Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis dan Geografis

Batas wilayah indonesia secara astronomis - Indonesia merupakan negara yang sangat luas yang terdiri dari ribuan pulau dan wilayah perairan yang luas. Indonesia ini terletak pada lokasi yang cukup strategis, yaitu diapit oleh dua samudra yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dan juga diapit oleh dua Benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia.

Karena wilayah yang sangat luas tersebut, wilayah Indonesia terdiri atas daratan dan wilayah perairan. Batas wilayah Indonesia pun terdiri dari batas daratan dan juga batas laut Indonesia. Secara umum batas wilayah Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu batas wilayah Indonesia secara astronomis dan yang kedua adalah batas wilayah Indonesia secara geografis.

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Batas wilayah Indonesia secara astronomis ditentukan berdasarkan letak wilayah Indonesia pada garis bujur dan garis lintang astronominya. Letak astronomi ini akan memberikan Indonesia titik koordinat astronomi terkait dengan wilayah yang dimilikinya.

Perhitungan letak astronomis Indonesia memungkinkan untuk dilakukan. Hal ini mengingat lingkaran garis bujur bumi yang terbagi menjadi Bujur Timur dan Bujur Barat. Sementara seluruhnya sebesar 360 derajat membagi bumi ke dalam garis lintang dari kutub utara hingga kutub selatan bumi. Letak astronomis ini juga kadang disebut dengan letak matematis.

Letak astronomis Indonesia membentang dari 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan dan 95 derajat Bujur Timur hingga 141 derajat Bujur Timur. Letak astronomi Indonesia ini telah memiliki pengaruh dalam beberapa hal.

Pengaruh letak astronomis Indonesia diantaranya adalah Indonesia berada di garis khatulistiwa. Karena dilewati Garis Khatulistiwa, Indonesia memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Selain itu, karena letak garis bujur yang dimiliki, Indonesia terbagi menjadi 3 waktu bagian, yaitu Waktu Indonesia Timur, Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Barat.


Demikian pengetahuan mengenai batas wilayah Indonesia secara astronomis. Sementara batas wilayah Indonesia secara geografis akan dijelaskan berikut ini, tetap simak ya!

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Letak Indonesia secara geografis, negara ini memiliki letak yang cukup strategis. Posisi wilayah Indonesia secara geografis diapit oleh dua samudera dan oleh dua benua. Dua samudera tersebut adalah Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sementara dua Benua yang mengapit Indonesia adalah Benua Australia dan Benua Asia.

Sementara letak geografis Indonesia sendiri berada diantara 2 jalur pegunungan dunia, 3 daerah dangkalan laut dan juga 3 lempeng tektonik. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia sering terjadi gempa bumi bahkan tsunami seperti tsunami di Aceh, Palu dan yang terakhir Banten. Hal ini terjadi sebagai akibat dari pergeseran lempeng bumi.

Selain itu, karena dilewati oleh 2 jalur pegunungan dunia, Indonesia kaya akan gunung berapi yang setiap saat bisa meletus kapan saja. Namun dibalik semua itu, menjadikan wilayah Indonesia adalah wilayah yang makmur dengan keanekaragam hayati.

Wilayah indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, menjadikan Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah yang luas. Baik daratan maupun lautan, semuanya cukup luas. Wilayah Indonesia membentang dari Sabang hingga Marauke. Ada yang berbatasan langsung dengan negara lain.

Nah berikut ini adalah batas wilayah Indonesia secara geografis. Batas wilayah ini secara umum dibagi menjadi 2, yakni batas daratan dan batas laut. Batas daratan merupakan perbatasan yang secara langsung berbatasan dengan wilayah daratan negara lain. Sementara batas laut adalah batas lautan yang menjadi milik Indonesia sebelum batas laut bebas yang bisa diakses oleh negara lain.

1. Batas Wilayah Indonesia Bagian timur
Sebelum Anda membahas batas wilayah Indonesia secara astronomis, terlebih dahulu membahas batas wilayah indonesia secara geografis. Tepatnya batas wilayah Indonesia bagian Timur. Batas wilayah Indonesia bagian Timur ini terdiri dari batas daratan dan lautan. Batas daratan berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. Negara ini berada di satu pulau yang sama, yakni pulau Papua.

Sementara batas lautan indonesia bagian timur adalah berbatasan dengan Samudera Pasifik. Samudera ini termasuk ke dalam wilayah perairan lepas. Artinya adalah siapa saja bisa mengakses wilayah perairan ini.

2. Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat
Batas wilayah Indonesia bagian Barat merupakan berbatasan dengan wilayah lautan saja dan tidak memiliki batas daratan dengan negara lain. Batas laut Indonesia berbatasan langsung dengan perairan Samudera Hindia dan juga perairan Laut India.

3. Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara
Batas wilayah Indonesia bagian utara terdiri atas batas laut dan batas darat yang berbatasan langsung dengan negara lain. Batas laut bagian utara wilayah Indonesia adalah sejumlah perairan Negara Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia dan Singapura. Sementara batas daratan wilayah utara Indonesia adalah Negara Malaysia yang berada di Pulau Borneo atau Kalimantan.

4. Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan
Batas wilayah darat Indonesia bagian selatan adalah berbatasan langsung dengan negara Timor Leste yang dahulunya merupakan bagian dari wilayah Indonesia. Sementara batas laut bagian selatan Indonesia adalah Samudera Hindia dan perairan Negara Australia.

Demikian penjelasan mengenai batas wilayah Indonesia secara astronomis maupun secara geografis. Masing-masing memiliki pengaruh terhadap Indonesia baik secara geografis maupun astronomi.
Advertisement

Baca Juga :

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis dan Geografis"

Post a Comment