Berikut Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah SWT

Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah SWT? Pertanyaan tersebut seringkali keluar terutama dari anak-anak atau seseorang yang baru mengenal Islam. Ya, memang, dalam salah satu ajaran Islam, umat muslim harus memiliki iman kepada malaikat. Hal ini tercantum dalam salah satu rukun iman yang jumlahnya ada enam.

Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT selain jin dan manusia. Sama seperti bangsa jin, malaikat merupakan makhluk tak kasat mata yang indera manusia tidak bisa merabanya. Namun, malaikat ada dan itu harus diyakini. Keyakinan inilah yang menjadi salah satu jawaban dari pertanyaan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT.

Sebagaimana diketahui secara umum, malaikat dibuat dari nur atau cahaya. Warna malaikat putih dan memiliki sayap. Malaikat adalah pesuruh Allah SWT yang tidak memiliki hawa nafsu. Oleh karena itu, mustahil bagi malaikat untuk menolak perintah yang diberikan oleh Allah SWT.

Malaikat Dibagi Menurut Tugasnya

Sebelum membahas tentang mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa malaikat dibagi menurut tugasnya. Sebenarnya, jumlah malaikat ada banyak sekali. Namun, hanya ada beberapa malaikat yang dikenal oleh awam dan diajarkan sejak kecil.


Beberapa malaikat yang diketahui misalnya Jibril yang bertugas menyampaikan wahyu, Izrail yang bertugas menipu sangkakala, Malaikat Maut yang bertugas mencabut nyawa, Munkar dan Nakir yang bertugas menanyai dalam kubur, Rakib dan Atid yang bertugas mencatat buku amal, Malik yang bertugas menjaga neraka dan Ridwan yang bertugas menjaga surga.

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Perlu dipahami bahwa iman kepada malaikat adalah salah satu bentuk keimanan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, salah satu jawaban dari pertanyaan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT adalah karena hal tersebut merupakan ketetapan Allah SWT yang harus diyakini oleh mereka yang telah mengucap syahadat.

Lantas, apa yang dimaksud dengan iman kepada malaikat tersebut? Iman berarti percaya. Nah, iman kepada malaikat maknanya adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa malaikat adalah makhluk Allah SWT yang gaib dan diutus guna melaksanakan segala perintah-Nya tanpa terkecuali.

Jika umat muslim memiliki keyakinan sebagaimana di atas, maka bertambahlah keimanan mereka kepada Allah SWT. Namun, jika mereka tidak meyakini apa yang telah menjadi keputusan-Nya, dalam hal ini tidak beriman pada malaikat, maka keimanan mereka tentu tidak sempurna.

Fungsi Beriman Kepada Malaikat

Allah SWT senantiasa menciptakan sesuatu bersamaan dengan fungsinya, begitu pula perintah untuk beriman kepada malaikat. Dalam pembahasan mengenai mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT, Anda harus mengetahui fungsi dari iman kepada malaikat agar keimanan Anda semakin mantap. Adapun fungsi beriman pada malaikat adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Ketaatan
Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang paling taat karena tidak memiliki hawa nafsu. Beriman kepada malaikat dapat mendorong hamba untuk berusaha meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT dengan meniru apa yang diperbuat oleh malaikat.

2. Menjaga Sikap
Salah satu tugas dari malaikat adalah mencatat amal baik ataupun buruk. Salah satu fungsi dari beriman kepada malaikat adalah kita akan cenderung berhati-hati dalam berbuat dan bersikap serta berusaha menghindari perbuatan yang tidak baik.

3. Berusaha Meningkatkan Amal Ibadah
Malaikat juga diberikan tugas untuk menjaga surga dan neraka. Nah, dengan beriman kepada malaikat, maka hamba akan termotivasi untuk ‘bertemu’ dengan malaikat penjaga surga dan berlomba untuk melakukan perbuatan yang baik selama hidupnya.

4. Menerima Rezeki yang Sudah Diberikan Allah SWT
Dengan beriman kepada malaikat, maka hamba akan cenderung lebih bersyukur atas apa yang diberikan oleh Allah SWT. Hal ini dikarenakan adanya keyakinan bahwa apa yang mereka terima adalah nikmat dari Sang Pencipta dan sudah diatur menurut apa yang dibutuhkan.

Dari beberapa poin di atas, beriman kepada malaikat pada dasarnya memiliki fungsi yang sangat penting. Tentu saja, fungsi-fungsi sebagaimana dijelaskan di atas bisa menjadi jawaban lanjutan dari pertanyaan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT yang Anda terima.

Baca: Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir (Hari Kiamat)

Memang, tidak setiap hamba mampu merasakan manfaat dari sikap iman mereka kepada malaikat. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan tingkat keimanan hamba. Oleh karena itu, senantiasa berusaha meningkatkan keimanan dengan menjalankan perintah Allah SWT adalah hal yang harus dilakukan.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Ada beberapa hikmah yang bisa diterima jika Anda beriman kepada malaikat. Beberapa diantaranya adalah:
  • Semakin yakin tentang kebesaran Allah SWT
  • Meningkatkan syukur kepada Allah SWT
  • Mendapatkan inspirasi untuk lebih taat kepada Allah SWT
  • Selalu berpikir dan lebih berhati-hati ketika hendak melakukan sesuatu karena mengetahui ada pertanggungjawaban yang harus dilakukan.

Demikian beberapa ulasan dan jawaban terkait mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT. Pahami dan renungi untuk menjadi umat yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berikut Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah SWT"

Post a Comment