Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya

Sebutkan Batas wilayah asean berdasarkan letak geografisnya! ASEAN atau kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nations adalah sebuah organisasi bangsa atau negara di kawasan Asia Tenggara yang dibentuk guna menjalin kerjasama antarnegara, terutama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pengembangan budaya bagi negara anggotanya, kemajuan sosial, meningkatkan persahabatan dan memajukan perdamaian, dan juga meningkatkan stabulutas di tingkat regional.

Sejarah Singkat Berdirinya ASEAN

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau dalam bahasa Indonesia disingkat dengan PERBARA (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh 5  Negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailnd, Filipina dan Singapura melalui Deklarasi Bangkok.


ASEAN ini merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat Regional.

ASEAN mendapatkan anggota baru pada tangal 7 Januari 1984, diantaranya Brunai Darussalam, kemudian disusul oleh Vietnam sebagai anggota baru ASEAN yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995 dan hingga saat ini, ASEAN telah memiliki anggota di semua negara di kawasan Asia Tenggara kecuali Timor Leste dan Papua Nugini.

Tujuan Dibentuknya ASEAN

Tujuan dibentuknya ASEAN tercantum dalam naskah Deklarasi Bangkok, antara lain adalah sebagai berikut.

Mempercepat pertunbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayaan di kawasan  ASEAN melalui usaha bersama dalam semangat dan persahabatan untuk memperkukuh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.

Meningkatkan perdamaian dan stabilitas ekonomi regional dengan jalan menghormati keadilan dan ketertiban hukum di dalam negara-negara di kawasan ASEAN. Selain itu, juga harus mematuhi prinsip-prinsip Piagam PBB.

Meningkatkan kerja sama yang aktif serta saling membantu satu dengan yang lain di dalam menangani masalah kepentingan bersama yang menyangkut berbagai bidang. Misalnya, di bidang ekonomi, sosial, kebudayaan, teknik, ilmu pengatahuan, dan administrasi.

Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, profesional, teknik dan administrasi. Meningkatkan kerja sama yang lebih aktif dalam meningkatkan penggunaan pertania serta industri, perluasan perdagangan komoditas internasional, perbaikan sarana pengangkutan dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup mereka.

Memelihara kerja sama yang lebih erat dan bergabung dengan organisasi internasional dan regional lainnya untuk menjajaki segala kemungkinan saling bekerja sama secara lebih erat antara mereka sendiri.

Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya

Berikut batas wilayah ASEAN berdasarkan tata letak geografisnya:

  • Batas bagian utara: ASEAN berbatasan dengan Laut China Timur dan Negara China
  • Batas bagian selatan: ASEAN berbatasan dengan Samudera Hindia dan Benua Australia
  • Batas bagian timur: ASEAN berbatasan dengan Papua Nueva Guinea dan Samdera Pasifik
  • Batas bagian barat: ASEAN berbatasan dengan Laut Andaman, India, Bangladesh, Samudera Hindia, dan Teluk Bengala

Nah, itulah sedikit sejarah mengenai ASEAN, dtujuan didirikannya ASEAN dan juga batas wilayah ASEAN berdasarkan letak Geografisnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai informasi ASEAN dan semoga bermanfaat. Baca juga: batas wilayah Indonesia secara Geografis dan Astronomis

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya"

Post a Comment