Sejarah Sepak Bola dan Peraturan Permainan SepakBola

Catatan Sejarah! Sebenarnya Permainan Sepak Bola Berasal Dari Negara Mana sih? - Siapa sih yang tidak mengenal permainan sepak bola? Olahraga yang paling terkenal di dunia ini ternyata masih banyak yang belum tahu lho bagaimana sejarah permainan sepak bola dan permainan sepak bola berasal dari negara mana. Padahal permainan sepak bola ini sangat dekat dengan Anda.

Bagaimana tidak? Semarak permainan sepak bola sudah dimulai dari tingkat lingkungan terkecil seperti Rukun Tetangga, kemudian ada sepak bola desa, kecamatan, antar kabupaten, nasional bahkan antar negara. Setiap kali piala dunia datak, sorak sorai selalu ramai menghiasi di setiap sudut rumah yang menandakan turut serta meramaikan pesta olahraga sepak bola dunia.

Nah, berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan apa sejarah, peraturan permainan sepak bola dan permainan sepak bola berasal dari negara mana sih? Penasaran seperti apa? Simak selengkapnya berikut ini!


Sejarah Permainan Sepak Bola

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang memakai bola. Umumnya bola yang digunakan terbuat dari kulit. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang saling memperebutkan bola untuk bisa memasukkannya ke dalam gawang. Masing-masing tim terdiri dari 11 orang pemain dengan 1 orang yang bertugas sebagai penjaga gawang.

Sejarah permainan sepak bola sudah dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi. Permainan menendang bola ini dimulai di Tiongkok pada masa Dinasti Han. Permainan serupa juga terjadi di Italia, yaitu menendang bola pada abad ke-16.


Sementara sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan berbagai aturan dasar mengenai permainan sepak bola ini. Kemudian sepak bola ini menjadi salah satu permainan yang paling digemari oleh berbagai kalangan baik anak kecil, orang tua, rakyat biasa maupun kalangan bangsawan. Semuanya menyukai permainan sepak bola ini.

Namun sayangnya, karena permainan sepak bola ini sering memicu bentrok dan kekerasan, permainan sepak bola ini sepat dilarang oleh Raja Edward III pada tahun 1365. Pelarangan ini juga didukung oleh Raja James dari Skotlandia pada tahun 1365.

Hingga akhirnya pada tahun 1815, kelahiran sepak bola modern telah dimulai di universitas dan sekolah. Pada tahun 1863 di Freemasons tavern mengumpulkan 11 sekolah dan klub untuk membahas aturan baku dalam permainan sepak bola seperti larangan untuk membawa bola di tangan dan lain sebagainya.

Selanjutnya selama tahun 1800-an jenis olahraga ini disebarkan oleh para pedagang, pelaut dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia dan menjadi berkembang hingga seperti sekarang ini. Pada tahun 1904 dibentuklah asosiasi tertinggi dalam dunia sepak bola yaitu FIFA. Nah sekarang sudah tahu kan permainan sepak bola berasal dari negara mana?


Peraturan Permainan Sepak Bola

Setelah anda mengetahui sejarah dan perkembangan permainan sepak bola berasal dari negara mana, berikut ini merupakan penjelasan mengenai aturan permainan sepak bola. Peraturan ini disepakati secara bersama agar permainan bisa berjalan dengan lancar dan tidak membahayakan para pemain. Beberapa peraturan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Lapangan
Lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola harus memiliki ukuran sebagai berikut:
  • Panjang lapangan = 90 – 120 m
  • Lebar lapangan = 64 – 90 m
  • Jari-jari lingkaran tengah = 9,15 m
  • Daerah hukuman pinalti = 40,39 x 16,5 m
  • Jarak titik hukuman dengan garis gawang = 11 m
  • Luas daerah gawang = 18,35 x 5,5 m.

2. Ukuran Gawang
Dalam permainan sepak bola intinya adalah memasukkan bola ke dalam gawang sebanyak-banyaknya, maka ada ukuran gawang yang sudah ditentukan. Yaitu:
  • Tinggi gawang 2,44 meter
  • Lebar gawang 7,32 meter.

3. Bola
Bola menjadi item penting dalam permainan sepak bola. Tanpa adanya bola maka permainan tidak bisa dilaksanakan. Beberapa aturan tentang ketentuan bola yang digunakan dalam permainan sepak bola adalah sebagai berikut:
  • Bahan bola = kulit
  • Bentuk bola = bulat
  • Berat bola = 396 – 453 gram
  • Keliling lingkaran bola = 68 – 70 cm

4. Aturan Memulai Pertandingan
Sebelum pertandingan sepak bola dimulai, para pemain harus berjabat tangan terlebih dahulu dan berbaris di tengah lapangan menghadap penonton. Wasit akan membawa uang logam yang akan kedua sisinya akan dipilih oleh masing-masing kapten tim.

Kemudian wasit akan melempar uang koin tersebut untuk menentukan siapa yang akan memulai duluan. Sisi uang yang keluar sesuai dengan kapten yang dipilih, maka bisa menentukan bola awal.

5. Jumlah Pemain Sepak Bola
Permainan sepak bola ini terdiri atas dua tim sepak bola. Masing-masing terdiri dari 11 orang dengan 1 orang bertugas sebagai penjaga gawang. Jika tim hanya berjumlah 7 pemain atau 5 pemain mendapatkan kartu merah maka secara otomatis tim tersebut kalah.

6. Waktu Permainan
Permainan sepak bola dilakukan dalam dua babak, masing-masing babak dilakukan selama 45 menit.

7. Peraturan Gol
Bola dinyatakan gol apabila masuk ke dalam jaring dan melewati gawang serta pemain tidak dalam kondisi offside, hands ball maupun pelanggaran. Semua keputusan berada di tangan wasit.
Nah itulah beberapa peraturan mengenai permainan sepak bola dan bagaimana sejarah perkembangan permainan sepak bola berasal dari mana. Dengan sepak bola mampu menyatukan berbagai ras, suku dan agama. Namun juga bisa memecah belah negara hanya perbedaan klub favorit. Semoga sepak bola tidak lagi memakan korban dan pertumpahan darah. Dan jayalah terus sepak bola Indonesia!
Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Sepak Bola dan Peraturan Permainan SepakBola"

Post a Comment