Apa itu Insom ? Arti Insom dan Pengertiannya

Arti Imsom - Pernahkah Anda menemukan istilah Insom dalam kehidupan Anda atau menemukan istilah tersebut secara tidak sengaja ketika berbicara dengan teman atau orang lain. Kata insom banyak digunakan oleh anak-anak muda ketika chatting dengan teman agar terlihat gaul, karena memang kata insom tidak ada dalam kamus besar Bahasa Indonsia. Oleh karena itu kata insom disebut sebagai kata gaul anak milenial.

Kata tersebut sering digunakan oleh anak muda ketika chatting, baik di pesan komunikasi atau media sosial, contohnya di Whatsapp, BBM, Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Di karenakan sebagai bahasa gaul, kata tersebut kurang diketahui oleh banyak orang dewasa atau anak yang masih kecil, karena rata-rata yang menggunakan kata Insom dalam percakapan adalah anak muda. Lalu apa arti dari kata Insom?

Apa itu Insom?

Kata insom sebenarnya tidak memiliki makna atau arti apapun, jadi tidak akan pernah masuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun Insom merupakan akronim atau kependekan dari kata Insomnia. Imsomnia terdiri dan berasal dari bahasa latin, yaitu "in" yang berarti tidak/tanpa, "somnus" yang berarti (kata benda) tidur, dan "ia" yang merupakan akhiran. Jadi bila digabungkan, Imsomnia adalah ganguan keresahan dan ketidakmampuan untuk tidur.


Kata insom biasanya digunakan pada chatting dan juga sosmed (Sosial Media), seperti Facebook, WhatsApp (WA), BBM, Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Berikut contoh penggunaan kata Insom yang biasa digunakan dalam chatting.

"Gw lagi Insom nih, temenin gw chatting dong!" artinya lagi tidak bisa tidur, dan minta ditemani untuk berbicara lewat chatting.

Kepanjangan dari insom sendiri yaitu Insomnia, yang berarti gangguan tidak bisa tidur akibat suatu hal. Berikut penjelasan lebih dalam mengenai pengakit insomnia.

Pengertian Imsomnia

Menuwut Wikipedia, Insomnia adalah gejala gangguan kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut merupakan kelaian ketidakmampuan untuk tertidur yang biasanya diikuti oleh gangguan fungsional saat bangaun. Imsomnia pada umumnya disebabkan oleh adanya suatu penyakit, persamalahan psikologi, dan juga bisa disebabkan oleh makanan/minuman.

Insomnia bisa diobati dengan bantuan medis atau psikologis dan salah satu terapi yang efektif untuk menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, pasien akan diajari beberapa hal untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan juga menghilangkan asumsi yang kontraproduktif mengenai tidur.

Banyak penderita penyakit insomnia yang tergantung pada obat tidur dan juga zat penenang supaya dapat tidur dan juga bisa beristirahat. Semua obat tidur pada dasarnya memiliki potensi menyebabka ketergantungan psikologis, contohnya seperti seseorang tidak bisa tidur jika tidak meminum obat tidur.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu insom yang merupakan akronim atau kependekan dari kata Imsomnia yang berarti ketidakmampuan untuk tidur. Sekian dan semoga dapat membantu.

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Insom ? Arti Insom dan Pengertiannya"

Post a Comment