Kalimat Tanya (Retoris, Biasa, Klarifikasi, dan Tersamar)

Kalimat tanya adalah kalimat yang di dalamnya mengandung makna sebuah pertanyaan. Arti dari kalimat tanya sediri adalah sebuah kalimat yang di dalamnya berisi mengenai pertanyaan kepada orang lain atau pihak lain dengan tujuan memperoleh jawaban dari pihak yang ditanya tersebut.

Kalimat tanya memiliki ciri-ciri yang menggunakan intonasi naik, menggunakan kata tanya, dan menggunakan ekstensi atau partikel -kah untuk memperhalus sebuah kalimat pertanyaan. Kalimat tanya biasanya menggunakan beberapa kata tanya di dalamnya yang biasanya berada di awla kalimat, seperti: apa, siapa, mengapa, dimana, bagaimana, bilamana, kapan, dan berapa.

Kalimat tanya yang disampaikan tersebut bertujuan atau memiliki maksud untuk mendapatkan jawaban dari pihak yang ditanya guna memperoleh informasi, penjelasan, atau pertanyaan. Contoh kalimat tanya sebenarnya banyak sekali, diantaranya sebagai berikut:

  1. Apa cita-citamu?
  2. Siapa namamu?
  3. Di mana rumahmu?
  4. Kapan kamu lahir?
  5. Mengapa kamu tidak suka belajar?
  6. Bagaimana bentuk rumahmu?

Jenis-Jenis Kalimat Tanya

Kalimat tanya masih dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu kalimat tanya biasa, kalimat tanya retoris, dan kalimat tanya untuk klarifikasi atau konfirmasi, dan kalimat tanya tersamar. Berikut masing-masing penjelasannya!

  • Kalimat tanya biasa merupakan kalimat tanya meminta penjelasan atau menggali informasi.
  • Kalimat tanya retoris merupakan kalimat tanya yang tidak memerlukan jawaban.
  • Kalimat tanya konfirmasi atau klarifikasi, merupakan kalimat tanya yang bertujuan untuk mengonfirmasi atau mengklarifikasi menggunakan kata tanya dengan partikel "-kah".
  • Kalimat tanya tersamar adalah kalimat tanya yang berisi pertanyaan dan mengandung maksud-maksud tertentu. Kalimat tanya tersamar dapat mengandung maksud memohon, meminta, menyindir, mengajak, merayu, menyakinkan, menyetujui, menyanggah, dan menawarkan diri.


Contoh Soal Kalimat Tanya dan Pembahasan

Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
W.J.S. Poerwodarminto termasuk angkatan orang Indonesia pertama yang memperkenalkan bahasa Indonesia di luar negeri setelah peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda. Di Tokyo, ia sering mengatakan kepada orang Jepang bahwa Indonesia sudah mempunyai bahasa nasional sendiri. Karena kecintaanya kepada bahasa Iindonesia, ia pun memuliakan bahasa Indonesia di negeri asing.
Kalimat tanya yang jawabannya terdapat pada paragraf tersebut adalah...
A. Sejak kapan W.J.S. Poerwodarminto menulis Kamus Bahasa  Indonesia?
B. Siapakah W.J.S. Poerwodarminto?
C. Tahun berapakah cetakan pertama Kamus Bahasa Indonesia diterbitkan?
D. Bagaimana W.J.S. Poerwodarminto memperkenalkan Kamus Bahasa Indonesia?
E. Sudah berapa banyak cetakan tentang Kamus Bahasa Indonesia?

Pembahasan:
Pertahikan kalimat pertama W.J.S. Poerwodarminto termasuk angkatan orang Indonesia pertama yang memperkenalkan bahasa Indonesia di luar negeri setelah peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda. Jadi, kalimat tanya yang tepat adalah Siapakah W.J.S. Poerwodarminto? (Jawaban: B)

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalimat Tanya (Retoris, Biasa, Klarifikasi, dan Tersamar)"

Post a Comment