Memahami Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bangsa

Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman - Indonesia adalah negara besar yang terdiri dari puluhan ribu pulau. Adanya banyak pulau yang berjejer di Indonesia membuat negara ini memiliki banyak hal yang berbeda. Keberagaman ini menjadi nadi yang tak terpisahkan dari negara. Nah, pembahasan mengenai apa hubungan persatuan dan keberagaman menjadi penting jika dilihat dari latar belakang tersebut.

Tidak dipungkiri memang bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keberagaman. Di Indonesia terdapat banyak suku yang menghadirkan budaya dan bahasa mereka masing-masing. Selain itu, banyak agama yang terdapat di Indonesia dan diakui oleh pemerintah. Ada juga beragam mata pencaharian lokal yang masih lestari hingga kini.

Adanya perbedaan dalam masyarakat tersebut memang membuat Indonesia menjadi penuh warna. Hanya saja, konflik terkadang tidak terhindarkan ketika sentimen kesukuan meningkat karena sesuatu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami apa hubungan persatuan dan keberagaman, terutama di dalam konteks Indonesia tersebut.

Potensi Masalah yang Ada di Indonesia

Sebelum membahas tentang apa hubungan persatuan dan keberagaman, penting bagi kita untuk melihat potensi masalah yang ada di Indonesia terkait keberagaman yang ada. Sebagaimana disinggung di awal bahwa keberagaman yang ada di Indonesia merupakan salah satu bentuk kekayaan negara dan membuat Indonesia menjadi penuh warna.


Akan tetapi, adanya keberagaman tersebut juga memberikan potensi masalah bagi negara. Salah satu potensi masalah yang paling besar adalah potensi perpecahan. Seringkali, keberagaman yang ada dibarengi dengan semangat fanatisme suku yang sangat tinggi. Adanya semangat kesukuan ini akan cenderung menimbulkan crash dalam masyarakat.

Jika seseorang memiliki semangat kesukuan yang terlalu tinggi, bisa dipastikan bahwa ia akan cenderung sulit untuk menerima suku yang berbeda. Akibatnya, kehidupan masyarakat cenderung lebih eksklusif dan rawan terhadap gesekan yang ditimbulkan oleh perbedaan tersebut.

Dalam level yang lebih tinggi, semangat kesukuan tersebut bisa membentuk suatu gerakan separatisme. Separatisme biasanya muncul dikarenakan anggapan bahwa suku mereka tidak diperhatikan baik dengan negara. Mereka menganggap negara melakukan pilih kasih dalam pengurusan dan pengembangan daerah.

Hal ini biasanya terjadi di beberapa pulau yang memang secara riil tertinggal. Ketimpangan ekonomi menjadi salah satu sebab yang menimbulkan masalah ini. Jika kondisi ekonomi masyarakat belum tertata dengan baik, kesejahteraan hanya baru menjadi isapan jempol belaka.

Membaca Makna Persatuan

Nama negara kita adalah NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Adanya kata kesatuan pada nama negara tersebut menunjukkan bahwa ada bagian-bagian kecil dari masyarakat yang dijadikan satu dan dilebur dalam sebuah negara. Dalam makna singkat, negara mengamini bahwa ada banyak perbedaan dan keberagaman dalam masyarakat.

Usaha untuk mempersatukan keberagaman yang ada di dalam masyarakat tersebut tidak dilakukan dengan cara menyamakan segala hal pada satu titik. Melainkan usaha yang dilakukan, adalah dengan membentuk kesadaran terkait pentingnya persatuan di tengah menghadapi keberagaman.

Jika dilihat lebih lanjut, makna dari apa hubungan persatuan dan keberagaman adalah sebuah usaha saling menghargai perbedaan. Perbedaan yang terjadi dan timbul dalam masyarakat bukan menjadi suatu rintangan dan halangan untuk berjalan bersama. Selain itu, adanya kesadaran yang terbentuk juga akan menghilangkan semangat fanatisme kesukuan.

Proses ini tentu tidak bisa dilakukan secara cepat dan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam rangka mencari arti mengenai apa hubungan persatuan dan keberagaman diperlukan usaha nyata secara terus menerus.

Diadakannya pertukaran pelajar antar daerah, perlombaan antar daerah dan lainnya merupakan salah satu usaha yang dilakukan. Dengan hal tersebut, sedikit demi sedikit masyarakat akan mengenal suku yang berbeda dari mereka dan semangat persatuan tersebut lambat laun juga akan terbentuk.

Jika diringkas, ada beberapa makna penting terkait persatuan dalam konteks kebangsaan. Beberapa makna penting tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Persatuan dan kesatuan dalam kebangsaan akan menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan dan sikap nasionalisme yang mengalahkan sikap fanatik terhadap golongan dan suku
  2. Persatuan dan kesatuan yang terjalin di dalam dada masyarakat akan meningkatkan rasa kemanusiaan serta semangat untuk toleransi dan kesadaran tentang pentingnya menjaga sikap harmonis dalam rangka hidup berdampingan
  3. Persatuan dan kesatuan dalam negara akan menumbuhkan sikap memerlukan satu dengan yang lainnya sehingga masyarakat hidup dalam semangat saling melengkapi.


Meningkatkan Kesadaran Persatuan

Kesimpulan yang bisa diambil dari pembahasan mengenai apa hubungan persatuan dan keberagaman adalah keharusan untuk meningkatkan kesadaran terkait persatuan bangsa. Indonesia sebenarnya telah memiliki semboyan yang sangat apik, yakni Bhineka Tunggal Ika. Hanya saja pemaknaan semboyan tersebut masih jauh dari kata pantas.

Oleh karena itu, sebagai masyarakat, kita harus menyadari bahwa kita memang berbeda. Adanya perbedaan seharusnya menjadi titik awal untuk saling menghargai dan hidup dalam keselarasan. Jika hal ini terbentuk, maka kehidupan yang nyaman dan damai akan terasa hingga ke pelosok negeri.

Demikian ulasan mengenai apa hubungan persatuan dan keberagaman. Semoga bisa memberikan inspirasi dan semangat untuk menjaga persatuan di Indonesia!

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bangsa"

Post a Comment