7+ Manfaat Kreativitas Bagi Kehidupan Ekonomi

Jelaskan manfaat kreativitas bagi kehidupan konomi - Pengertian kreativitas adalah salah satu tindakan dalam memunculkan suatu gagasan, konsep, dan ide baru, sehingga bisa digunakan untuk menghasilkan peluang dan kreativitas yang dimiliki oleh setiap orang, jika orang tersebut mau belajar dan berusaha. Karena pada kenyataanya kreativitas dapat dipelajari.

Sedangkan pengertian kreativitas menurut wikipedia adalah suatu proses mental yang melibatkan munculnya gagasan dan konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. Istilah lain dari kreativitas adalah daya cipta. Jadi bisa disimpulkan bahwa kreativitas adalah suatu ide baru yang diimplementasikan ke dalam sebuah barang atau sesuai hal, sehingga dapat menciptakan sebuah hasil yang baru dan unik serta berbeda dari yang lain.

Pengertian Kreativitas Ekonomi

Kreativitas ekonomi atau ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di masa ekonomi baru yang mengintensifkan kreativitas dan informasi dengan mengandalkan ide dari ilmu pengetahuan dari sumber daya manusia (SDA) sebagai faktor utama produksi. Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sudah sampai di ekonomi kreatif. Berbeda dengan perekonomian dunia waktu itu yang masih menggunakan konsep informasi sebagai hal paling utama, bukannya kreativitas.


Sedangkan pengertian lain dari kreativitas ekonomi adalah hasil kombinasi dari berbagai faktor produksi, sehingga dapat menghasilkan barang dan jasa yang baru, unik, serta lebih baik dari sebelumnya. Alhasil bila kreativitas tersebut bisa diterima oleh masyarakat bisa memberikan keuntungan ekonomis.

Manfaat Kreativitas Bagi Kehidupan Ekonomi

Berikut 8 manfaat dari aktivitas ekonomi kreatif bagi kehidupan perekonomian.
  1. Membuat pengusaha berpikir keras agar apa yang didagangkan bisa laku dengan harga yang mahal dan modal murah.
  2. Menjadi salah satu keberhasilan dalam usaha, karena persaingan usaha menjadi semakin ketat maka dibutuhkan suatu kreativitas sebagai pembeda dari yang lain.
  3. Bisa menciptakan perubahan dengan munculnya inovasi yang baru dan berbeda daripada sebelumnya.
  4. Kreativitas berguna menghadapi tantangan hidup ekonomi yang berat di masa depan serta berguna membantuk menciptakan alternatif tindakan ekonomi.
  5. Meningkatkan kesejahteraan dan kualitas taraf hidup, karena kreativitas memiliki manfaat yang langsung bisa dirasakan oleh berbagai pihak.
  6. Perekonomian semakin berkembang dan tentunya permintaan akan barang yang diproduksi mengalami peningkatan.
  7. Membuat sebuah benda yang tak bernilai menjadi bernilai dalam kehidupan berekonomi
  8. Menciptakan berbagai peluang usaha baru yang unik, sehingga memperluas lapangan pekerjaan, dan tentunya mengurangi jumlah pengangguran.

Nah, itulah 8 manfaat mengenai kreativitas bagi kehidupan perekonomian. Demikian artikel mengenai kreativitas, manfaat, ekonomi yang dapat saya share dan semoga bermanfaat untuk Anda semua. Terima Kasih!
Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Manfaat Kreativitas Bagi Kehidupan Ekonomi"

Post a Comment