Unsur-Unsur Paragraf (Contoh Soal, Pembahasan, dan Jawaban)

Unsur-unsur paragraf - Paragraf yang baik selalu mengandung gagasan pokok (gagasan utama), kalimat utama, dan kalimat penjelas. Gagasan utama terletak di awal, akhir, awal, dan akhir, atau di seluruh paragraf.

Paragraf yang gagasan utamanya di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf yang gagasan utamanya di akhir paragraf disebut dengan paragraf induktif. Paragraf yang gagasan utamanya di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran. Paragraf yang gagasan utamanya di seluruh paragraf disebut paragraf naratif.

Gagasan utama dalam suatu paragraf terletak dalam kalimat utama yang didukung oleh kalimat penjelas yang merupakan satu kesatuan yang utuh. Selain kalimat utama, dalam paragraf juga terdapat simpulan. Simpulan adalah sesuatu yang disimpulkan atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan utama.


Contoh Soal Unsur Paragraf Beserta Jawabannya

1. Bacalah paragraf berikut!
Menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali menjadi kredit merupakan tugas pokok bank. Hal ini menjadikan lembaga keuangan memiliki hubungan yang dekat dengan masyarakat. Sudah sepatutnya jika bank memberikan kontribusi positif kepada nasabah, antara lain dengan kemudahan, kenyamanan, dan rasa aman. Selain itu, bank dituntut pula memberikan nilai tambah kepada nasabah. Nilai tambah ini, misalnya dengan memberikan suku bunga kompetitif dan program hadiah.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah...
A. tugas pokok bank
B. bank dekat dengan masyarakat
C. kontribusi bank kepada nasabah
D. bank dituntut memberikan nilai tambah
E. suku bunga dan program hadiah

Pembahasan:
Gagasan pokok sebuah paragraf biasanya terletak di kalimat utama. Kalimat utama paragraf tersebut terletak di awal paragraf. Jadi, gagasan pokok paragraf tersebut adalah (A) tugas pokok bank.

2. Bacalah paragraf berikut!
Dengan sumber daya alam yang semakin terbatas dan jumlah penduduk yang terus berkembang pesat, sudah saatnya berinovasi untuk menekan penggunaan sumber daya alam melalui teknologi ramah lingkungan yang dapat diterapkan di masyarakat. Salah satu contohnya adalah biotoilet. Tidak hanya berhenti pada proses penelitian, sekarang telah dikembangkan biotoilet yang merupakan desain toilet sistem kering menggunakan matriks serbuk kayu sebagai penangkap dan pengurai tinja dan urine. Tidak hanya itu, limbah dapur sisa makanan juga bisa diolah di sini untuk dijadikan kompos.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah...
A. manfaat penggunaan biotoilet
B. penelitian mengenai biotoilet
C. penerapan teknologi ramah lingkungan
D. pengembangan teknologi modern
E. penekanan penggunaan sumber daya alam

Pembahasan:
Gagasan pokok sebuah paragraf biasanya terletak di kalimat utama. Kalimat utama paragraf tersebut terletak di awal paragraf. Jadi gagasan utama paragraf tersebut adalah (C) Penerapan teknologi ramah lingkungan.

3. Perhatikan paragraf berikut!
Dengan memasuki abad baru, hampir semua arus barang, jasa, informasi, manusia, bahkan adat budaya akan semakin bebas keluar masuk ke suatu negara. Dampak positif globalisasi membawa kemajuan yang pesat bagi kehidupan dan pembangunan, tetapi dampak negatifnya akan berpengaruh terhadap nilai-nilai peradaban suatu bangsa.
Simpulan paragraf tersebut adalah...
A. Pada abad baru, arus barang dan jasa bebas masuk ke suatu negara
B. Dampak positif globalisasi membawa kemajuan yang pesat.
C. Globalisasi membawa dampak positif dan negatif.
D. Nilai-nilai peradaban dan budaya bangsa akan berpengaruh.
E. Abad baru pasti akan menimbulkan dampak negatif.

Pembahasan:
Simpulan adalah bagian ringkas yang mengungkapkan gagasan utama dari suatu uraian atau pembicaraan dengan menekankan pada ide pokok atau gagasan utama serta penyelesaian dari permasalahan yang diungkapkan. Paragraf tersebut berisi tentang dampak globalisasi. Jadi simpulan paragraf yang tepat adalah (C) Globalisasi membawa dampak positif dan negatif.

Nah, itulah sedikit penjelasan singkat mengenai unsur-unsur paragraf dengan contoh soal, pembahasan dan jawaban. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan smeoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsur-Unsur Paragraf (Contoh Soal, Pembahasan, dan Jawaban)"

Post a Comment