3 Contoh Teks Eksposisi Singkat (Pendidikan, Ilustrasi, Analisis)

Contoh Teks Eksposisi Singkat - Teks eksposisi merupakan teks yang mengungkapkan ide, perasaan, dan pendapat seseorang. Pengungkapan dalam bentuk eksposisi membuat Anda lebih mudah dalam menuangkan sebuah ide, khususnya secara tertulis.

Melalui teks eksposisi, Anda akan belajar untuk lebih peka terhadap fenomena yang terjadi di dalam masyarakat. Teks ekeposisi tidak hanya sebagai media untuk mengungkapkan pikiran kritis dengan menggunakan bahasa. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang harus disyukuri karena telah memudahkan manusia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan.

Pengertian teks eksposisi adalah sebuah teks karangan yang di dalamnya memaparkan sejumlah pengatahuan dan informasi. Dimana dalam setiap paragraf teks eksposisi banyak terkandung sejumlah informasi ilmu pengetahuan yang biasanya disajikan secara singkat, padat dan akutar, serta mudah untuk dipahami oleh pembaca. Paragraf teks eksposisi memiliki sifat real atau nyata dan ilmiah serta dapat dikatakan sebagai teks non-fiksi.

Baca: Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, dan Struktur

Tujuan utama dari dibuatnya teks ekposisi adalah untuk memaparkan atau menjelaskan sebuah informasi kepada para pembaca sejelas-jelasnya, atau agar pembaca paham betul apa yang disampaikan dalam teks eksposisi. Sehingga pembaca bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan secara detail terhadap suatu kejadian yang terjadi.


Nah, teks ekeposisi banyak sekali jenisnya, mulai dari teks eksposisi lingkungan, pendidikan, berita, ilustrasi, proses, perbandingan, hingga teks eksposisi tentang kesehatan. Berikut 3 contoh teks eksposisi yang bisa Anda gunakan baik untuk tugas sekolah ataupun yang lainnya.

Manfaat Membaca

Buku membuka jendela dunia. Kalimat tersebut menjadi hal yang sering digunakan untuk mengajak seseorang untuk membaca. Membaca juga merupakan hal yang paling penting bagi kita. Ada banyak manfaat dari membaca, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Pertama, membaca dapat memberikan pengetahuan tentang banyak hal di dunia ini seperti ilmu alam, teknologi, olahraga, seni, dan budaya, baik yang ditulis dalam buku maupun surat kabar.

Kedua, kita akan mengetahui banyak berita dan informasi tentang sesuatu yang terjadi di dunia. Aktivitas membaca dapat memberikan kesenangan bagi pembacanya. Ketika lelah, kita dapat membaca kolom hiburan (seperti komedi, cerita pendek, dan kuis) pada buku, koran, atau majalah. Hal tersebut dilakukan agar diri kita jauh lebih santai.

Hal tersebut menjelaskan bahwa setiap orang perlu membaca untuk mendapatkan pengetahuan, informasi, dan hiburan. Namun, tidak semua dari kita suka membaca. Berikut langkah-langkah yang seharusnya kita lakukan untuk gemar membaca.

  1. Tentukanlah jenis bacaan yang Anda sukai.
  2. Cobalah membaca berbagai jenis buku dengan tema dan cerita yang berbeda.
  3. Pergilah ke perpustakaan setempat. Anda dapat membaca buku sebanyak apa pun secara gratis.
  4. Ciptakanlah lingkungan membaca yang baik. Anda dapat mencari tempat yang tenang dan nyaman. Namun, beberapa orang lebih suka membaca sambil mendengarkan musik.


Mengapa Kita Harus Merayakan Hari Ibu?

Ibu adalah segalanya bagi kita ketika kita masih bayi, kehidupan kita tergantung kepadanya. Saat kita memerlukan bantuan, kita menangis memanggil Ibu. Ibu juga melindungi kita dari bahaya dan merawat diri kita. Kita harus menghormati Ibu karena beberapa alasan.

Pertama, kita berterima kasih kepada Ibu atas semua yang telah ia lakukan. Ibu adalah orang yang menjaga kita ketika siang dan malam. Ia juga yang merawat kita ketika kita sakit. Ia selalu mendoakan kita agar kita selalu sehat. Ibu selalu bangun pagi untuk menyiapkan sarapan.

Kedua, kita perlu meminta maaf untuk segala kesalahan kita, baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Kita mungkin pernah bertindak kasar atau berlaku tidak sopan kepada Ibu.

Ketiga, kita harus selalu bersyukur karena telah memiliki Ibu. Banyak orang yang telah kehilangan ibunya. Hari ibu merupakan waktu yang tepat untuk mengungkapkan terima kasih kepada Ibu. Meskipun demikian, hal itu tidak hanya dilakukan ketika Hari Ibu. Salah satu caranya antara lain dengan memberikan hadiah kepada Ibu yang kita cintai. Dari fakta-fakta tersebut, anak-anak diharapkan untuk lebih menghormati dan menghargai orang tua, terutama Ibu.


Televisi dalam Kehidupan Sosial

Kita harus berhati-hati dengan informasi yang didapatkan dari televisi. Seringkali, televisi menyajikan gambaran kekerasan dan menimbulkan efek negatif bagi masyarakat. Hal yang aling penting bagi televisi adalah mampu menyiarkan semua informasi yang menunjukkan tujuan sosial yang bermanfaat bagi kehidupan.

Ssaat ini, televisi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Hal ini juga tidak hanya menjadi sumber hiburan, tetapi juga berita dan informasi. Televisi juga merupakan alat yang berharga bagi ilmu pengetahuan, pendidikan, dan industri.

Apa yang membuat televisi lebih menarik? Televisi merupakan alat elektronik yang menyajikan gambaran mengenai suatu hal dengan suara dan visualisasi, sehingga kita dapat melihat dan mendengar informasi yang ada di televisi.

Kita dapat menikmati hiburan yang awalnya dapat disaksikan di bioskop, teater, dan arena olahraga, kini dapat disaksikan di rumah. Televisi memungkinkan untuk bertemu orang-orang penting. Hal ini dapat membawa tamu-tamu penting dan adegan penting untuk dapat dilihat oleh orang banyak.

Televisi memiliki pengaruh yang besar pada gagasan kita, baik mengenai gagasan yang benar maupun gagasan yang salah. Hal tersebut memengaruhi cara kita dalam bersikap. Televisi berhubungan dengan kehidupan kita secara umum. Nilai dan faya hidup dapat kita temukan di dalam televisi. Selain itu, televisi mengabarkan konflik dalam masyarakat.


Nah, itulah 3 contoh teks eksposisi singkat yang bisa Anda gunakan dalam tugas maupun yang lainnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai contoh teks dalam bahasa Indonesia, dan semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Contoh Teks Eksposisi Singkat (Pendidikan, Ilustrasi, Analisis)"

Post a Comment