Fungsi Saluran Eustachius Pada Telinga

Apa Itu Saluran Eustachius? Menjadi manusia tentu patut disyukuri betapa hebatnya Tuhan menciptakan diri ini. Manusia dilengkapi dengan berbagai macam indra untuk bisa menikmati kebesaran tuhan dan nikmatnya dunia. Salah satunya adalah dilengkapi dengan indera pendengaran berupa telinga.

Tanpa adanya telinga Anda tidak bisa mendengar suara-suara yang indah, tidak bisa mendengarkan nyanyian alam bahkan tidak bisa berbicara karena tak ada satu kata pun yang pernah didengar. Namun dengan dianugerahinya sepasang telingan Anda bisa mendengar berbagai suara dengan jelas dan mudah.

Saat berbicara tentang telinga, maka secara tidak langsung Anda akan mendengar saluran eustachius. Meskipun terdengar asing, saluran eustachius ini merupakan bagian telinga dan memiliki peranan yang cukup penting.

Apa fungsi saluran eustachius?

Fungsi saluran eustachius adalah berguna untuk menjaga kenyamanan tekanan baik dari dalam telinga maupun tekanan dari luar telinga. Selain itu fungsi saluran eustachius yang lainnya adalah mengeringkan atau mengeluarkan cairan dari telinga bagian tengah, yaitu bagian belakang gendang telinga.


Fungsi saluran eustachius juga sebagai penghubung telinga bagian tengah dan bagian belakang tenggorokan. Pada saat menguap ataupun menelan, saluran ini akan mengalami buka tutup agar udara masuk, dan menyerasikan tekanan antara bagian telinga tengah dengan tekanan telinga dari luar sehingga memiliki tekanan yang sama.

Gangguan Fungsi Saluran Eustachius

Berbicara tentang bagaimana fungsi saluran eustachius merupakan bagian yang sangat penting pada telinga. Saluran ini berbentuk seperti tabung yang bisa menghubungkan ruang di belakang gendang telinga dengan telinga bagian tengah yaitu bagian belakang hidung. Panjang saluran eustachius pada orang dewasa biasanya mencapai 35 milimeter dengan diameter 3 milimeter.

Saluran ini tidak bisa dilihat secara langsung ataupun dirasakannya. Akan tetapi melalui alat khusus yang dimiliki oleh dokter specialis THT, saluran ini bisa dilihat dan diteliti. Di saluran ini terdapat beberapa otot kecil yang bertugas untuk melakukan kontrol untuk membuka atau menutup saluran eustachius tersebut.

Jika tidak ada fungsi saluran eustachius ini, telinga bagian tengah akan menjadi sebuah ruangan yang terisolasi di bagian kepala. Dan tentu hal ini dapat berbahaya karena rentan terhadap tekanan udara serta telinga bagian tengah menjadi tidak sehat.

Ada beberapa gangguan yang bisa menyerang fungsi saluran eustachius ini. Berbagai kondisi seperti alergi, demam atau infeksi sinus dapat menyebabkan perubahan saluran eustachius ini tidak terbuka dan menyebabkan perubahan tekanan udara. Cairan telinga akan berkumpul pada telinga bagian tengah dan bisa menyebabkan rasa yang sakit serta pembengkakkan.

Cairan telinga yang tidak bisa dikeluarkan dapat menyebabkan infeksi. Biasanya resiko ini lebih tinggi dialami oleh anak kecil jika dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini terjadi karena saluran eustachius pada anak-anak memiliki ukuran yang lebih pendek sehingga akan lebih mudah tersumbat. Selain itu, faktor merokok juga obesitas juga bisa mempengaruhi gangguan pada fungsi saluran eustachius ini.

Beberapa faktor lain yang dapat memicu munculnya gangguan pada saluran eustachius antara lain adalah naik pesawat terbang, menyelam dan berkendara saat naik gunung atau turun gunung. Beberapa gejala munculnya gangguan pada saluran eustachius antara lain adalah timbul rasa sakit pada telinga, adanya rasa geli, telinga terasa penuh, ada suara berdenging dan sedikit pusing.

Baca: Fungsi Bagian Struktur Anatomi Mata Beserta Gambar

Sebenarnya, pada saat terjadi gangguan pada saluran eustachius ini bisa sembuh dengan sendirinya. Bahkan mengunyah permen karet atau menguap juga bisa membantu proses penyembuhan.

Namun ada juga yang merasa terganggu dan tidak kuat karena gejala ini bisa berlangsung hingga 2 minggu. Maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter specialis THT untuk bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan secara tepat.

Apabila gangguan saluran eustachius ini disertai dengan rasa nyeri berkepanjangan, gangguan pendengaran yang erat dan tidak kunjung mereda setelah dilakukan pengobatan maka segera konsultasikan kepada dokter ahli agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Cara Mengatasi Gangguan fungsi Saluran Eustachius

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya fungsi saluran eustachius ini adalah untuk menghubungkan rongga hidung dengan telinga dan berfungsi untuk membuka atau menutup pada saat menelan. Saluran ini merupakan bagian yang penting dari telinga.
Saluran eustachius yang mengalami gangguan juga biasa disebut Eustachian tube dysfunction atau ETD. Gejala yang terjadi biasanya akan muncul pendengaran yang berkurang, berdenging, telinga penuh dan sedikit pusing.
Penyebab umum terjadinya ETD adalah karena terjadi penumpukan lendir yang berlebih, biasanya akibat flu, infeksi sinus atau alergi. Kebiasaan merokok dan juga kelebihan berat badan juga bisa memicu penyakit ini. 

Cara mengatasi gangguan pada fungsi saluran eustachius yang bisa Anda lakukan adalah mengobati penyebabnya misalnya flu maka sebaiknya diobati flunya. Agar produksi lendir dapat berkurang.

Secara alami gangguan saluran eustachius ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika dirasa sakit dan nyeri berlebihan maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli agar mendapatkan evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Saluran Eustachius Pada Telinga"

Post a Comment