaikan-kebaikan yang dilakukan. Permohonan maaf harus Anda lakukan karena pada akhirnya Anda sudah tidak berada di perusahaan tersebut. Yang kemudian membuat salam perpisahan dengan baik.

Contoh Surat Resign Kerja

Cara membuat surat pengunduran diri selain tidak lupa menyebutkan ucapan terima kasih dan permohonan maaf sebaiknya juga mencantumkan alasan yang melatarbelakangi kenapa Anda melakukan resign kerja sebagai bentuk profesionalisme. Hal ini penting bagi perusahaan mengingat posisi Anda akan segera ada yang menggantikannya.

Semarang, 21 Juni 2017

Hal: Pengunduran Diri

Kepada Yth
Kepala Bagian Personalia / HRD
PT. Makmur Jaya
Jl. Makmur Jaya No. 5 Semarang

Dengan Hormat

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Amalia
Bagian : Supervisor
Kode Wiraniaga : 51351
Alamat : Ds. Pidodowetan, Kec. Patebon, Kab. Kendal

Dengan ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari PT. Makmur Jaya. Saya mengajukan pengunduran diri ini karena adanya usaha mandiri yang sedang saya kerjakan. Oleh sebab itu, demi fokusnya dan kemajuan usaha yang saya kerjakan saya perlu mengundurkan diri dari PT. Makmur Jaya.

Demikianlah surat pengunduran diri yang saya ajukan. Atas dukungan dan segala perhatiannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya

Amalia

Nah itulah berbagai contoh surat pengunduran diri yang bisa digunakan sebagai cara membuat surat pengunduran diri. Secara teknik semuanya hampir sama. Hanya saja yang membedakan adalah perusahaan dan siapa yang berkepentingan.

Mengundurkan diri dari sebuah perusahaan merupakan tindakan yang wajar dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Oleh karena itu mengetahui cara membuat surat pengunduran diri merupakan sesuatu yang cukup penting untuk diketahui. Karena anda bisa melakukannya kapan saja.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar

Setiap orang yang melakukan pengunduran diri dari sebuah perusahaan tentunya memiliki sebuah alasan. Anda bisa mencantumkan alasan yang bisa diterima oleh perusahaan agar surat pengunduran diri Anda tidak ditolak. Sebaiknya menggunakan kata-kata yang baik dan sopan serta tidak frontal.

Surat pengunduran diri menjadi salah satu bentuk profesionalitas dalam bekerja. Menjadi salah satu cara berhenti bekerja secara terhormat. Dan lebih memuliakan diri sendiri. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda dan bermanfaat bagi Anda.

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik dan Benar"

Post a Comment