Apa yang Dimaksud Dengan Internet dan Intranet (Perbedaan)

Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman - Tidak dipungkiri memang bahwa teknologi terus berkembang hingga saat ini. Salah satu teknologi yang berkembang dengan sangat pesat adalah teknologi jaringan. Dalam hal ini, minimal ada internet dan intranet yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Nah, apa yang dimaksud dengan internet dan intranet tersebut sebenarnya?

Beberapa dari kita mungkin cukup familiar dengan kedua jenis jaringan tersebut, terutama internet. Kehidupan keseharian yang tidak lepas dari penggunaan smartphone dan komputer membuat kita seringkali dan terbiasa mendengar kata internet. Intranet, meskipun cenderung lebih jarang, juga diketahui oleh segelintir orang.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kita yang terbiasa mendengar nama internet atau intranet tidak mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan hal tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai apa yang dimaksud dengan internet dan intranet sebenarnya sebagai tambahan pengetahuan.


Dengan mengetahui maksud dari internet dan intranet tersebut, tentu Anda tidak hanya hadir sebagai pengguna saja, tetapi juga pembelajar yang berusaha memahami perkembangan dengan baik. Penasaran dengan maksud term di atas? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Apa itu Internet?

Kata internet cenderung lebih familiar di telinga masyarakat dewasa ini. Masyarakat seolah sudah sangat paham dengan internet sebagai salah satu cara agar terhubung dengan orang lain. Tidak hanya itu, internet juga seringkali menjadi solusi dari pencarian sesuatu. Orang modern sekarang ini menggantungkan pencarian segala sesuatu pada internet.

Nah, perlu diketahui bahwa dalam pembahasan terkait apa yang dimaksud dengan internet dan intranet, internet adalah jaringan komputer yang memiliki saling keterkaitan antar komputer. Hubungan ini menggunakan standar sistem global yang disebut dengan transmission control protocol/internet protocol suite atau TCP/IP.

Sistem tersebut berfungsi penting sebagai protokol pertukaran. Hal tersebut yang membuat Anda bisa saling berinteraksi dan saling bertukar informasi. Keunggulan sistem ini adalah mampu memberikan informasi dalam waktu yang relatif cepat.

Dalam perkembangannya, internet pertama kali muncul di Amerika Serikat sekitar tahun 1969 yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA. Awalnya, jaringan internet hanya digunakan oleh kalangan militer saja. Namun, dalam perkembangannya, internet berkembang sangat pesat sebagaimana sekarang ini.

Perkembangan internet yang semakin pesat membuat masyarakat juga bisa menggunakannya. Sekarang ini, secara umum, internet dibagi menjadi dua, yakni MILNET yang digunakan untuk militer dan ARPANET untuk kalangan non-militer.

Apa itu Intranet?

Nah, dalam pembahasan apa yang dimaksud dengan internet dan intranet, kita juga akan membahas tentang intranet. Mungkin beberapa dari Anda masih awam dengan term yang satu ini. Ya, hal ini wajar karena memang intranet tidak banyak dibahas di masyarakat sehingga mungkin hanya sebagian saja dari mereka yang mengetahuinya.

Lantas, apa yang dimaksud dengan intranet tersebut? Sebelumnya, Anda telah membaca bahwa internet adalah jaringan luas yang bisa diakses oleh semua orang di dunia. Nah, hal ini berbeda dengan intranet. Dalam pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan internet dan intranet, Anda akan mengetahui benang merah perbedaannya.

Intranet adalah salah satu jenis jaringan private yang menggunakan protocol internet TCP/IP. Jaringan ini digunakan untuk berbagi informasi penting dalam lingkup lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh, intranet digunakan pada kantor atau perusahaan. Selain itu, intranet juga digunakan pada sekolah, universitas dan tempat lokal lainnya.

Nah, dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa intranet hanya memiliki jaringan yang bersifat lokal saja. Dengan demikian, perlu diketahui bahwa ada batasan wilayah akses untuk jaringan ini dan jaringan intranet tidak bisa diakses di tempat yang tidak ditentukan.

Perbedaan Internet dan Intranet

Beberapa penjelasan di atas secara cukup terperinci telah menjelaskan terkait apa yang dimaksud dengan internet dan intranet. Tentu, Anda sudah bisa membaca pengertian dari masing-masing jaringan tersebut. Dalam pembahasan tersebut, Anda juga bisa melihat perbedaan jaringan secara gamblang.

Nah, untuk memperjelas perbedaan dari kedua jaringan tersebut, akan dibuat poin-poin perbedaan di bawah ini. Anda bisa dengan lebih jelas melihat apa saja hal yang berbeda dari kedua jenis jaringan di atas.

Untuk hal pertama, kita akan membahas internet. Beberapa ciri internet yang secara singkat perlu diketahui adalah sebagai berikut:
  • Memiliki jaringan yang luas, cepat dan juga bisa diakses ke seluruh dunia
  • Perkembangan jaringan tergolong sangat pesat. Bahkan, kini perkembangan internet juga berperan sebagai salah satu bentuk investasi bisnis yang menjanjikan
  • Internet bisa digunakan oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun
  • Memiliki jaringan yang kuat
  • Internet berisi hampir seluruh jenis konten dan file.

Sedangkan untuk intranet, ada juga beberapa ciri khusus yang harus Anda ketahui. Beberapa ciri dari intranet tersebut adalah sebagai berikut:
  • Memiliki jaringan yang sempit dan terbatas. Hal ini menyebabkan intranet tidak bisa diakses di seluruh dunia
  • Perkembangan intranet cenderung lambat
  • Jaringan yang terbatas hanya bisa diakses oleh instansi, kantor, perusahaan, universitas atau organisasi lainnya secara terbatas di wilayah tertentu
  • Intranet biasanya hanya berisi beberapa jenis konten saja

Nah, demikian ulasan mengenai apa yang dimaksud dengan internet dan intranet. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa yang Dimaksud Dengan Internet dan Intranet (Perbedaan)"

Post a Comment