Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi

Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi? Dalam materi pelajaran bahasa Indonesia, terutama dalam jenjang SLTA sederajat, pastinya akan diajarkan mengenai teks eksplanasi dan juga bagian-bagian yang membentuk teks eksplanasi. Teks eksplanasi sendiri merupakan sebuah teks yang didalamnya menjelaskan mengenai suatu proses atau tahapan "mengepa" dan "bagaimana" suatu fenomena atau peristiwa itu dapat terjadi.

Teks eksplanasi cukup bermanfaat dalam memberikan informasi kepada para pembaca, karena teks eksplanasi memberikan informasi secara detail mengenai femomena yang terjadi, baik fenomena ilmu pengetahuan, budaya, kehidupan hingga bencana yang terjadi. Selain itu teks eksplanasi memaparkan informasi sebab-akibat mengapa femomena tersebut bisa terjadi.

Dalam setiap peristiwa yang terjadi di sekitar kita atau yang kita ketahui, pastinya memiliki proses atau hubungan sebab akibat mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi. Seperti contohnya terdapat hubungan sebab akibat "mengapa dan bagaimana" seperti artikel tentang dampak global warming, ataupun peristiwa gempa dan gunung meletus.


Teks eksplanasi di dalamnya tentunya terdapat konjungi atau kata hubung yang menghubungkan antara sebab dan akibat. Salah satu konjungsi yang terdapat di teks eksplanasi adalah konjungsi kausalitas. Lalu apa hubungan konjungsi kausalitas yang ada di dalam teks eksplanasi. Berikut informasinya.

Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?

Mengenai yang dimaksud dalam hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah hubungan yang dibentuk atas suatu kejadian (sebab) dan akibat (dampak) dari suatu kejadian tersebut.

Hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah hubungan sebab akibat. Teks eksplanasi menggunakan banyak fakta dan pernyataan yang memiliki hubungan kausalitas. Akibat-akibat tersebut berupa sekumpulan fakta yang menurut penulisnya memiliki hubungan kausalitas bukan pendapat penulis itu sendiri.

Baca juga: Fungsi Fakta Dalam Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan teks yang menceritakan tentang prosedur atau proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa dengan memaparkan fakta-fakta dan penyataan yang memiliki hubungan sebab akibat (kausalitas).

Konjungsi Teks Eksplanasi

Terdapat dua konjungsi dalam teks eksplanasi yang membuktikan sebab akibat dari fenomena atau peristiwa dalam teks eksplanasi, yaitu:

1. Konjungsi kausalitas, yaitu kata hubung yang menunjukkan sebab akibat. Contohnya: antara lain, karena, sebab, oleh sebab itu, sehingga, oleh karena itu, meskipun.

2. Konjungsi kronologis, yaitu kata hubung yang menunjukkan hubungan waktu. Contohnya: kemudian, setelah itu, lalu, pada akhirnya.

Nah, itulah jawaban mengenai pertanyaan "Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?" beserta penjelasan konjungsi-konjungsinya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai teks eksplanasi dan smeoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi"

Post a Comment