5 Fungsi Tulang Paha dan Tulang Kering Pada Manusia

Fungsi tulang paha dan tulang kering - Dalam materi pelajaran Biologi di sekolah tentunya akan diajakan materi mengenai bagian-bagian tubuh terutama pada bagian rangka atau susunan tulang manusia. Materi ini biasanya diajarkan saat dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya saat dikelas 7. Lalu apa itu rangka dan pada kegunaanya bagi tubuh manusia, berikut penjelasannya

Rangka adalah susunan tulang-tulang yang saling berhubungan satu sama lain  sehingga membentuk tubuh manusia. Rangka atau kerangka di dalam tubuh manusia memiliki berbagai macam kegunaan diantaranya melindungi organ-organ tubuh yang penting, sebagai tempat melekatnya otot dan daging, menegakkan tubuh, Memberi bentuk pada tubuh, dan sebagai alat gerak pada tubuh (alat gerak pasif). Rangka juga bisa dikatakan sebagai sistem penyokong organisme, sistem penyokong ini bertindak sebagai bingkai tubuh yang tegar dan biasanya rangka tersusun dari kalsium.

Diantara bagian-bagian rangka tulang tersebut yang paling penting adalah tulang paha dan kurang kering, karena kedua tulang tersebut bisa dikatakan sebagai tulang yang paling besar dan paling kuat diantara tulang lainnya.  Berikut pengertian tulang kering dan tulang paha beserta fungsi utamanya bagi tubuh manusia.

Fungsi Tulang Paha Pada Manusia

Tulang paha dalam bahasa latin disebut femur, Tulang paha terdiri dari bagian kepala dan leher pada bagian proksimal dan dua condylus pada bagian distal. Salah satu fungsi penting kepala tulang paha adalah tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya, pada ujung distal tulang paha terdapat condylus yang akan membuat sendi condylar bersama lutut.


Berikut beberapa fungsi tulang paha pada tubuh manusia.
  1. Sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari
  2. Menghubungkan tulang bagian pinggul dan lutut, menyangga badan saat berjalan
  3. Sebagai  tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya
  4. Sebagai penghubung tubuh bagian pinggul dan lutut 
  5. Bersama lutut, tulang paha dapat membuat sendi condilar

Fungsi Tulang Kering Pada Manusia

Tulang kering atau dalam bahasa latin disebut tibia merupakan jenis tulang yang memiliki ukuran besar dan struktur kuat. Tulang ini dapat kita lihat pada bagian bawah kaki yang menghubungkan lutut serta pergelangan kaki. Tulang kering memiliki penampilan seperti pipa dan di dalamnya terdapat sumsum merah.


Berikut beberapa fungsi tulang paha pada tubuh manusia.
  1. Menghubungkan lutut dengan pergelangan kaki
  2. Membentuk bagian kerangka pada kaki bagian bawah
  3. Membantu kaki menahan berat tubuh kita
  4. Menghasilakn sel-sel darah merah dan menyediakan mineral, partikel kalsium dan posfor
  5. Menjaga sel-sel yg terdapat di daerah tulang kering
Jadi intinya tulang kering berfungsi untuk menyambung lengan, menghubungkan lutut ke pergelangan kaki, serta membentuk bagian dari kerangka pada kaki bagian bawah. Sebagai tulang yang terdapat pada bagian bawah tubuh kita, tak heran jika tulang kering memiliki struktur yang kuat dan massa yang besar karena memanggul beban dari tubuh bagian atas. Lebih lanjut, tulang kering juga terhubung ke 4 sendiri yang berbeda, yaitu 2 sendi pada pergelangan kaki, lutut beserta interiornya, dan tibiofibular superior.

Nah, itulah pembahasan materi kali ini mengenai apa yang dimaksud dengan tulang paha dan tulang kering beserta fungsinya. Jawab tersebut saya kutip dari situ brainly yang sudah terbukti dan terverifikasi kebenarannya, sekian dan semoga dapat membantu.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fungsi Tulang Paha dan Tulang Kering Pada Manusia"

Post a Comment