Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Sejarah » Faktor Penyebab Ekonomi Tersendat Pada Masa Demokrasi Liberal

Faktor Penyebab Ekonomi Tersendat Pada Masa Demokrasi Liberal

57 sec read

Perkembangan di Bidang Ekonomi – Meskipun Indonesia telah merdeka, tetapi kondisi ekonomi Indonesia masih sangat buruk. Upaya untuk mengubah struktur ekonomi kolonial ke ekonomi nasional yang sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia berjalan tersendat-sendat. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi tersendatnya ekonomi Indonesia di masa liberal.

Faktor Penyebab Tersendatnya Ekonomi Masa Demokrasi Liberal

Faktor yang menyebabkan keadaan ekonomi tersendat sebagai berikut:

1. Setelah pengakuan kedaulatan dari Belanda pada tanggal 27 Desember 1949, bangsa Indonesia menanggung beban dan keungan seperti yang telah ditetapkan dalam KMB (Konferensi Meja Bundar). Beban tersebut berupa hutang luar negeri sebesar Rp. 1,5 trilliun dan utang dalam negeri sejumlah Rp. 2,8 trilliun.

2. Defisit harus ditanggung oleh pemerintah pada waktu itu sebesar Rp. 5,1 Miliar.
3. Indonesia hanya mengandalkan satu jenis eksport terutama hasil bumi seperti pertanian dan perkebunan sehingga apabila permintaan ekspor dari sektor itu berkurang akan memukul perekonomian Indonesia.

4. Politik keuangan Pemerintah Indonesia tidak dibuat di Indonesia, melainkan dirancang oleh Belanda.

5. Pemerintah Belanda tidak mewarisi nilai-nilai yang cukup untuk mengubah sistem ekonomi kolonial menjadi sistem ekonomi nasional.

6. Belum memiliki pengalaman untuk menata ekonomi secara baik, belum memiliki tenaga ahli dan dana yang diperlukan secara memadai.

7.Sutuasi keamanan dalam negeri yang tidak menguntungkan berhubung dengan banyaknya pemberontakan dan gerakan sparatisme diberbagai daerah di wilayah Indonesia.

8. Tidak stabilnya situasi politik dalam negeri mengakibatkan pengeluaran pemerintah untuk operasi-operasi keamanan semakin meningkat.

9.  Kabinet terlalu sering berganti menyebabkan program-program kabinet yang telah direncanakan tidka dapat dilaksanakan, sementara program baru mulai dirancang.

10. Angka pertumbuhan jumlah penduduk yang besar.

Baca: Kebijakan Pemerintah Untuk Mengatasi Ekonomi Masa Liberal

Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan tersendatnya ekonomi pada masa demokrasi liberal, demikian artikel sejarah yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *