Perkembangan Islam di Bidang Kebudayaan dan Kesenian

Perkembangan Kebudayaan dan Kesenian - Perkembangan Islam di dunia kebudayaan dan kesenian di masa modern adalah indikasi bahwa kemajuan Islam menyeluruh di berbagai bidang. Hal tersebut dapat kita saksikan di negara-negara Islam atau negara yang berpenduduk masyoritas Islam, seperti Pakistan, Arab Saudi, Iran, Irak, Kuwait, dan negara Asia lain.

1. Arsitektur

Perkembangan Islam di bidang arsitektur terbagi menjadi dua bagian, yaitu arsitektur keagamaan dan arsitektur umum. Arsitektur keagamaan seperti masjid, madrasah, dan makam. Sedangkan arsitektur umum ada yang berwujud benteng, pasar, istana, kerajaan, dan fasilitas umum lainnya. Arab Saudi yang sebelumnya merupakan negara yang pas-pasan menjadi negara yang kaya raya, terutama setelah ditemukannya sumber minyak di negara tersebut.

Kekayaan yang berlimpah membuat Arab Saudi menjelma menjadi negara yang mempunyai infrastruktur kelas satu, seperti rel-rel kereta api, hotel berbintang, jalan raya yang bagus, dan maskapai penerbangan. Di antara bebagai arsitektur tersebut yang paling terkenal adalah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Kedua masjid tersebut merupakan bangunan yang memiliki arsitektur yang megah dan indah.


Selain di Arab Saudi, kemajuan Islam di bidang arsitektur juga terdapat di negara Islam, seperti Turki. Turki merupakan negara yang memiliki jumlah masjid yang cukup banyak dan juga terdapat sekolah-sekolah yang berarsitektur tinggi. Sementara di Iran, perkembangan arsitektur juga mengalami kemajuan cukup pesat terutama di Kota Teheran yang tidak lain adalah ibu kota negara tersebut. Di Iran terdapat bangunan peninggalan dinasti Qatar, di antaranya Istana Niavarand dan makam Behesyti Zahra.

Sebenarnya masih banyak negara Islam yang mengalami kemajuan di bidang arsitektur selain yang sudah dijelaskan di atas. Dengan demikian, Islam tidak lagi tertinggal jauh dari kemajuan Ilmu pengetahuan dan arsitektur barat.

2. Sastra

Di antara para sastrawan Islam yang hidup pada masa modern adalah sebagai beirkut.
  1. Muhammad Iqbal
  2. Mustafa Lutfi al-Manfaluti
  3. Dr. Muhammad Husain Haekal
  4. Jamil Sidqi az-Zahawi
  5. Abdus Salam al-Ujaili
  6. Aisyah Abdurrahman
  7. Fatwa Tawqan
  8. Nazek al-Malaikah
  9. Layla Ba'albaki

3. Kaligrafi

Kaligrafi adalah tulisan indah yang mempunyai nilai estetika yang tinggi. Kaligrafi adalah kesenian di bidang penulisan. Kaligrafi adalah kesenian Islam yang tidak dimiliki oleh agama lain.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkembangan Islam di Bidang Kebudayaan dan Kesenian"

Post a Comment