Apa Fungsi Fakta Dalam Teks Eksplanasi?

Apa Fungsi Fakta Dalam Teks Eksplanasi? Dalam materi pelajaran bahasa Indonesia, terutama dalam kurikulum 2013 akan banyak diajarkan berbagai materi pelajaran baru atau materi yang tingkatannya lebih baik dari kurikulum sebelumnya. Salah satu materi bahasa  Indonesia yang cukup banyak dibahas terutama dalam jenjang SMA/SMK/MA adalah Teks Eksplanasi. Lalu apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi dan juga apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi? Berikut informasi dan jawabannya!

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses "mengapa & bagaimana" suatu peristiwa atau kejadian alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Semua peristiwa, baik peristiwa alam ataupun sosial yang terjadi disekitar kita selalu mempunyai apa yang namanya hubungan sebab-akibat dan juga memiliki proses.

Suatu kejadian yang terjadi di sekitar kita, baik kejadikan alam ataupun sosial seharusnya tidak hanya kita amati dan rasakan saja, tetapi juga harus kita pelajari dan digunakan sebagai pembelajaran. Kita dapat belajar dari kejadian tersebut, misalnya mengapa kejadian tersebut bisa terjadi dan bagaimana bisa terjadi kejadian seperti itu.


Tujuan dibuatnya teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan suatu proses dari terciptanya suatu fenomena atau peristiwa baik yang terjadi secara alamiah maupun fenomena sosial yang ada campur tangan manusia.

Baca juga: TEKS EKSPLANASI (Pengertian, Tujuan, Struktur, Kaidah, Ciri, Contoh)

Apa Fungsi Fakta Dalam Teks Eksplanasi?

Fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan mengenai sebab dan akibat dari sebuah peristiwa atau fenomena alam/sosial yang terjadi, dan untuk memberikan sebuah contoh guna memudahkan pembaca memahami sebuah teks eksplanasi.

Jadi, fungsi dari fakta teks eksplanasi menjelaskan bagaimana proses sebab dan akibat bisa terjadi dalam suatu fenomena atau peristiwa, baik itu secara alami atau akibat dari campur tangan manusia. Hal tersebut bertujuan untuk memberi conttoh serta memudahkan pembaca dalam memahami sebuah teks, sekaligus untuk alasan otentitas sebuah penjelasan.

Selain itu paparan fakta yang ada juga bisa menambah kualitas tulisan dan bahkan teks yang bersangkutan bisa dijadikan sebuah referensi bagi artikel dengan yama yang masih berhubungan dengan topik yang diangkat dalam sebuah teks eksplanasi tersebut.

Nah, itulah pengertian mengenai teks eksplanasi dan juga fungsi fakta dalam teks eksplanasi. Jawaban tersebut saya kutip dari situs Brainly.co.id yang sudah terbukti kebenarannya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Fungsi Fakta Dalam Teks Eksplanasi?"

Post a Comment