7 Contoh Kerajinan Tangan Beserta Daerah Penghasilnya

Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya seni manusia. Kata ' kerajinan' berasal dari kata 'rajin' yang artinya barang/benda yang dihasilkan oleh keterampilan tangan. Kerajinan terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kerajinan sebagai barang yang diperoleh atau dihasilkan dari keterampilan tangan misalnya anyaman, tikar dan sebagainya. Dalam lingkup seni, pengertian Kerajinan sama saja dengan apa yang tertulis dalam KBBI. Kerajinan diartikan sebagai suatu usaha dalam membuat barang-barang atau karya hasil pekerjaan tangan. Dalam lingkup seni, kata lain dari kerajinan ini adalah Kriya.


Di Indonesia sendiri contoh kerajinan buatan tangan atau alat cukup banyak, mulai dari kerajinan batik, ukir, anyaman, topeng, tenun, wayang, dan keramik. Berikut penjelasan setiap kerajinan beserta daerah terkenal penghasil kerajinan tersebut.

1. Kerajinan Batik

Kerajinan batik menjadi salah satu kerajinan seni tradisional dari masyarakat Indonesia. Batik adalah salah satu dari keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia. Hal itulah yang kemudian melatari banyaknya bisnis kerajinan batik di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menerapkan malam pada kain. Kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu. Kerajinan batik berarti sebuah kerajinan yang fokus dalam mengembangkan seni batik.

Sebagai sebuah warisan budaya, kerajinan batik bisa jadi merupakan salah satu kebudayaan yang cukup mewabah terlebih ketika "konflik batik" yang terjadi beberapa tahun belakangan ini. Masyarakat Indonesia secara tiba-tiba dan gotong royong mempopulerkan batik. Pakaian merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Kerajinan batik pun kemudian memegang peranan tersebut. Kain-kain batik hasil prakarya para pengrajin kemudian banyak dimanfaatkan sebagai pakaian jadi. Corak batik yang khas dipadukan dengan desain modern membuat model baju batik menjadi cukup digemari. 


2. Kerajinan Ukir

Kerajinan ukir di Nusantara, antara lin berupa seni ukir kayu dan seni ukir logam. Daerah-daerah penghasil kerajinan ukir kayu di Nusantara, diantaranya adalah Jepara, Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura, dan Sumatra. Kerajinan ukir logam terbuat dari perak, tembaga, emas, dan kuningan. Proses pembuatan kerajinan logam banyak menggunakan teknik cetak atau cor, tempat, toreh, dan penyepuhan. Daerah penghasil kerajinan logam di Nusantara, antara lain Jawa Tengah dan Yogyakarta.

3. Kerajinan Anyaman

Anyaman banyak kita jumpai, baik berupa benda pakai maupun benda hias. Anyaman dibuat dari bahan alami dan bahan sintetis. Bahan-bahan alami yang digunakan, antara lain bambu, rotan, daun mendong, dan janur. Bahan-bahan sintetis yang digunakan, antara lain pastik, pita, dan kertas. Daerah penghasil kerajinan anyaman, antara lain Bali, Kudus, Kedu, Tasikmalaya, dan Tangerang.

4. Kerajinan Topeng

Topeng merupakan hasil karya seni kerajinan yang bisa digunakan untuk keperluan perlengkapan tari dan hiasan. Kerajinan topeng umumnya dibuat dari bahan kayu. Daerah penghasil kerajinan topeng Nusantara, antara lain Yogyakarta, Cirebon, Bali, Surakarta, dan Bandung. Setiap daerah memiliki ciri khas topeng yang berbeda.

5. Kerajinan Tenun

Tenun merupakan hasil kerajinan tradisional yang dibuat dengan teknik dan alat khusus. Kerajinan tenun banyak terdapat di Kalimantan, Minangkabau, Sumatra Utara, NTT, NTB, Lampung, Flores, Sulawesi, dan Palembang. Motif yang dibuat pun berlainan di setiap daerah. Berbagai motif tenun dari Palembang, antara lain mawar Jepang, cantik manis, bintang berantai, nago besaung, dan bunga cino.

6. Kerajinan Wayang

Wayang merupakan budaya asli Nusantara, yang ceritanya berasal dari budang Hindu India. Wayang dibuat untuk seni pertunjukan sekaligus sebagai hiasan. Jenis wayang terdiri atas wayang kulit yang terbuat dari kulit kerbau dan wayang golek yang terbuat dari kayu. Daerah penghasil kerajinan wayang, di antaranya Bali, Yogyakarta, dan Ssurakarta.

7. Kerajinan Keramik

Keramik merupakan hasil karya seni kerajinan yang berbahan dasar dari tanah. Hasil kerajinan keramik sangat beragam, seperti vas bunga, guci, mangkuk, cangkir, dan lain-lain. Daerah penghasil kerajinan keramik yang terkenal di Nusantara, di antaraya Kasongan (Yogyakarta), Sompok, dan Mayong (Jepara).

Nah, itulah 7 contoh kerajinan tangan di Indonesia beserta daerah penghasil kerajinan tersebut. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai kerajinan tangan yang menghasilkan dan semoga bermanfaat untuk Anda.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Contoh Kerajinan Tangan Beserta Daerah Penghasilnya"

Post a Comment